(0)


Rumah Anti Banjir merupakan rumah dengan desain yang dirancang khusus agar tidak terendam atau tenggelam ketika banjir datang. Apalagi akhir-akhir ini sering terjadi hujan deras secara terus menerus. Biasanya banjir terjadi ketika musim hujan sedang tiba dan sebagian daerah tropis seperti di Indonesia sering mengalaminya. Kita tidak akan tahu kapan datangnya bencana alam atau perubahan cuaca. Untuk mencegah datangnya banjir, kamu bisa mensiasati dengan membuat konsep rumah yang aman dari bencana alam seperti banjir atau gempa. Seperti memikirkan desain rumah dengan kontruksi dan material rumah tahan banjir. Nah, Rumah Anti Banjir ini bisa menjadi solusi ketika banjir datang. 


Rumah Anti Banjir Panggung Tradisional 


Rumah panggung dengan desain tradisional nyatanya berguna sebagai untuk mengantisipasi banjir. Pasalnya orang terdahulu yang tinggal di pedesaan, merancang kontruksi rumah mereka seperti rumah panggung agar terhindar dari binatang buas serta banjir. Antipasi masyarakat pedesaan akan bencana alam membuat mereka merencanakan bangunan Rumah Anti Banjir ini.

Kamu bisa menerapkan ide rumah panggung ini sebagai desain Rumah Anti Banjir dengan material yang lebih kuat seperti batu bata atau beton. Perlu diperhatikan penggunaan material Rumah Anti Banjir karena sangat berpengaruh pada struktur kekuatan bangunan terhadap genangan air atau banjir. Agar lebih efisien, kamu dapat mengunjungi website BTN Properti untuk pembelian Rumah Murah Cikarang Anti Banjir dengan harga terjangkau serta lokasi yang strategis.


Rumah Anti Banjir Tingkat Dengan Halaman Luas


Rumah Anti Banjir selanjutnya bisa didapatkan dengan konsep rumah tingkat seperti gambar di atas. Tidak lupa penggunaan halaman yang luas dengan ditumbuhi rumput hijau dapat berguna untuk menyerap genangan air. Bisa juga menggunakan jenis rumput tertentu seperti rumput jepang atau rumput golf untuk menyerap air dengan jumlah yang banyak. Selain bermanfaat dalam penyerapan air, jika rumput dirawat dengan baik akan menimbulkan kesan estetika untuk Rumah Anti Banjir tadi. Rumah Anti Banjir dengan memiliki tingkat berfungsi agar ketika banjir datang datang, penghuni rumah dapat memanfaatkan ruangan atas dan air banjir tidak dapat menjangkau ruang atas tersebut.


Desain Rumah Terapung Solusi Untuk Rumah Anti Banjir


Rumah Anti Banjir dengan konsep rumah terapung bisa dijadikan inspirasi untuk kamu yang menyukai ketenangan. Faktanya, kini konsep rumah di atas air menjadi incaran orang-orang tertentu. Rumah dengan konsep sederhana namun unik ini merupakan salah satu solusi kamu mendapatkan Rumah Anti Banjir. Cara kerja rumah ini layaknya sebuah kapal atau perahu di mana pada Rumah Anti Banjir ini terdapat sebuah struktur yang bisa mengapung di air.

Agar terhindar dari banjir tentunya harus dilengkapi penambat agar rumah terapung tidak mudah tenggelam atau hanyut ketika banjir besar datang. Untuk merancang Rumah Anti Banjir ini disarankan memikirkan secara matang konsep dan struktur bangunan dan meminta arsitek dalam pembuatan rumah. Selain itu, Rumah Anti Banjir yang biasa disebut rumah amfibi juga bisa diterapkan untuk menghindari banjir datang. Konsep rumah amfibi hampir sama yaitu rumah dapat mengapung ketika banjir datang dengan beton yang dapat mengapung.

Sebelum membangun Rumah Anti Banjir, tentunya kamu harus memperhatikan hal-hal penting seperti membersihkan selokan air, memasang katup air untuk mencegah masuknya air banjir dari saluran air, membuat sumur resapan atau biopori, serta meninggikan permukaan rumah agar rumah aman dari banjir sehingga dapat menciptakan sendiri Rumah Anti Banjir.


Baca Artikel Terkait
Info Terbaru | 23 Oktober 2020
Warna Pastel Interior Rumah yang Wajib Diterapkan
Warna Pastel Interior Rumah sejak dahulu sudah diterapkan pada sebuah hunian. Sampai sekarang masih diminati khususnya bagi mereka yang menyukai warna lembut dan cantik ini. Warna pastel merupakan warna yang dispesifikasikan terhadap warna lebih muda dan cerah. Seperti contoh perpaduan campuran warna pink dan putih berupa pink lebih cerah begitu pula dengan warna yang lainnya.Umumnya warnaBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 22 Oktober 2020
Tanaman Hias Monstera Sedang Hits! Begini Cara Merawatnya
Tanaman Hias Monstera atau biasa dikenal dengan sebutan tanaman Janda Bolong ini sedang hits dan diminati masyarakat khususnya untuk para pecinta tanaman hias. Tanaman Hias Monstera merupakan salah satu tanaman hias yang sedang viral dan terus meningkat setiap harinya. Apalagi dengan keadaan yang mengharuskan kita untuk tetap tinggal di rumah, masyarakat mulai mencoba hobi baru denganBaca Selengkapnya
Info Terbaru | 20 Oktober 2020
Taman Dinding Vertikal Bisa Ciptakan Nuansa Asri!
Taman Dinding Vertikal bisa kamu jadikan inspirasi dalam menciptakan nuansa baru yang alami pada ruangan di rumah. Apalagi saat ini sebagian orang banyak menghabiskan waktu dengan di rumah saja. Sangat pas untuk kamu yang sedang mencari kegiatan baru yang menyenangkan dan bisa mengasah keterampilan. Kamu wajib mencoba kegiatan baru yang sedang diminati saat ini yaituBaca Selengkapnya