Spinner Icon

Pilih Mana Antara Investasi Properti, Emas, dan Saham?

Author Image
Info Terbaru · 13 September 2016
Properti, emas, dan sahamKetiga hal ini adalah bentuk-bentuk investasi yang sedang ramai digandrungi oleh masyarakat investasi. Hal ini tentunya bukan karena alasan, tiga investasi ini ramai dipilih karena memiliki prospek keuntungan yang baik dan relatif aman dari kondisi inflasi. Tentu saja ketiganya memiliki karakter-karakter tersendiri yang membuat salah satu bentuk investasi lebih menguntungkan daripada investasi lain pada situasi tertentu.


Berikut bahasan singkat tentang ketiga bentuk investasi ini bagi Anda yang mungkin tertarik untuk mencoba menjelajahi dunia ini.


Properti

Investasi properti adalah investasi yang relatif aman dan akan terus atau tetap memberi keuntungan dalam jumlah yang besar untuk jangka waktu yang masih sangat akan panjang. Hal ini tidak terlepas dari fakta bahwa hunian, yang merupakan bentuk nyata investasi properti (apakah itu rumah, apartemen, dan ruko) merupakan salah satu kebutuhan pokok dari manusia. Investasi properti bersifat semakin menguntungkan jika semakin lama waktu yang diinvestasikan pada barang/properti tersebut, misalnya rumah yang dimiliki dan dijual pada tahun ke 10, kemungkinan besar akan memiliki harga yang lebih tinggi daripada jika dijual pada tahun ke 5, yang berarti semakin besar pula keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Hal ini juga sangat bergantung pada lokasi di mana properti tadi beradasemakin strategis, semakin besar pula perkembangan harganya di kemudian hari.


Kesulitan dari investasi pada bidang ini adalah modal yang besar yang harus disiapkan terjun ke dalam bidang investasi ini. Untungnya bank juga menyediakan program KPR untuk rumah (atau program kredit lain untuk bentuk properti lainnya seperti KPA untuk apartemen, KP Ruko untuk Ruko) yang memungkinkan seseorang untuk memiliki rumah atau properti tersebut dengan modal awal yang lebih ringan dan memungkinkan untuk dibayarkan. Selain itu dengan program KPR, Anda dapat melakukan simulasi KPR sehingga Anda dapat memperhitungkan besarnya biaya atau modal yang dibutuhkan untuk menjadikan properti pilihan Anda sebagai barang investasi, dan memperhitungkan berapa besar keuntungan yang bisa di dapat dari investasi ini.  


Emas

Emas adalah salah satu bentuk investasi yang dipercaya paling stabil, sehingga risiko dari investasi ini pun dipercaya paling kecil. Keuntungan dari investasi emas memang tidak sebesar dari investasi di bidang properti, namun modal yang dibutuhkan untuk masuk ke investasi ini juga tidaklah sebesar yang dibutuhkan pada investasi properti.


Kesulitan terbesar dari investasi ini adalah kesulitannya untuk dilikuidasi menjadi uang tunai. Investasi ini akan dapat memberi keuntungan hanya ketika Anda menjualnya kembali, hal ini berbeda dengan properti yang barang investasinya dapat Anda gunakan untuk tujuan lain, bahkan untuk mendapatkan pemasukan tambahan (misalnya disewakan). Jika Anda berniat masuk ke dalam investasi bidang ini, maka sebaiknya Anda memiliki emas yang sudah jelas dokumennya agar dapat terhindar dari kerugian. Selain itu, untuk menambah keamanan, cobalah untuk menggunakan tempat penyimpanan yang sangat aman untuk emas yang akan Anda miliki, seperti kotak simpanan (deposit box) di bank.


Saham

Saham di satu sisi adalah salah satu bentuk investasi yang sangat menarik, Anda dapat mendapatkan keuntungan yang sangat besar dari modal yang sangat kecil. Namun untuk mendapatkan hal ini, maka dibutuhkan pengalaman dan pengetahuan yang baik tentang dunia saham agar dapat mencapai hal ini. Bahkan, dengan pengalaman dan pengetahuan yang sangat baik mengenai dunia saham pun, seseorang bukan berarti aman dari risiko kerugian dari investasi di bidang saham. 
Selain kemampuan kalkulasi yang baik, Anda juga diharuskan memilih partner sekuritas yang baik ketika Anda memilih masuk ke dalam dunia investasi ini. Anda dapat menentukan partner sekuritas manakah yang baik berdasarkan pengalaman dan rekam jejak perusahaan sekuritas tersebut.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua