Spinner Icon

Rumah Inden vs Rumah Jadi

Author Image
Info Terbaru · 22 Agustus 2016
Ketika Anda sedang mencari rumah idaman, apakah itu lewat pameran properti atau lewat media-media online, Anda mungkin pernah mendengar dan bertanya-tanya tentang istilah rumah inden. Rumah inden adalah istilah untuk kebalikan dari rumah jadi, yaitu rumah yang ditawarkan kepada para calon pembeli dalam keadaan belum siap seutuhnya. Sehingga berbeda dengan rumah jadi, ketika Anda membeli rumah inden, Anda tidak akan langsung dapat menghuni rumah tersebut.


Masing-masing skema pembelian rumah, baik itu inden atau jadi memiliki karakter, kelebihan, dan kekurangan masing-masing yang membuat keduanya unik dan layak dipertimbangkan dengan matang.


Rumah inden

Rumah inden adalah sebuah rumah yang belum seutuhnya jadi atau siap untuk digunakan, oleh karena itu, umumnya pihak pengembang yang menawarkan rumah inden kepada calon pembelinya akan memberikan harga spesial yang lebih murah jika dibandingkan rumah yang sudah jadi. Perbedaan harga yang akan muncul jika rumah tadi sudah jadi juga akan cukup signifikan untuk membuat seseorang tertarik untuk memiliki rumah inden tersebut. Untuk lebih menarik minat calon pembeli, pihak pengembang juga tidak jarang mengadakan berbagai promo menarik, seperti berbagai hadiah menarik untuk si pembeli. Karena rumah yang dibangun belum jadi, maka ada kemungkinan bagi si calon pembeli untuk meminta perubahan khusus untuk rumah yang hendak ia beli, misalnya warna, arah, atau bahkan desain.


Bagi beberapa orang, ketidakmungkinan rumah inden untuk bisa langsung dipakai menjadi suatu kelemahan tersendiri. Rumah inden sendiri bisa membutuhkan waktu dari 1 hingga 2 tahun untuk bisa dihuni oleh si pembeli. Rumah inden juga memiliki risiko rumah tersebut menjadi gagal terbangun dengan sempurna. Risiko lain yang dapat muncul dari rumah inden adalah hasil rumah jadi yang tidak sesuai dengan harapan atau yang dipromosikan ketika belum usai.


Rumah jadi

Rumah jadi menawarkan kepastian bagi para pembelinya sebagai kelebihannya. Kepastian ini terdapat dalam hal situasi fisik dari rumah yang membuat pembeli dapat melihat dan memastikan kondisi rumah tersebut, apakah sesuai dengan yang dipromosikan atau tidak. Kemungkinan rumah jadi untuk langsung dihuni juga menjadi salah satu kelebihan yang sering dipertimbangkan para calon pembeli. Rumah jadi juga relatif lebih aman dari sisi hukum, karena rumah yang jadi umumnya sudah memiliki surat-surat yang lengkap.


Kebalikan dari rumah inden, rumah jadi biasanya dipasarkan dengan harga yang lebih mahal dari rumah inden. Selain itu, rumah jadi juga tidak menawarkan fleksibilitas sebesar rumah inden, jadi Anda hanya bisa menerima jadi apa yang mereka tawarkan, atau mengubah rumah tersebut sesuai dengan keinginan Anda, dengan harga yang tidak murah.


Pilih yang mana?

Karakteristik yang dimiliki keduanya memungkinkan Anda untuk menyesuaikan skema manakah yang paling cocok dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Satu ha yang pasti, jika Anda hendak mengambil program KPR, maka kedua skema rumah ini bisa diambil dengan cara KPR, tanpa ada perbedaan yang signifikan. Khusus untuk rumah inden, terdapat sebuah kelebihan lagi dari KPR rumah impian Anda tersebut. Kelebihan tersebut adalah ketik.a Anda mengajukan KPR, misalnya lewat BTN Properti, maka pihak bank akan memeriksa rekam jejak pengembang tersebut, dan memastikan bahwa pengembang tersebut adalah pengembang yang bona fide, sehingga Anda dapat lebih tenang ketika mengambil KPR rumah inden tersebut

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua