Spinner Icon

Robot Asisten Rumah Tangga yang Mempermudah Kehidupan Manusia

Author Image
Info Terbaru · 19 Agustus 2021
Table of Contents:

Kehidupan manusia semakin dimanjakan dengan kemajuan teknologi. Teknologi berkembang sudah semakin luas, hingga saat ini sudah bisa menjangkau tugas sehari-hari di rumah. Robot asisten rumah tangga menjadi alternatif bagi yang keluarga yang tidak mengalokasikan budget tertentu untuk mempekerjakan perorangan, namun kurang memiliki waktu luang untuk membereskan rumah. 

Robot asisten rumah tangga dapat beroperasi sendiri tanpa harus dikendalikan secara terus menerus oleh manusia. Sistem kerja robot kebanyakan hanya menggunakan satu sentuhan tombol atau pengucapan perintah. Kecanggihan robot ini mempermudah kamu ketika harus menyelesaikan banyak tugas yang harus dilakukan, namun sekaligus ingin tetap rumah supaya tetap rapi dan bersih. Berikut beberapa robot asisten rumah tangga yang bisa membantumu menyelesaikan pekerjaan rumah.


Robot Asisten Rumah Tangga Pemotong Rumput


(www.forthesmarthome.com)

Robot asisten rumah tangga ini akan membantumu merapikan rumput di halaman. Robot ini memiliki keunggulan dengan tingkat polusi suara yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan mesin pemotong rumput biasa. Kemampuannya menjangkau area-area sempit dan area miring juga patut dierhitungkan. Robot pemangkas rumput ini dapat kembali ke stasiun pengisiannya secara otomatis ketika baterainya yang lemah atau mulai turun hujan, sehingga kamu tidak perlu khawatir. Bahkan, kamu juga bisa mengatur jadwal pemotongan rumput di rumahmu dengan robot ini.


Robot Asisten Rumah Tangga Pembersih Lantai dan Karpet


(Unsplash)

Robot asisten rumah tangga selanjutnya berfungsi untuk membersihkan lantai. Ia dapat membersihkan berbagai macam kotoran seperti debu, kotoran, remahan kue. Area pembersihan dari robot ini juga beragam, mulai dari lantai keramik, kayu hingga karpet. Setiap robot memiliki ukuran badan yang berbeda-beda, maka kamu perlu mempertimbangkannya dalam pembelian robot ini, sesuai dengan furnitur yang kamu miliki. Sama dengan robot pemangkas rumput, robot pembersih ini juga dapat kembali ke stasiun pengisiannya ketika baterainya mulai lemah. 


Robot Asisten Rumah Tangga Pembersih Kolam Renang


(www.instagram.com/maytronics_us)


Robot asisten rumah tangga pembersih kolam ini berfungsi menyedot dan menggosok area yang perlu dibersihkan saat beroperasi. Kemampuannya membersihkan daerah yang berlumut hingga menyedot dedaunan yang mengotori kolam tidak perlu kamu ragukan lagi.  Kabel spesial yang digunakan membuatnya tidak akan kusut ketika membersihkan kolam renang. Bahkan, robot ini dilengkapi dengan GPS, yang bisa kamu gunakan untuk memastikan seluruh area kolam sudah dibersihkan. 

Setiap robot asisten rumah tangga memiliki kemampuan dan kelebihannyanya masing-masing tergantung dengan sistem yang diprogram di dalamnya. Maka, sebelum membeli, kamu harus benar-benar memahami cara kerja dan batasan yang dimiliki masing-masing robot agar tidak salah membeli. Kemampuan yang dimiliki setiap robot berbeda-beda, seperti tingkat sensitivitas sensor, area keterjangkauan, daya baterai hingga ukurannya. Tentu aspek ini akan mempengaruhi harga pembeliannya. 

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua