Spinner Icon

Prospek Besar Investasi Ruko

Author Image
Info Terbaru · 24 Oktober 2016
Ketika berbicara mengenai investasi properti, maka umumnya yang orang pikirkan hanyalah investasi rumah dan investasi apartemen. Padahal, sejatinya ada satu lagi bentuk investasi properti yang tak kalah menguntungkan, bahkan memiliki kemungkinan menjadi lebih menguntungkan daripada dua investasi lainnya, yaitu investasi Ruko (rumah toko).


Investasi yang menguntungkan

Investasi Ruko menawarkan sebuah prospek keuntungan karena fungsionalitas yang dimiliki oleh Ruko. Ruko dapat dengan mudah dijadikan tempat hunian, tempat usaha (seperti berdagang, usaha laundry, atau rumah makan), atau bahkan dijadikan kantor. Fungsionalitas ini kemudian membuat Ruko, terutama yang berada di lokasi strategis, dapat menghasilkan keuntungan bagi si pemilik tanpa perlu dijual, yaitu dengan jalan sewa.


Seandainya pun jika nanti si pemilik membutuhkan dana yang besar, maka investasi Ruko tadi dapat dengan mudah dijual dan menghasilkan keuntungan besar bagi si pemilik. Karena sama seperti properti lain pada umumnya, Ruko pun merupakan komoditas yang memiliki tren harga yang terus naik. Sebagai pertimbangan, sebuah Ruko dapat dijual dengan harga yang naik hingga 10-20% daripada harga beli awalnya.


KPR rumah untuk Ruko

Sama seperti program KPR rumah, Ruko pun memiliki program kredit pemilikannya sendiri. Beberapa bank menyamakan Ruko dengan rumah, dan memberikan program KPR rumah untuk Ruko, sedangkan beberapa bank lain memilik istilah lain, seperti KP Ruko. Namun keduanya pada dasarnya adalah sama, dan fungsinya juga sama, yaitu memberikan keringanan bagi calon pembeli untuk memiliki rumah atau Ruko tersebut.


Menariknya bisnis sewa Ruko

Seperti yang sebelumnya dikatakan, Ruko memiliki permintaan untuk sewa yang sangat tinggi. Permintaan yang tinggi ini berujung pada tingginya harga sewa yang dapat dimiliki sebuah unit Ruko, yang dapat dengan mudah menjadi sumber penghasilan yang menguntungkan bagi si pemilik Ruko. Bahkan jika Anda membeli Ruko secara KPR, bukan tidak mungkin harga sewa dari Ruko tersebut dapat menutupi atau melebihi biaya angsuran kredit Anda tadi setiap bulannya.


Bukan hanya itu, harga sewa Ruko sendiri belakangan ini mengalami tren kenaikan harga sewa, yang memungkinkan pemilik Ruko untuk mendapatkan uang masuk yang lebih banyak lagi.
Lokasi Ruko


Ruko adalah salah satu bentuk investasi yang sangat bergantung pada lokasi. Semakin baik lokasinya, maka semakin baik pula Ruko tadi jika dilihat sebagai barang investasi. Lokasi yang baik, misalnya berada di jalan besar yang ramai dilewati, dekat dengan daerah perkantoran, perumahan, atau sekolah.
Investasi jangka panjang


Sama seperti investasi lainnya, investasi Ruko juga menawarkan kemungkinan untuk berinvestasi secara jangka panjang, dengan keuntungan yang bisa jauh lebih besar, dan risiko yang tak kalah besar pula. Caranya adalah dengan berinvestasi Ruko pada kawasan yang akan ramai, dengan cara ini Anda akan bisa memiliki Ruko dengan harga yang jauh lebih murah. Sehingga ketika Anda menyewakan atau menjualnya di kemudian hari (ketika kawasan tadi menjadi ramai) maka Anda akan mendapatkan keuntungan yang sangat besar.


Investasi dengan cara ini juga memiliki risiko yang cukup tinggi, karena kawasan Anda berinvestasi tadi baru akan ramai, sehingga jika kawasan tadi gagal menjadi kawasan yang ramai dengan keadaan perekonomian yang baik, maka investasi Anda kemudian menjadi investasi yang merugikan.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua