Spinner Icon

Rumah Inden Bisa Menjadi Pilihanmu Setelah Mengetahui Hal Berikut Ini

Author Image
Info Terbaru · 6 Januari 2021
Table of Contents:

Rumah Inden merupakan salah satu jenis properti yang cukup diminati oleh masyarakat. Rumah Inden merupakan sebuah hunian yang masih berupa rancangan atau belum berupa bangunan atau wujud fisik. Rumah ini nantinya akan siap dibangun jika sudah memiliki permohonan untuk membangun dari pembeli. Biasanya untuk masa pembangunan Rumah Inden diperkirakan sekitar 12 sampai 24 bulan untuk siap dihuni oleh pembelinya.

Tentunya Rumah Inden memiliki berbagai keuntungan yang ditawarkan salah satunya dengan harga yang cukup terjangkau dan promo menarik. Jadi, kamu bisa tetap membeli hunian impian dengan harga yang tidak terlalu mahal walaupun belum berupa rumah siap huni, ya! Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli Rumah Inden.


Rumah Inden Bisa Dibeli Dengan Harga Terjangkau


(Pixabay)


Untuk kamu yang menginginkan sebuah hunian dan memiliki budget yang tidak terlalu banyak, kamu bisa membeli Rumah Inden. Karena Rumah Inden menawarkan harga yang terjangkau dengan berbagai promo menarik. Mulai dari potongan harga, bebas biaya uang muka, serta bunga efektif KPR yang rendah. Keuntungannya lagi, kamu bisa menabung terlebih dahulu sampai Rumah Inden selesai dibangun. Perlu kamu ketahui, dengan pembelian rumah inden kamu bisa mengubahnya menjadi investasi masa depan yang mengiurkan lho. Namun, tetap harus sabar menunggu proses pembangunannya, ya!


Rumah Inden Berbeda Dengan Rumah Ready Stock


(Pexels)


Rumah Inden tentunya sangat berbeda dengan rumah yang ready stock. Rumah ready stock atau siap huni bisa segera ditempati ketika sudah menyelesaikan persyaratan administratif. Sedangkan Rumah Inden belum berupa fisik dan harus menunggu pembangunannya selesai. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena Rumah Inden menyediakan beragam keuntungan yaitu bisa bebas pilih posisi rumah. 

Bukan hanya bisa memilih posisi rumah dan arah bangunan, kamu memiliki kesempatan untuk memilih lokasi tanah yang tersedia. Hal ini bisa menjadi keuntungan tersendiri jika lokasi yang dipilih merupakan lokasi yang cukup strategis dan sesuai kebutuhan kamu. Selain itu, kamu juga bisa memilih desain rumah sesuai keinginan. Manfaatkan jasa desain interior atau arsitek untuk pembangunan rumah yang sesuai dengan keinginan agar hasilnya memuaskan.

Tetapi, Akan ada risiko pada setiap pilihan yaitu risiko pembangunan yang gagal. Maka dari itu disarankan untuk mengecek reputasi developer sebelum melakukan pembelian. Pastikan track record dan legalitas developer aman dan baik. Langkah ini bisa melindungi kamu dari hal yan tidak diharapkan.


Perhatikan Legalitas Dari Rumah Inden Pilihanmu


(Pixabay)


Sebelum kamu menentukan untuk membeli Rumah Inden, sebaiknya memikirkan aspek legalitas dari bangunan. Pastinya kamu tidak menginginkan sesuatu yang tidak baik terjadi, bukan? Maka dari itu harus lebih teliti menentukan pilihan. Tidak ada salahnya kamu menanyakan lebih detail kepada pihak developer terkait bangunan. Pastikan bangunan memiliki sertifikat IMB dan cek dokumen lainnya untuk memastikan bangunan aman.  Seperti status tanah yang sah dan dokumen SHM atau Sertifikat Hak Milik dan SHGB atau Sertifikat Hak Guna Bangunan. Bangunan dengan legalitas yang lengkap dan terjamin dapat memudahkan kamu jika mengajukan KPR ke bank.

Dalam memilih sebuah hunian baik Rumah Inden maupun rumah siap huni harus dipikirkan secara matang agar sesuai dengan perencanaannya. 

 

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua