Spinner Icon

Psikologi Warna Untuk Interior Rumah Anda

Author Image
Info Terbaru · 7 November 2016
Pemilihan warna yang tepat, selain untuk mengindahkan ruangan, ternyata juga dapat mempengaruhi mood atau perasaan penghuni rumah tersebut, sehingga beberapa warna mungkin lebih tepat digunakan untuk menghiasi suatu ruang tertentu dibandingkan ruang-ruang lainnya.


BTN Properti kali ini akan membahas tentang beberapa warna beserta efek yang dapat ditimbulkannya terhadap perasaan seseorang, sehingga Sahabat BTN dapat mempertimbangkan pemilihan warna ruangan yang lebih baik lagi untuk rumah Sahabat BTN. 


(catatan: segala hal di sini sifatnya bukanlah universal, artinya warna-warna ini dikenal secara umum memiliki suatu makna tertentu yang dapat mempengaruhi perasaan beberapa orangdan bukan berarti memiliki pengaruh yang sama ke setiap orang).


Merah

Merah merupakan sebuah warna yang dinamis yang dapat meningkatkan semangat seseorang. Penggunaan warna-warna ini dapat memiliki efek yang positif jika digunakan pada ruang-ruang yang tepat. Misalnya penggunaannya di ruang makan dapat mempengaruhi semangat makan seseorangpenggunaannya di ruang kerja dapat membuat seseorang lebih bersemangat mengerjakan pekerjaannyapenggunaannya di ruang tamu atau ruang keluarga dapat mendorong orang-orang untuk aktif bercakap-cakap satu sama lain.


Kuning

Warna kuning memiliki efek yang mirip dengan warna merah yaitu memberikan semangat (meskipun tidak se-intense warna merah), namun warna kuning juga memberikan efek keceriaan dan keramahan sehingga warna ini memiliki efek yang baik untuk ruang tamu Anda. Namun ingat! Terlalu banyak menggunakan warna kuning untuk ruangan malah dapat menyebabkan seseorang dengan mudah kehilangan kesabarannya.


Biru

Biru dikenal sebagai warna yang memberikan ketenangan dan kenyamanan. Sehingga warna ini merupakan warna yang baik jika diaplikasikan pada kamar atau ruang keluarga/ruang bersantai Anda. Hal yang perlu diperhatikan dalam memilih warna biru adalah memilih corak warna biru yang tepat, karena jika Anda memilih biru yang terlalu gelap, maka efek yang dapat dihasilkannya adalah kesedihan.


Hijau

Hijau dianggap sebagai warna yang paling nyaman, karena warna ini sama dengan warna alami daun-daunan yang sering dijadikan “obat” untuk menenangkan diri. Dari sisi warna interior, hijau adalah warna yang menggabungkan ketenangan dari warna biru dan keceriaan dari warna kuning. Sehiangga warna hijau secara umum baik untuk setiap ruang, khususnya kamar tidur.


Ungu

Warna ungu adalah warna yang mencerminkan modernitas, kemewahan dan kreativitas. Uniknya, efek dari warna ungu ini akan lebih terasa ketika ia dijadikan sebagai warna sekunder atau warna aksen dalam sebuah ruangan dan bukan menjadi warna utama. Dapur adalah salah satu contoh dari ruang yang tepat untuk mengaplikasikan warna ini.


Jingga (orange)

Warna jingga adalah warna yang juga dikenal dapat menarik energi, semangat, dan emosional seseorang keluar secara maksimal. Jika Anda memiliki ruang fitness atau ruang berolahraga di rumah Anda, maka warna ini dapat menjadi sebuah pilihan warna yang baik.


Netral (putih, hitam, dan coklat/warna kayu)

Berdiri sendiri, warna-warna ini memang tidak memberikan efek yang besar kepada mood seseorang. Tetapi, kelebihan warna-warna ini ada pada fleksibilitas yang dimilikinya. Mereka dapat dengan mudah menyatu dengan warna-warna lain dan membuat ruangan Anda menjadi terlihat lebih cantik. 
Harmoni yang diciptakan warna-warna ini dengan warna lainnya membuat berbagai efek yang diberikan warna-warna lainnya tadi menjadi lebih besar dan lebih baik lagi.


Memilih warna yang tepat untuk interior rumah Anda memang baik, namun memilih cara untuk memiliki rumah untuk diaplikasikan warna-warna tadi juga tak kalah penting. Salah satu cara memiliki rumah yang dapat dipertimbangkan adalah dengan menggunakan program KPR rumah, karena dengan cara ini Anda dapat memiliki sebuah rumah impian dengan beban yang lebih rngan.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua