Spinner Icon

Rumah Gaya Amerika Klasik: Tren Terkini yang Bisa Kamu Pakai

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 5 Januari 2024
Table of Contents:

Kamu lagi cari desain untuk rumah idaman kamu? Atau masih bingung mau pilih desain apa karena trend desain rumah berganti terus setiap tahunnya? Rumah gaya Amerika Klasik bisa jadi salah satu alternatif desain rumah yang gak ketinggalan jaman, nih.

Rumah gaya Amerika Klasik adalah salah satu desain rumah yang populer. Banyak orang atau developer yang mengusung gaya Amerika Klasik sebagai desain rumah yang akan mereka buat, dikarenakan desain dari rumah gaya Amerika Klasik termasuk timeless atau tidak akan lekang oleh waktu dan tetap modern dalam waktu apapun.

Tentu kamu tidak perlu khawatir jika ingin menjadikan rumah gaya Amerika Klasik sebagai rumah jangka panjang. Nyatanya, sampai sekarang rumah gaya Amerika Klasik banyak diminati dan laku di pasaran.


Key Takeaways:

  • Rumah gaya Amerika Klasik adalah salah satu konsep hunian yang hingga kini masih populer di kalangan masyarakat.
  • Tidak hanya terkesan mewah, megah, klasik, dan unik, rumah gaya Amerika Klasik tidak lekang oleh waktu.
  • Rumah gaya Amerika klasik ini dapat menjadi alternatif desain hunian jangka panjang.
  • Terdapat beberapa desain rumah gaya Amerika Klasik, yaitu Colonial Revival, Neo Classic, Queen Anne, Cape Cod, dan Mid Century Modern.

Rumah Gaya Amerika Klasik

Mengapa desain rumah gaya Amerika Klasik masih populer di kalangan masyarakat? Karena desain rumah gaya Amerika Klasik memiliki keunikan tersendiri di mata masyarakat. Nuansa elegan dan mewahnya membuat rumah gaya Amerika Klasik memiliki kesan yang memikat untuk dilihat.

Rumah gaya Amerika Klasik ini juga sering dianggap sebagai desain yang simpel, minimalis, dan timeless. Walaupun waktu terus berjalan, desain ini tidak akan pernah terlihat kuno. Dengan begitu, rumah gaya Amerika Klasik ini dapat difungsikan sebagai rumah jangka panjang.

Baca juga: Ciri Khas Rumah Gaya Amerika, Seperti di Film Barat 


5 Desain Rumah Gaya Amerika Klasik yang Bisa Kamu Pakai

Ada beberapa desain rumah gaya Amerika Klasik yang sangat sering digunakan hingga saat ini. Setiap desainnya memiliki keunikan dan ciri khasnya masing-masing. Untuk mengetahui desain-desain rumah gaya Amerika Klasik, simak artikel berikut!

1. Rumah Gaya Amerika Klasik Colonial Revival


Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan rumah gaya Amerika Klasik dengan desain Colonial Revival. Pasalnya, rumah ini sering sekali terlihat di film-film barat. Mulai dari film bertema keluarga, romansa, ataupun horor sering kali mengambil scene rumah gaya Amerika Klasik ini sebagai latarnya.

Rumah dengan desain Colonial Revival ini adalah rumah peninggalan masa penjajahan. Dulunya, rumah ini adalah hunian sederhana bagi para kolonis. Ciri yang khas dari rumah dengan desain Colonial Revival yaitu temboknya yang menggunakan batu bata merah.

Selain itu, rumah gaya Amerika Klasik desain Colonial Revival juga terkenal dengan tampilan yang simetris dengan pintu yang tinggi serta beberapa aksen jendela yang berjejer dengan simetris satu sama lain. Rumah dengan desain Colonial Revival ini masih sering digunakan oleh developer. Salah satu rumah cluster yang menggunakan desain ini adalah Alesha House at Vanya Park yang berada di area Bumi Serpong Damai (BSD).

2. Rumah Gaya Amerika Klasik Neo Classic


Rumah gaya Amerika Klasik yang mengusung desain Neo Classic juga tidak kalah menarik dan sangat populer. Desain rumah Neo Classic ini mengambil inspirasi dari gaya arsitektur Yunani dan Romawi. Desain rumah Neo Classic memiliki 4 model yaitu Neo Elektik, Neo Victoria, Neo Traditional, dan Neo Mediteranian.

Rumah gaya Amerika Klasik dengan desain Neo Classic  memiliki ciri khas pada teras yang luas dan juga pilar yang tinggi. Sehingga, rumah dengan desain Neo Classic ini memiliki kesan yang mewah dan megah. Karena itu pula, orang-orang kalangan atas di Amerika masih menyukai desain rumah Neo Classic.

Rumah bergaya Neo Classic juga masih digunakan oleh developer untuk membangun perumahan. Salah satu cluster yang menggunakan gaya Neo Classic adalah Azura Starlight Terrace House di BSD City dan Cluster Caribbean di Serpong. Saat melewati dan melihat rumah gaya Neo Classic akan sangat terasa ikonik karena identik dengan pilar-pilar besar.

3. Rumah Gaya Amerika Klasik Queen Anne


Rumah gaya Amerika Klasik dengan desain Queen Anne juga sering terlihat pada adegan film horor Amerika. Rumah dengan desain Queen Anne ini memiliki desain yang klasik namun tidak ketinggalan jaman.

Desain Queen Anne memiliki keunikan yang terletak pada bentuk bangunannya. Berbeda dari kebanyakan rumah, bentuk rumah dengan desain ini memiliki bentuk yang tidak simetris.

Tidak hanya dilihat dari luar, interior pada rumah Amerika Klasik Queen Anne juga menggunakan konsep yang cenderung vintage. Begitu juga dengan perabotan rumahnya yang berkonsep old fashion.

Rumah bergaya Queen Anne sudah ada sejak masa perang hingga sekarang masih banyak warga Amerika yang menggunakan desain ini karena nilai estetikanya dan tidak lekang oleh zaman.

Selain masih populer di Amerika, di Indonesia pun konsep desain Queen Anne masih digunakan. Salah satu cluster yang menggunakan desain ini adalah cluster Whitsand di BSD City.

4. Rumah Gaya Amerika Klasik Cape Cod


Rumah gaya Amerika Klasik selanjutnya adalah Cape Cod. Desain rumah ini tidak asing karena sering bermunculan di film-film barat. Rumah Cape Cod mulai terbentuk di abad ke 17 yang dibawa oleh Inggris dan populer di Amerika.

Desain ini memiliki keunikan dan ciri khas yaitu terdapat cerobong asap di tengah atap yang curam, dan juga jendela yang memiliki bingkai di bagian depan. Tentu rumah Cape Cod ini sangat populer pada zamannya dan sampai sekarang di Indonesia sendiri, desain ini masih dapat dijumpai di beberapa bangunan villa atau rumah, kawasan Puncak Bogor.

5. Rumah Gaya Amerika Klasik Mid Century Modern


Terakhir, adalah rumah gaya Amerika Klasik dengan desain Mid Century Modern. Desain ini adalah Rumah Gaya Amerika Klasik yang bisa dibilang lebih atau paling modern.

Di mana  memiliki konsep hunian modern namun tetap menjaga nilai estetika Amerika Klasik itu sendiri. Ciri khas dari desain Mid Century Modern ini adalah memiliki jendela kaca yang luas, garis-garis geometris, dan ruangan terbuka.

Karena desainnya yang lebih modern, desain Mid Century Modern inilah yang paling sering kita temukan di sekitar kita. Salah satu cluster yang mengusung konsep Mid Century Modern ini adalah cluster Sutra Winona di Alam Sutera, Tangerang.

Belum lama ini, pesohor sekaligus pengusaha di Indonesia, Raffi Ahmad juga membangun rumahnya dengan gaya Mid Century Modern. Rumah tersebut tentunya menarik perhatian publik, selain simetris, kesan elegannya juga sangat terasa.

Nah, itu dia beberapa konsep desain rumah gaya Amerika Klasik yang bisa kamu jadikan inspirasi. Setelah melihat beberapa referensi di atas, rumah gaya Amerika Klasik mana nih yang paling kamu sukai?

Jika tidak ingin membuat desain rumah dari awal, kamu bisa langsung memilih dan membeli beberapa rumah dari developer yang sudah tersedia. Sehingga, kamu hanya perlu menyesuaikan anggaran yang sesuai.

Baca juga: Inspirasi Rumah Bergaya Mediterania yang Klasik


BTN Properti Bisa Jadi Solusi

Jika kamu memiliki anggaran yang sudah direncanakan sebelumnya untuk membeli rumah, kamu bisa langsung mengecek BTN Properti untuk membantu menemukan rumah idaman. BTN Properti memiliki fitur pencarian rumah yang bisa disesuaikan dengan anggaran kamu.

Kamu juga dapat mengajukan KPR secara online di BTN Properti. Jangan ragu untuk menggunakan jasa layanan BTN Properti. Segera kunjungi BTN Properti dan miliki rumah impian kamu bersama Bank BTN.

 

 

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua