Spinner Icon

Rahasia Bersihkan Dapur Kurang dari Setengah Jam

Author Image
Info Terbaru · 9 April 2018
KOMPAS.com - Citra dapur bagi sebagian orang begitu intimidatif. Biasanya, bukan kegiatan memasak yang segan dihadapi oleh pemilik rumah, melainkan kegiatan membersihkan dapur dan membereskan barang-barang di dalamnya. 

Namun, kegiatan membersihkan dapur seharusnya tidak perlu dianggap sebagai momok dan tugas yang menghabiskan banyak waktu.

Rahasia untuk membersihkan dapur hanya dalam 20 menit adalah kesiapan pemilik rumah dan sistem yang mumpuni. Pastikan Anda memiliki segala perlengkapan yang diperlukan sebelum mulai membersihkan dapur!

Anda hanya membutuhkan satu cangkir baking soda, sebuah lap lembut, spons, lima iris lemon, mangkuk (pastikan aman digunakan dalam microwave), kaus kaki, karet gelang, sapu, dan satu cangkir cuka.

Beberapa bahan pembersih yang telah disebutkan sebelumnya tentu sudah Anda kenal.

Mulailah dengan membersihkan bak cuci piring selama lima menit. Sebelum membersihkan bak cuci, tentu saja pemilik rumah harus menyelesaikan semua cucian kotor yang masih menumpuk di dalam bak tersebut.


Warna dinding dapur mix and match.

Warna dinding dapur mix and match.(elledecor)

Kemudian, basahi kembali seluruh permukaan bak cuci dengan air hangat. Taburkan baking soda ke permukaannya, gosok dengan kain lembut atau spons hingga membentuk pasta, kemudian bilas.
Selama dua menit, singkirkan barang-barang menumpuk di dalam dapur sampai menit ketujuh. Jika dapur Anda benar-benar berantakan, tentu dua menit tidak akan cukup.

Namun, tidak ada salahnya Anda mulai membersihkan dapur sedikit demi sedikit. Mulailah dengan membersihkan sampah yang berserakan.

Sampah yang dimaksud adalah kertas-kertas, kupon, tas plastik, dan barang-barang tidak terpakai lainnya di meja dapur (countertop) Anda.

Selanjutnya, bersihkan microwave dengan lemon. Masukkan satu cangkir air dan lima iris lemon ke dalam mangkuk tahan microwave.

Panaskan mangkuk beserta isinya tersebut selama tiga menit. Kemudian, biarkan mangkuk ini diam di dalam microwave selama dua menit.

Sementara Anda memanaskan mangkuk dan mendiamkannya, Anda bisa melakukan langkah lain. Setelah itu, keluarkan mangkuk dengan hati-hati.


Salah satu ilustrasi dapur tipe U

Salah satu ilustrasi dapur tipe U(Thinkstock)

Sembari menunggu microwave "membersihkan dirinya sendiri" dengan air dan lemon, bersihkan bagian bawah kulkas.

Gunakan sapu untuk membersihkan debu di lantai bawah kulkas. Kemudian, sarungkan kaus kaki usang ke gagang sapu, kuatkan dengan karet gelang.

Seka bagian bawah kulkas dengan kaus kaki dan gagang sapu tersebut. Ketika microwave Anda sudah bersih, cobalah membersihkan spons dengan menggunakan microwave tersebut.

Bunuh bakteri yang ada pada spons dengan cara memasukkan spons basah ke dalamnya, pasang dengan "setting" tertinggi selama dua menit.

Hati-hatilah ketika mengambil kembali spons dari microwave, dan biarkan mendingin sebelum digunakan kembali.

Pada menit ke-15 hingga satu menit setelahnya, bersihkan dishwasher atau mesin cuci piring dengan menyiram cuka putih di dasar dishwasher dan mulailah satu putaran pada pengaturan temperatur tertinggi.

Jika Anda tidak memiliki mesin cuci piring, langkah ini bisa dilongkapi. Terakhir, lap permukaan meja dapur (counter) dan kompor.

Singkirkan sisa makanan, debu, dan noda membandel. Gunakan produk pembersih yang bisa menguraikan minyak. Selain itu, gunakan tisu dapur atau kain lembut untuk menyekanya.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua