Spinner Icon

Alasan Memilih Rumah Idaman Sederhana Sebagai Hunian Ideal Kaum Muda

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 21 September 2022
Table of Contents:
  • Apa itu Rumah Idaman Sederhana?
  • Keunggulan Rumah Idaman Sederhana
  • 1. Hunian Nyaman dengan Harga Bersahabat
  • 2. Praktis dan Fungsional di Lahan Terbatas
  • 3. Wadah untuk Mengembangkan Kreativitas Melalui Eksperimen Tata Ruang
  • Karakteristik Rumah Idaman Sederhana
  • 1. Penggunaan Sekat yang Minim agar Ruangan Terlihat Lapang
  • 2. Pengoptimalan Sirkulasi Udara dan Cahaya
  • 3. Desain dan Tata Ruang yang Praktis
  • 4. Penggunaan Furnitur Sederhana yang Multifungsi
  • 5. Eksterior yang Sederhana dan Elegan
  • Inspirasi Desain Rumah Idaman Sederhana
  • 1. Rumah Mungil Ekonomis
  • 2. Rumah Idaman Gaya Monokrom
  • 3. Rumah Minimalis Berkonsep Taman
  • 4. Rumah Sederhana Tipe Hook
  • 5. Scandinavian Tiny House


Memiliki rumah idaman sudah tentu menjadi impian semua orang. Dekorasi cantik, teras yang luas dan asri, hingga arsitektur yang unik kerap menjadi acuan dalam mendefinisikan hunian idaman pilihan keluarga.

Meski begitu, harga properti yang terus melambung dan keterbatasan lahan kerap menjadi kendala dalam mewujudkan impian tersebut. Alternatifnya, kamu dapat melirik rumah mungil yang mengusung gaya minimalis.

Alih-alih mencari rumah mewah dengan arsitektur yang kompleks, rumah mungil merupakan tipe hunian dengan konsep horizontal yang sedang banyak diincar oleh kalangan anak muda.

Selain harga rumah yang relatif murah, tipe rumah idaman sederhana juga umumnya mudah kamu temukan di perumahan yang terletak tidak jauh dari pusat kota. Tentunya, hal ini akan sangat menguntungkan bagi kamu yang memiliki keterbatasan biaya namun tetap membutuhkan akses mudah ke kota besar seperti Jakarta.

Lebih lanjut, artikel ini akan membahas tentang definisi, keunggulan, dan karakteristik rumah idaman sederhana pilihan keluarga.

Apa itu Rumah Idaman Sederhana?

Rumah idaman sederhana merupakan tipe rumah dengan luas bangunan kurang dari 120 meter persegi. Umumnya, rumah idaman sederhana terdiri atas maksimal 2 lantai dengan 2-3 unit kamar tidur, 1 ruang makan, 1 ruang tamu, 1 ruang keluarga, 1 kamar mandi, serta dapur. Selain itu, terdapat pula teras yang dilengkapi dengan carport dan taman ukuran kecil bergaya minimalis.

Minimnya jumlah dan ukuran ruang tidak lantas menjadikan rumah idaman sederhana terkesan sempit dan tidak nyaman. Menonjolkan efisiensi dan konsep fungsional, tipe rumah ini merupakan hunian yang sesuai bagi kalangan muda yang lebih menyukai gaya hidup dinamis dan praktis.

Lebih lanjut, rumah mungil umumnya menuntut pemilik untuk lebih kreatif dan terencana dalam mengoptimalkan fungsi ruang. Dalam hal ini, pemilik akan dilatih untuk memperhitungkan segala sesuatu terkait aspek-aspek hunian, agar nantinya rumah tersebut dapat memenuhi kebutuhan seluruh penghuni tanpa menghilangkan kesan nyaman dan lapang.

Baca juga: Inspirasi Rumah Sederhana Anti Mati Gaya

Keunggulan Rumah Idaman Sederhana

Seperti namanya, rumah idaman sederhana adalah model hunian mungil yang menonjolkan aspek fungsional dan tampilan yang praktis. Tipe rumah ini cocok bagi keluarga kecil maupun kalangan muda yang ingin memiliki rumah yang nyaman di tengah keterbatasan lahan.

Di bawah ini adalah contoh keunggulan Rumah Idaman Sederhana:

1. Hunian Nyaman dengan Harga Bersahabat

Salah satu syarat utama untuk bisa memiliki rumah adalah ketersediaan dana. Rumah idaman sederhana bisa menjadi solusi bagi masyarakat yang ingin segera membeli rumah impian namun memiliki keterbatasan dana.

Dengan ukuran yang mungil dan desain yang sederhana, tipe hunian ini menawarkan harga yang lebih bersahabat dibandingkan dengan tempat tinggal berukuran besar. Meski begitu, pemilihan warna, dekorasi, serta pembagian ruang yang tepat menjadikan tipe rumah idaman sederhana tidak kalah nyaman dari jenis rumah lainnya.

2. Praktis dan Fungsional di Lahan Terbatas

Rumah idaman sederhana yang ideal umumnya mampu memenuhi kebutuhan dasar para penghuni. Dalam hal ini, fungsi yang dimaksud antara lain adalah istirahat, menyimpan barang-barang, serta menghabiskan waktu bersama keluarga.

Selain menonjolkan aspek fungsional, tipe rumah ini juga umumnya memenuhi aspek estetika melalui tampilan yang menarik dan aspek keamanan melalui pemilihan material yang bersifat kokoh namun praktis dalam hal perawatan dan fungsi.

Dengan terpenuhinya tiga aspek tersebut, kamu dapat mewujudkan rumah idaman yang praktis dan fungsional sekalipun terkendala ukuran dan luas lahan yang terbatas.

3. Wadah untuk Mengembangkan Kreativitas Melalui Eksperimen Tata Ruang

Keunggulan ketiga dari rumah idaman sederhana berkaitan dengan faktor keterbatasan ruang yang tersedia, baik di luar maupun di dalam bangunan. Dalam hal ini, pemilik properti harus mengeksplorasi seni menata ruang agar setiap sudut hunian dapat dimanfaatkan dengan optimal.

Umumnya, perencanaan dilakukan sebelum kamu mulai membangun rumah.

Agar rumah terlihat lebih lapang, hal yang perlu diperhatikan adalah penggabungan fungsi ruang, pemilihan warna dan tata ruang perabot rumah, serta gaya yang sesuai dengan konsep yang ingin diusung oleh pemilik.

Pada kondisi hunian mungil, rumah minimalis adalah model yang ideal untuk dipilih karena mengusung rancangan praktis yang dipermanis oleh dekorasi dan warna yang elegan.

Baca juga: Modern dan Minimalis, Kenali Rumah Kotak Minimalis!

Karakteristik Rumah Idaman Sederhana

Setelah memahami definisi dan keunggulan, selanjutnya akan dijelaskan terkait karakteristik rumah idaman sederhana. Ciri inilah yang sejatinya membedakan rumah idaman kamu dari tipe hunian lainnya.

1. Penggunaan Sekat yang Minim agar Ruangan Terlihat Lapang

Tak hanya sebagai pembatas yang mendefinisikan ruang tertentu, penggunaan dinding dan sekat yang berlebihan menyebabkan bangunan terlihat padat, terlebih pada rumah berukuran mungil.

Sebagai pemilik, tentunya kita ingin menghindari kesan sempit dengan menyajikan tampilan ruang yang luas. Hal inilah yang kemudian menjadikan rumah idaman sederhana meminimalisasi penggunaan dinding dan sekat sebagai penanda ruang.

Dengan begitu, penghuni rumah idaman sederhana dapat menikmati ruang lapang sekalipun tinggal di bangunan dengan luas lahan yang terbatas. Pada rumah minimalis berukuran mungil, ruangan difokuskan hanya pada kamar tidur dan kamar mandi.

Selain dua ruangan tersebut, umumnya pembeda ruangan hanya ditandai dengan perabot atau karpet. Alternatif lain, pemilik juga dapat memisahkan ruang menggunakan partisi tembus pandang

2. Pengoptimalan Sirkulasi Udara dan Cahaya

Selanjutnya, desain rumah idaman sederhana kerap dicirikan dengan pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik. Memiliki rumah berukuran mungil, tentunya kamu ingin menghindari kesan sumpek dan gelap agar tempat tinggal terasa lebih nyaman.

Pemasangan jendela dan loster yang baik dapat meningkatkan sirkulasi udara di dalam rumah. Selain itu, pemanfaatan fiber pada bagian atap rumah juga dapat menjadi sumber masuk cahaya alami.

Dengan memanfaatkan fitur-fitur konstruksi tersebut, kamu bisa mewujudkan rumah minimalis yang tidak hanya menyehatkan bagi penghuninya, melainkan juga menghemat alokasi daya listrik dengan minimnya penggunaan pendingin udara dan lampu.

Selain itu, untuk sumber udara segar tambahan, kamu juga dapat memanfaatkan lahan terbuka di bagian teras untuk menanam pohon atau meletakkan tanaman hias lainnya. Selain menambah nilai estetika, tanaman hijau juga bisa menjadi sumber oksigen untuk sirkulasi udara yang lebih baik.

3. Desain dan Tata Ruang yang Praktis

Karakteristik ketiga dari rumah minimalis berukuran mungil adalah desain ruang yang sederhana namun elegan. Oleh karena keterbatasan area, pemilik akan dituntut untuk lebih kreatif dalam memanfaatkan space yang ada di dalam rumah untuk kebutuhan penyimpanan dan aktivitas sehari-hari.

Misalnya, pemanfaatan lemari televisi sebagai pemisah antara ruang keluarga dan ruang tamu. Selain itu, pemilik rumah juga dapat memanfaatkan dinding kamar tidur sebagai lemari pakaian built-in. Intinya, penempatan furnitur maupun dekorasi rumah sebisa mungkin memenuhi nilai fungsi sekaligus estetika untuk mempercantik tempat tinggal kamu.

Dari segi rancangan interior, kamu dapat memilih cat dengan warna putih, abu gelap, hingga earth tone untuk menonjolkan sisi elegan namun tidak terkesan berlebihan. Bagi kamu yang ingin menghadirkan sisi industrial, dapat menggunakan finishing semen ekspos pada dinding interior.

4. Penggunaan Furnitur Sederhana yang Multifungsi

Tak hanya mengandalkan tata ruang dan desain yang praktis, rumah idaman sederhana juga menggunakan sedikit sekali perabot untuk menambah kesan lapang pada area interior rumah. Perabot yang digunakan juga biasanya memiliki colour tone yang senada dan menggunakan bahan kombinasi kayu padat, kulit, dan besi holo.

Lebih lanjut, rumah mungil juga umumnya menggunakan furnitur yang bersifat multifungsi, seperti ranjang dengan kolong yang dapat difungsikan sebagai tempat penyimpanan hingga lemari yang dapat dijadikan partisi ruangan.

Untuk menghindari kesan ramai dan sesak, hindari penggunaan perabot bermotif dan sofa berukuran besar. Alih-alih, gunakan hanya satu motif geometri dan pastikan ukuran sebuah perabot tidak melebihi sepertiga ruangan, terkecuali untuk ranjang di area kamar tidur.

5. Eksterior yang Sederhana dan Elegan

Salah satu daya tarik rumah adalah bagian eksterior. Meski memiliki ukuran yang mungil, bukan berarti rumah idaman sederhana tidak dapat terlihat memesona.

Bagi kamu yang ingin eksterior rumah mungil terlihat lebih elegan, bisa menyiasati dengan penggunaan tone warna netral seperti hitam, putih, dan abu-abu. Jika memilih tema tropis, kamu dapat menggunakan warna earth tone atau dapat menggunakan finishing ekspos jika memilih tema industrial.

Pada bagian depan rumah, kamu juga bisa menambahkan taman vertikal atau tanaman hijau jenis semak di permukaan tanah. Dua jenis tanaman ini merupakan jenis dekorasi yang banyak digunakan di taman berkonsep minimalis.

Lebih lanjut, tingkatkan unsur fungsional eksterior rumah dengan menghadirkan patio dan carport dengan material batu alam atau semen cetak.

Baca juga: Cek Ide Jenis Taman Minimalis Untuk Buat Rumah Asri

Inspirasi Desain Rumah Idaman Sederhana

Apakah kamu sudah menentukan desain yang tepat untuk mewujudkan rumah impian? Jika belum, 5 inspirasi rumah idaman sederhana bawah ini mungkin bisa membantu.

1. Rumah Mungil Ekonomis



Sumber: Arsitag.com

Banyak ditemukan di perumahan cluster, rumah tipe 45 ini merupakan pilihan ideal bagi kamu yang berencana untuk memiliki tempat tinggal pertama. Desain sederhana dan praktis menjadikan properti ini umumnya memiliki harga yang terjangkau.

Pada rumah mungil ekonomis, fitur yang ditonjolkan adalah bukaan depan dan taman sebagai sumber sirkulasi udara dan cahaya. Selain itu, pemanfaatan atap dengan ketinggian yang berbeda membuat rumah terkesan lapang.

2. Rumah Idaman Gaya Monokrom


Sumber: Arsitag.com

Untuk menghadirkan nuansa elegan pada rumah idaman sederhana, kamu dapat memanfaatkan warna monokrom yang berpadu dengan batu alam.

Lebih lanjut, properti ini memanfaatkan besi hollow pada pagar dan kanopi berbahan fiber sebagai pemanis tampilan eksterior. Rumah idaman gaya monokrom umumnya menonjolkan perabot dan ornamen dengan bentuk geometris untuk mempertegas sifat elegan dari properti ini.

3. Rumah Minimalis Berkonsep Taman


Sumber: Arsitag.com

Sebagaimana terlihat pada contoh gambar, lahan terbuka hijau menjadi daya tarik utama rumah minimalis berkonsep taman.

Selain berfungsi sebagai daerah resapan air, lahan terbuka juga bisa digunakan untuk menambah estetika rumah. Lebih lanjut, peletakan tanaman hias di sisi carport juga bisa menghadirkan nuansa asri pada halaman depan.

Untuk meningkatkan nilai estetika, rumah minimalis berkonsep taman ini juga mengkombinasikan penggunaan warna putih dengan material berbahan dasar kayu pada interior maupun eksterior rumah.

Jika ingin menghadirkan nuansa asri di bagian dalam rumah, sebaiknya cukup aplikasikan tanaman hias berukuran kecil yang diletakkan pada pot berbahan dasar batu alam.

4. Rumah Sederhana Tipe Hook