Spinner Icon

10 Ide Desain Rumah Minimalis

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 26 Juli 2022
Table of Contents:
  • Prinsip Minimalis
  • Apa itu Rumah Minimalis?
  • Manfaat Ruang Minimalis
  • Ciri-Ciri Rumah Minimalis
  • 1.   Kesederhanaan dalam Bentuk dan Fungsi
  • 2.   Cladding & Finishing Dinding yang Tidak Rumit
  • 3.   Minimnya pembatas dan sekat ruangan
  • 4.   Semua desain sederhana dan modern
  • 5.   Desain eksterior yang simpel dan elegan
  • 6.   Ruang terbuka yang bersih penuh cahaya
  • 10 Ide Desain Rumah Minimalis
  • Kesimpulan


Source: arsitag.com/Sense Isle Studio

Source: arsitag.com/Sense Isle Studio

Tren desain rumah minimalis kian populer untuk milenial yang sedang merencanakan rumah impiannya.

Arsitektur minimalis adalah tentang mencapai desain yang lebih baik melalui kesederhanaan-kesederhanaan bentuk, ruang, materialitas, detail, dan warna. Desain minimalis juga menunjukkan pengekangan dan pengupasan yang cermat dan pengeditan ruang untuk mendapatkan tempat yang jelas.

Mengingat harga rumah minimalis yang tidak terlalu mahal, maka tidak heran jika saat ini banyak orang yang mencari dan ingin mendapatkan rumah idaman sederhana. Apalagi bagi keluarga muda yang baru saja menikah dan ingin memiliki rumah, rumah minimalis sederhana sangat cocok untuk dimiliki.

Rumah minimalis memang memberikan kesan yang modern, bersih, tetapi tetap sederhana. Meski memerlukan keahlian khusus, kamu bisa meniru denah rumah minimalis yang sudah tersedia untuk merancang bangunan rumah impian.

Prinsip Minimalis

Sebelum kita membahas mengenai rumah minimalis, mari pahami konsep minimalis terlebih dahulu.

Filosofi minimalis, yang menekankan meminimalkan hal-hal ke bentuknya yang paling sederhana, sekarang dipahami secara luas. Ini dapat digunakan dalam berbagai pengaturan, termasuk seni dan teater, gaya hidup, serta arsitektur dan desain interior. Desain minimalis terkait dengan desain interior modern karena fokus menggunakan kebutuhan minimal untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan rapi.

Apa itu Rumah Minimalis?

Sesuai dengan namanya, rumah minimalis adalah rumah yang dibangun dengan jenis material dan bangunan dengan harga seminimalis mungkin. Walaupun dengan budget minimalis dapat menghasilkan desain rumah yang nyaman dan menarik secara estetika.

Biasanya rumah dengan desain minimalis akan terlihat polos dan tidak banyak ornamen yang menempel, kecuali jika ornamen tersebut pada dasarnya memiliki fungsi tertentu untuk rumah itu sendiri.

Dengan kata lain, setiap desain rumah minimalis selalu memiliki fungsi tertentu, sehingga kita tidak perlu khawatir boros pemakaian bahan bangunanmanfaatnya adalah kamu dapat menghemat uang sekaligus mendapatkan rumah yang nyaman.

Manfaat Ruang Minimalis

Ide ruang yang rapi dan bersih adalah inspirasi di balik populernya pendukung desain minimalis. Ruang minimalis semakin berguna ketika seseorang mulai fokus pada hal-hal penting dan nilai pribadi. Hal ini akan memiliki efek menenangkan untuk tinggal di ruang yang dirancang dengan baik dan rapi. Dengan desain tempat penyimpanan atau storage yang tertutup dan tidak secara langsung terekspos, arsitektur dan interior dapat menjadi rapi - memberikan suasana yang tenang sebagai ruang hidup.

Ciri-Ciri Rumah Minimalis

Ciri-ciri rumah idaman minimalis sederhana meliputi:

1.   Kesederhanaan dalam Bentuk dan Fungsi

Banyak rumah minimalis memiliki tata letak denah yang sederhana, lugas, efisien dengan volume ruang yang bertumpuk. Hal ini menciptakan kejelasan dalam rencana, di mana ruang dapat diprediksi dan tidak rumit. Bentuk sederhana, denah lantai terbuka, dinding interior minimal, area penyimpanan sederhana, dan penekanan pada pemandangan dan cahaya merupakan karakteristik dari banyak denah rumah minimalis.

Ventilasi yang tidak rumit untuk pintu dan jendela menonjolkan fasad. Secara keseluruhan, desain rumah minimalis menghindari banyak seluk beluk, lekukan yang rumit, atau sudut. Profil atap yang sederhana juga menjadi ciri khas rumah minimalis.

2.   Cladding & Finishing Dinding yang Tidak Rumit

Menggunakan bahan sederhana dapat dengan mudah memberikan daya tarik visual dan artikulasi dengan mengekspresikan karakteristik fisik bahan dan teksturnya. Dinding juga menjadi alternatif penghias rumah dengan desain minimalis. Menggantung pajangan di dinding dengan susunan simetris akan membuatnya terlihat rapi.

Sebaliknya, menggantung pajangan di dinding dalam susunan acak dapat menciptakan kesan yang lebih dinamis dan kreatif. Kamu bebas menentukan penataan pajangan sesuai keinginan karena sama-sama mempercantik dekorasi rumah minimalis.

Namun tetap harus memperhatikan kerapian, jangan terlalu padat, rapat, dan pada akhirnya rumit.

3.   Minimnya pembatas dan sekat ruangan

Untuk memberikan kesan yang terbuka, rumah minimalis memiliki gaya minim sekat dengan konsep open floor plan pada mayoritasnya. Minimnya sekat juga membuat gaya rumah menjadi lebih luas dan terbuka. Pembatas atau sekat ruangan yang digunakan dalam konsep rumah minimalis bukan menggunakan dinding, melainkan dengan furniture atau perabotan. Pembatas ruangan yang ada biasanya hanya untuk membatasi ruang seperti kamar mandi dan kamar tidur.

4.   Semua desain sederhana dan modern

Seperti namanya, rumah minimalis sederhana memiliki desain minimalis, namun tetap memiliki gaya modern. Model minimalis bisa diartikan sebagai tempat penyimpanan yang simpel dan efisien, dinding interior yang sederhana, dan masih banyak lagi. Desain yang menarik dari rumah minimalis minimalis adalah kelenturan penglihatan, sehingga penghuninya tidak akan bosan jika tinggal di rumah modern sederhana.

5.   Desain eksterior yang simpel dan elegan

Saat membeli rumah, tentunya kita sangat ingin memiliki eksterior yang simpel dari rumah itu sendiri. Dengan kata lain, penampilan luar bisa membuat seseorang tertarik untuk membeli rumah. Nah, eksterior rumah minimalis sederhana bisa dikatakan selain sederhana namun juga elegan. Dekorasi sederhana ini biasanya terlihat dari warna cat yang terlihat bersih dan netral, seperti abu-abu, putih, dan sejenisnya. Selain itu, eksterior rumah minimalis sederhana biasanya memiliki tempat parkir, sehingga menambah nilai lebih modern pada rumah.

6.   Ruang terbuka yang bersih penuh cahaya

Pencahayaan menjadi hal yang sangat berpengaruh pada ruangan, beberapa di antaranya adalah untuk menciptakan ilusi ruang yang lebih luas dan memberikan kenyamanan bagi penghuninya.

Desain rumah minimalis biasanya memanfaatkan sinar matahari agar terlihat dengan jendela besar dan lebar dimana cahaya membuat ruang lebih luas dan bahkan tidak lembab.

Penggunaan jendela akan menjadi sangat optimal agar cahaya masuk sebanyak mungkin. Selain itu, ventilasi juga dimanfaatkan dengan tepat agar tidak hanya cahaya yang masuk, tetapi udara juga tetap bisa masuk melaluinya.

 

10 Ide Desain Rumah Minimalis

Di bawah ini kita akan melihat 10 ide desain rumah minimalis yang bisa menginspirasi kamu.

Di bawah ini kita akan melihat 10 ide desain rumah minimalis yang bisa menginspirasi kamu.

  1. Rumah Minimalis Atap Miring dengan Mezzanine

Source: arsitag.com/Narendra Karya

Desain pertama yang mulai banyak digunakan sebagai rumah minimalis memiliki desain atap miring dengan mezzanine. Contoh desain di atas merupakan salah satu contoh pembangunan eksterior rumah yang mendetail, atap miring dengan mezzanine dipadukan dengan beton expose dengan luasan bangunan rumah 200m2.

2. Desain rumah minimalis 2 lantai

Source: arsitag.com/Mahapena partner

Desain di atas merupakan ide jika kamu menginginkan variasi tekstur dan material untuk rumah. Dengan tetap mengedepankan prinsip minimalis, yaitu perpaduan warna netral, kamu bisa mendapatkan hasil rumah dengan ruang optimal.

3. Rumah Minimalis Kontemporer

    Source: arsitag.com/Suba Arch Studio

Kamu termasuk tipe yang tidak suka rumah bertingkat? Rumah satu lantai pun bisa menjadi pilihan nyaman dan elegan. Desain minimalis kontemporer bisa memberikan kesan mewah tanpa berlebihan sekaligus kekinian. Rumah yang didesain oleh Suba Arch Studio ini memiliki carport, taman depan, teras, ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dapur, 4 kamar tidur, teras belakang, kamar mandi dalam, kamar mandi luar, gudang, ruang cuci dan jemur.

4. Desain Rumah Minimalis Modern 3 Lantai

    Source: arsitag.com/Sinan Arsitek

Desain rumah minimalis tidak berarti tidak bisa memberikan kesan mewah. Terlebih jika kamu menginginkan rumah bertingkat untuk keluarga besar. Salah satu desain oleh Sinan Arsitek di Arsitag ini menunjukkan hal tersebut. Desain rumah minimalis modern 3 lantai dengan luas tanah 70m2 saja dapat memberikan kesan elegan. Dilengkapi dengan 4 kamar tidur, 2 kamar mandi dalam, 3 kamar mandi luar, ruang tamu, 3 ruang keluarga, dapur, dan ruang makan, keseluruhan luas bangunan rumah di atas mencapai 174m2.

5. Desain modern minimalis dengan kolam renang

    Source: arsitag.com/Sinan Arsitek

Konsep ruang terbuka dapat kamu rasakan dengan adanya kolam renang. Untuk kamu milenial yang berencana untuk membangun rumah minimalis tetapi dengan fitur yang lebih mewah, desain rumah dengan kolam renang di atas ini bisa jadi motivasi kamu untuk menabung. kamu bisa merasakan udara segar dari dalam rumah, sekaligus mendapatkan kesan minimalis dengan tata letak yang terbuka.

6. Rumah Modern Minimalis dengan Banyak Jendela

    Source: Arsitag.com/Emaaz desain

Mengoptimalkan pencahayaan adalah salah satu ciri rumah minimalis. Penggunaan banyak jendela dapat memastikan optimasi ventilasi, juga jumlah cahaya yang masuk ke rumah kamu.

7. Rumah minimalis modern 2 lantai dengan garasi

    Source: arsitag.com/Arsikon

Ingin rumah yang bisa menyimpan 2 mobil? kamu bisa melihat gambar di atas sebagai inspirasi. Desain rumah minimalis 2 lantai dengan garasi dalam bisa jadi pilihan untuk kamu yang memiliki lebih dari 1 kendaraan. Tetap menggunakan warna dan tekstur minimal, kamu tetap bisa mendapatkan kesan rumah minimalis, modern, dan glamor.

8. Rumah minimalis tipe 36

    Source: arsitag.com/Purnama Design And Build

Memiliki luas tanah terbatas bukan penghalang untuk membangun rumah minimalis. Desain dan denah yang compact di atas bisa jadi ide untuk kamu yang memiliki lahan terbatas untuk membangun.

9. Rumah minimalis 1 lantai tipe 72

    Source: arsitag.com/bikinrumah.id

Konsep minimalis dengan luas tanah 72m2 ini tetap memberikan kesan kekinian dan elegan meskipun hanya 1 lantai. Poin utamanya dapat terlihat dari furniture yang netral dan sederhana.

10. Rumah minimalis netral abu-abu

    Source: arsitag/Arsi Tech

Menggunakan warna netral dengan tone senada. Rumah seperti ini bisa kamu padukan dengan tekstur kayu dan warna putih, hitam, dan coklat. Didukung dengan beberapa detil lighting pada eksterior, tampilan minimalis modern bisa membuat rumah impian kamu terkesan mewah.

 

Kesimpulan

Desain rumah eksterior minimalis modern bertujuan untuk menghasilkan rumah yang tidak rumit secara visual, memberikan kenyamanan dan ketenangan pikiran selama kamu tinggal, untuk tahun-tahun yang akan datang. Komponen visual seperti garis horizontal dan vertikal geometris yang bersih, keseragaman, kedalaman, asimetri, dan warna semuanya berkontribusi terhadap eksterior rumah minimalis. Namun, elemen fungsional berkualitas tinggi, seperti pondasi, juga penting untuk menciptakan rumah minimalis dan rendah stres.

Ingin rumah minimalis, modern, kontemporer, maupun mewah, kamu bisa mewujudkannya bersama BTN. Cek di sini untuk mencari rumah impian kamu dan ajukan KPR di BTN Properti untuk mendapatkan penawaran KPR menarik, seperti bebas provisi dan administrasi hingga 30 September 2022.

 

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua