Spinner Icon

Ide Tata Letak dan Desain Rumah 1 Lantai

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 22 September 2022
Table of Contents:


Belakangan ini, desain rumah minimalis banyak diminati berbagai kalangan masyarakat terutama pasangan muda atau generasi milenial. Rumah minimalis terkesan sederhana dan simple namun tetap terlihat keren dan indah.

Kamu tertarik membangun hunian minimalis 1 lantai tetapi tidak menemukan desain dan model yang sesuai? Tenang, jangan khawatir! Pada artikel kali ini, akan dijelaskan berbagai inspirasi desain dan model rumah 1 lantai minimalis.


Desain-desain Rumah 1 Lantai Minimalis

1. Rumah minimalis 1 lantai tipe 36

Desain rumah minimalis yang paling sering dicari akhir-akhir ini adalah rumah minimalis 1 lantai tipe 36. Denah rumah ini bisa memiliki dua hingga tiga kamar tidur, ruang tamu yang nyaman, sebuah teras, dan carport. Hal ini tentu cukup memenuhi kebutuhan penghuni.

2. Rumah minimalis 1 lantai tipe 45

Desain rumah minimalis 1 lantai tipe 45 ini berbentuk memanjang dan terlihat sangat rapi. Terdiri dari tiga kamar tidur, dengan 2 kamar tidur berukuran besar sedangkan terdapat satu kamar anak yang diapit di tengah-tengah.

Desain rumah ini memiliki konsep one space. Konsep one space merupakan konsep yang menghilangkan sekat antara ruang makan, dapur, dan ruang keluarga.

3. Rumah minimalis 1 lantai dengan 2 kamar tidur

Berbeda dengan sebelumnya, desain rumah minimalis ini cocok bagi kamu yang hanya membutuhkan 2 kamar. Tentunya ruangan kamar dalam desain ini akan lebih luas dibanding dari desain sebelumnya. Desain satu lantai ini terdiri dari ruang tamu, ruang makan, dan 2 kamar tidur.

Baca juga: Cek Ide Jenis Taman Minimalis Untuk Buat Rumah Asri

4. Rumah minimalis 1 lantai dengan 3 kamar tidur

Dengan lahan yang luas, desain rumah minimalis ini bisa diisi hingga tiga kamar tidur. Selain itu, dua diantara kamar tidur tersebut dapat memiliki kamar mandi, toilet pribadi dan sebuah kamar mandi di luar.

Ruangan dapur pada desain ini terpisah dan bersebelahan dengan tempat mencuci dan area ruang tamu menyatu dengan ruang makan dalam satu ruangan. Tidak hanya itu, desain ini juga memungkinkan kamu untuk memiliki teras belakang. Teras ini tentu akan sangat cocok untuk bersantai di kala sore hari atau setelah seharian sibuk bekerja.

5. Rumah 1 lantai dengan 4 kamar tidur


Sumber: Pinterest

Desain kali ini berbeda dari desain lainnya dan sangat cocok bagi kamu yang memiliki banyak anggota keluarga. Dengan bentuk memanjang, rumah ini didesain dengan master bedroom yang terletak di bagian depan dekat pintu masuk.

Dengan mengusung konsep one space, tidak ada sekat antara ruang dapur, ruang makan, dan ruang keluarga. Desain ini juga memungkinkan kamu untuk memiliki garasi yang luas serta dilengkapi dengan ruang bermain yang bersebelahan tepat dengan teras belakang.

6. Desain rumah minimalis modern

Selain minimalis, gaya modern juga kini sedang populer di kalangan milenial. Desain rumah minimalis modern ini menggunakan furniture yang terkesan modern dan pemilihan warna yang pas sehingga terlihat sederhana namun juga modern.

Rumah ini memiliki sebuah kamar mandi dan 2 kamar tidur. Dapur, mini bar, dan ruang keluarga dibuat menjadi satu ruang dalam konsep one space. Terlebih lagi, desain ini memiliki teras memanjang di depan.

Baca juga: Inspirasi Rumah Sederhana Anti Mati Gaya

7. Rumah 1 lantai 3 kamar tidur

Desain rumah minimalis 1 lantai ini cocok untuk dihuni mulai dari 3 orang hingga 5 orang. Dengan tiga kamar tidur berukuran besar dan disediakan kamar mandi serta toilet pribadi di dalamnya, desain rumah ini akan sangat nyaman jika ditinggali banyak orang.

Hal yang paling menarik dari desain rumah ini adalah tata letak ruangnya. Setiap kamar tidur diletakkan pada setiap sudut rumah. Sedangkan ruang keluarga, ruang makan, dan ruang tamu ditempatkan pada bagian tengah.

8. Rumah 1 lantai ukuran 6 x 12

Inspirasi desain selanjutnya yaitu desain rumah minimalis 1 lantai dengan ukuran 6 x 12. Ukuran 6 x 12 membuat rumah cukup luas dan bisa memiliki teras samping yang cukup luas. Tidak hanya itu, terdapat juga teras di bagian belakang rumah. Teras samping sering dimanfaatkan sebagai outdoor room untuk bersantai atau berkumpul bersama keluarga.

9. Rumah 1 lantai 3 kamar dan garasi

Denah hunian ini cocok menjadi pilihan kamu yang memiliki lebih dari satu kendaraan. Denah ini memiliki garasi yang luas, tiga kamar tidur yang nyaman serta dilengkapi dengan ruang tamu yang terpisah.

10. Rumah 1 lantai lengkap


Sumber: Pinterest

Desain minimalis sering diartikan rumah yang berukuran kecil dan minim ruangan. Namun, ternyata rumah minimalis juga bisa memiliki berbagai ruangan. Sebagai buktinya denah berikut. Denah ini memiliki teras yang cukup luas di depan, tiga kamar tidur, dan dua kamar mandi dengan fasilitas lengkap.

11. Rumah 1 lantai bergaya Eropa

Desain yang satu ini memiliki konsep smart living. Konsep arsitektur bergaya Eropa selalu memiliki area dapur yang terhubung langsung dengan ruang tamu. Selain itu, dapur, ruang makan, dan ruang tamu saling terhubung tanpa sekat.

12. Rumah 1 lantai minim furniture

Desain dari rumah ini memfokuskan pada minimnya furniture, sehingga rumah akan terasa cukup besar, lega, dan lapang. Kamu akan merasa memiliki ruang gerak yang lebih bebas dan tak terbatas. Untuk itu, furniture yang digunakan hanya yang penting dan utama saja. Terkadang, denah rumah ini dibumbui dengan konsep one space yang diterapkan pada area publiknya.

13. Rumah 1 lantai semi-rustic

Gaya arsitektur rustic menggunakan elemen kayu dan warna-warna earthy tone yang terkesan seperti rumah pedesaan. Rumah minimalis 1 lantai ini akan terasa hangat dan nyaman. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan tanaman hias di setiap sudut rumah agar terlihat lebih indah.

14. Rumah 1 lantai dengan pintu kaca

Pintu kaca dapat digunakan untuk membuat rumah terlihat lebih luas dan terbuka. Tidak hanya itu, penggunaan pintu kaca juga mempermudah masuknya sinar matahari.

15. Rumah 1 lantai bentuk asimetris

Desain yang tak kalah unik yaitu desain bentuk asimetris. Tidak hanya unik, denah rumah jenis ini juga rumah terlihat dinamis dan tidak membosankan. Contohnya seperti teras rumah yang berbentuk segitiga.

16. Rumah minimalis 1 lantai elegan


Sumber: arsitag.com

Denah rumah yang didominasi dengan warna-warna netral seperti putih, abu-abu, dan krem akan membuat rumah terkesan lebih elegan. Kamu juga dapat menambahkan furniture kekinian dan perabotan yang modern untuk mendukungnya. Ruang makan denah ini juga memiliki pantry yang menyatu dengan dapur.

17. Rumah 1 lantai memanjang

Berbeda dengan denah rumah lainnya, denah kali ini berbentuk memanjang ke belakang atau persegi panjang. Namun tata ruang denah ini sangatlah unik. Kamar mandi diapit atau berada di tengah-tengah antara dua kamar tidur.

18. Rumah minimalis 1 lantai parquet

Parquet berarti lantai kayu yang sangat elegan untuk rumah minimalis. Lantai kayu mampu menghadirkan suasana yang hangat dan homey dalam rumah. Desain ini sangat cocok bagi kamu yang tinggal di daerah bersuasana dingin.

19. Rumah 1 lantai dengan kolam renang

Jika kamu menginginkan hunian dengan fasilitas kolam renang pribadi, maka desain ini cocok menjadi inspirasimu. Walaupun tidak besar, denah rumah ini akan terlihat seperti hunian mewah.

Dengan denah berbentuk U yang diisi dengan kolam renang di tengahnya, terdapat tiga kamar tidur pada sisi kiri serta garasi dan ruang tamu pada sisi kanan. Di sisi mendatar terdapat dapur, ruang makan, dan ruang keluarga.

Baca juga: Modern dan Minimalis, Kenali Rumah Kotak Minimalis!


Kesimpulan

Rumah minimalis 1 lantai dapat memberikan kesan sederhana dan simple. Akan tetapi jika dipadukan dan didesain dengan baik, maka kamu bisa menciptakan rumah minimalis 1 lantai yang indah dan nyaman.

Konsep one space, bergaya Eropa, pintu kaca, dan lain-lain dapat kamu padukan agar terkesan lebih modern. Kamu juga perlu hati-hati dalam memilih warna cat dan interior untuk rumah minimalis 1 lantai.

Apakah kamu tertarik memiliki rumah minimalis 1 lantai? Temukan rumah impianmu dengan mengunjungi link ini. Wujudkan impianmu memiliki rumah dengan KPR dari Bank BTN. 

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua