Spinner Icon

5 Inspirasi Rumah Korea Seperti di Drakor

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 28 Desember 2022
Table of Contents:
  • 5 Inspirasi Rumah Korea
  • 1. Rumah Panggung dengan Batu Bata
  • 2. Desain Rumah ala Korea Minimalis dengan Rubanah
  • 3. Desain Rumah ala Korea dari Kayu yang Asri
  • 4. Konsep Rumah Korea Minimalis Kecil dengan Dua Lantai
  • 5. Rumah Minimalis Open House
  • Tips Membangun Rumah ala Korea

Ketenaran Korea Selatan semakin melejit di seluruh dunia. Indonesia juga menjadi salah satu negara yang menikmati hiburan dari Korea, mulai dari lagu K-Pop, drama Korea, dan film Korea.

Di drama Korea, kita bisa menemui bangunan-bangunan modern maupun tradisional khas negara gingseng tersebut. Desain rumah di drama Korea menjadi salah satu hal yang menarik perhatian. Desain rumah korea identik dengan gaya minimalis, interior rumah modern, pencahayaan yang baik, serta penggunaan lantai kayu, membuat rumah ala Korea banyak diminati masyarakat.

Desain rumah Korea minimalis memiliki berbagai ciri khasnya tersendiri. Mulai dari penggunaan unsur aksen kayu dan perpaduan warna soft di dalam interior yang menjadikan rumah terlihat cantik dan rapi.

 

5 Inspirasi Rumah Korea

Sering lihat gaya rumah di drama Korea? Nah artikel ini akan membahas inspirasi desain rumah Korea minimalis yang bisa kamu jadikan referensi saat sedang membangun rumah. Mungkin salah satu konsep tersebut cocok untuk kamu terapkan pada gaya hunian yang sedang kamu bangun.

Yuk, cek inspirasi di bawah ini dan tiru desainnya! Agar keluarga juga makin nyaman tinggal di rumah dengan desain ala Korea. Selamat membaca!

1. Rumah Panggung dengan Batu Bata

Apabila kamu mencari inspirasi rumah tradisional yang memadukan konsep rumah hanok sederhana, mungkin model rumah satu ini bisa kamu jadikan referensi.

Rumah hanok merupakan rumah tradisional khas Korea yang digunakan ratusan tahun lalu. Namun, menambahkan aksen batu bata pada panggung membuat desain rumah ala Korea satu ini terlihat modern dan minimalis. Terlebih, penggunaan aksen kayu dan jendela membuat konsep rumah ini terlihat hangat dan menarik dengan ruang yang tampak luas.

Untuk rumah minimalis yang kontemporer ini, kamu bisa menggunakan perabotan yang terbuat dari kayu serta menggunakan warna putih sebagai warna dinding rumah agar semakin terlihat seperti rumah Korea minimalis.

Sebelum membangun rumah ala Korea satu ini, pastikan kamu memilih bahan bangunan yang tepat. Khususnya untuk bagian panggung, pilih bahan bangunan yang kuat dalam menopang rumahmu.



2. Desain Rumah ala Korea Minimalis dengan Rubanah

Apakah kalian masih ingat dengan film Parasite (2019)? Di film tersebut, rumah yang ditampilkan mampu menarik perhatian karena desain dan interiornya yang unik. Ternyata, rumah ala Korea satu bisa kamu jadikan referensi loh apabila kamu berniat memiliki rumah dengan ruang bawah tanah.

Rumah ini memiliki bentuk atap datar yang minimalis. Selain itu, rumah korea satu ini juga dikelilingi pintu kaca dan jendela berukuran besar, ditambah dengan interior rumah yang modern. Ruang bawah tanah yang ada di rumah ini sendiri bisa kalian manfaatkan sebagai garasi rumah atau tempat penyimpanan jika diperlukan.

Menggunakan furnitur berwarna putih bisa menjadi aksen yang menarik dalam membangun rumah Korea satu ini. Penggunaan dinding warna putih khas ala Korea membuat rumah ini tampak estetik seperti di dalam drama Korea. Selain itu, suasana yang ada di rumah dengan desain seperti ini juga memiliki kesan hangat berkat adanya pencahayaan yang alami.

 

3. Desain Rumah ala Korea dari Kayu yang Asri

Apabila kamu ingin rumah Korea yang asri dan terlihat minimalis, rumah satu ini bisa kamu jadikan pilihan inspirasi. Rumah ini didominasi dengan bahan kayu dengan warna natural, sehingga nuansa alam sangat terasa di hunian ini.

Walau terlihat sederhana, suasana pada konsep rumah ini terlihat makin asri dengan adanya penggunaan jendela yang tinggi dan besar, membuat pencahayaan alami dapat masuk ke dalam rumah.

Selain itu, rumah ala Korea minimalis ini cocok dipadukan dengan furnitur berbahan kayu dan lantai kayu yang khas seperti rumah-rumah di Korea Selatan pada umumnya. Penggunaan material kayu sebagai lantai rumah juga memberi kesan hangat pada tempat tinggal sehingga cocok digunakan untuk konsep hunian di tempat yang sejuk.


4. Konsep Rumah Korea Minimalis Kecil dengan Dua Lantai

Memiliki tanah dengan luas yang terbatas? Konsep hunian satu ini mungkin bisa kamu jadikan inspirasi pilihan dalam memanfaatkan ruang yang ada. Beberapa kota di Korea Selatan memiliki luas wilayah yang terbatas, keterbatasan tersebut juga dirasakan sebagian masyarakat dalam membuat rumah.

Salah satu cara masyarakat Korea Selatan dalam memanfaatkan tanah yang terbatas adalah dengan membangun hunian kecil dua lantai. Walau terlihat kecil, ternyata kamu bisa mengatur interior dalam rumah agar ruang bisa dimanfaatkan menjadi lebih banyak.

Tidak hanya itu, tempat tinggal seperti ini juga memiliki kesan yang minimalis khas Korea Selatan. Oleh karena itu, walau terlihat sederhana, hunian ini masih tetap terlihat estetik apabila dimanfaatkan dengan cara yang tepat.

 

5. Rumah Minimalis Open House

Jika kamu sedang memikirkan hunian yang minimalis, tetapi terlihat mewah, rumah satu ini bisa jadi opsi buat kamu. Model hunian ini sering kita temui di berbagai drama Korea sebagai tempat tinggal dari karakter yang memiliki latar belakang dari keluarga kaya.

Dengan menggunakan banyak material kaca, rumah ini mendapatkan pencahayaan alami dan sirkulasi udara yang baik sehingga tentunya menghemat listrik. Selain itu, hunian ini juga terlihat mewah dengan penggunaan kaca sebagai material utama dan bentuk rumah yang terkesan tegas. Tidak hanya itu, rumah ini juga terlihat luas dan lapang.

Dalam membangun hunian ini, sangat direkomendasikan untuk memilih aksen kayu pada dinding maupun lantai untuk menonjolkan kesan mewah pada rumah. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan furnitur berwarna gelap yang serasi dengan warna lantai kayu untuk menambah keindahan hunian. Tertarik untuk membangunnya?


Tips Membangun Rumah ala Korea

Pada saat membangun rumah Korea, ada beberapa aspek yang perlu kamu perhatikan agar rumahmu semakin indah dan nyaman. Ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar rumah yang kamu bangun tidak hanya sederhana, tetapi terlihat cantik dan nyaman bagi keluarga.

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah pemilihan furnitur yang tepat. Dengan memilih furnitur yang tepat, akan membuat rumahmu semakin tampak cantik. Selain itu, kamu juga perlu menentukan material utama penyusun rumahmu nanti dan pertimbangkan juga kondisi maupun iklim di wilayah tersebut.

Ingin memiliki rumah Korea yang minimalis? Kamu dapat mengunjungi website BTN Properti untuk mengetahui lebih lanjut mengenai rumah dan program KPR yang ditawarkan. Klik link ini untuk menjelajahi website BTN Properti.


 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua