Spinner Icon

Pertimbangan-pertimbangan Mengambil KPR Syariah

Author Image
Info Terbaru · 30 September 2016
Anda mungkin berencana untuk memiliki sebuah rumah idaman, dan tertarik untuk menggunakan program KPR untuk rumah idaman Anda tersebut. Anda secara pribadi mungkin tertarik untuk menggunakan program KPR syariah untuk merealisasikan impian Anda tersebut, namun bingung akan kelebihan ataupun kekurangan yang ditawarkan dari program KPR syariah tersebut. Jika iya, maka kami akan memberikan pertimbangan-pertimbangan yang dapat Anda pikirkan ketika ingin mengambil KPR rumah idaman Anda secara syariah.


Kelebihan

Salah satu kelebihan mendasar dari KPR syariah adalah sistemnya yang memenuhi unsur transaksi syariah, sehingga Anda dapat merasa tenang terhadap urusan kehalalannya.


Dari sisi pembayaran angsuran, KPR syariah menawarkan sebuah kepastian bagi Anda. Jumlah angsuran yang akan Anda bayarkan tiap bulannya tidak akan berubah karena tidak dipengaruhi oleh  suku bunga yang terus berubah tiap tahunnya. Hal ini tentunya memungkinkan Anda menciptakan perencanaan keuangan untuk jangka waktu yang panjang dengan nyaman, karena simulasi KPR yang Anda lakukan di awal kredit merupakan gambaran pasti seberapa besar pembayaran angsuran Anda untuk beberapa tahun ke depan. 


Ketika mengambil KPR syariah, Anda juga ditawarkan suatu transparansi yang besar, yang memungkinkan Anda untuk tahu seberapa besar keuntungan yang diambil pihak dari Anda ketika memberikan kredit. Hal ini terjadi karena sebelum kredit dikabulkan, maka akan ada pembicaraan antara Anda dan pihak bank, yang pada saat ini terjadi, semua informasi mengenai kredit yang Anda ambil akan diinformasikan kepada Anda dengan jelas, mulai dari jangka waktu dan besarnya angsuran, kewajiban dan larangan-larangan tertentu, hingga keuntungan untuk pihak bank.


KPR syariah juga memungkinkan Anda untuk membayar angsuran lebih cepat dari waktu yang ditentukan sebelumnya, tanpa perlu takut akan dibebankan suatu beban tersendiri karena mempercepat proses pelunasan. Hal ini tidak lepas dari tidak adanya suku bunga yang menempel pada angsuran, sehingga ketika Anda memiliki dana berlebih dan ingin melunasi kredit Anda, maka bagi pihak bank hal ini tidak sama sekali memberikan dampak yang signifikan bagi mereka, bahkan merupakan suatu keuntungan bagi mereka, karena mereka akan terhindar dari risiko kegagalan pembayaran angsuran dari Anda. Oleh karena itu, jika Anda berencana untuk mempersingkat masa kredit di masa depan, KPR syariah adalah salah satu metode yang dapat Anda pertimbangkan.


Kekurangan

Karena sistem bunga yang digantikan oleh margin, maka Anda akan kehilangan kesempatan untuk merasakan bunga yang lebih rendah daripada yang ditetapkan di awal. Oleh karena itu jika Anda mampu memprediksi bahwa keadaan suku bunga akan membaik di masa depan, sehingga dapat memberikan Anda keringanan, maka Anda perlu menimbang-nimbang lagi keputusan Anda.


Salah satu kekurangan yang juga melekat pada KPR syariah adalah tingginya beban denda yang akan ditanggungkan kepada Anda, ketika Anda tidak disiplin dalam membayar angsuran. Ini adalah pertimbangan utama yang harus dipertimbangkan dalam mengambil KPR syariah jika Anda tidak memiliki sumber pendapatan dengan kestabilan yang baik.


Jangka waktu kredit yang ditawarkan oleh KPR syariah juga tidak sepanjang KPR konvensional, hal ini pada akhirnya berpengaruh pada besarnya cicilan yang harus Anda bayarkan tiap bulannya yang menjadi lebih besar. Namun, jika Anda merasa yakin dengan kekuatan finansial Anda, terutama setelah melakukan simulasi KPR, maka hal ini tentu bukan menjadi masalah besar bagi Anda.


Begitulah kelebihan dan kekurangan yang ditawarkan KPR bagi Anda, sekarang semuanya tergantung kepada Anda untuk menjawab, “apakah KPR syariah tadi merupakan pilihan yang tepat untuk KPR rumah impian Anda?” 

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua