Spinner Icon

Rumah Sejuk Tanpa AC? Ini Dia Cara yang Harus Kamu Tahu!

Author Image
Admin BIT
Info Terbaru · 11 Desember 2020
Table of Contents:

Rumah Sejuk Tanpa AC bisa diwujudkan untuk hunian kamu dengan berbagai cara. Salah satunya dengan mengatur penggunaan jendela pada setiap ruangan. Jendela menjadi tempat ventilasi udara yang baik agar udara masuk ke dalam rumah. Tentunya dengan bantuan ventilasi udara yang baik sehingga debu dan kotoran tidak mudah masuk ke rumahmu. Namun, tidak hanya keberadaan ventilasi udara saja yang dapat membantu kelancaran sirkulasi udara yang masuk. Ruangan dan perabot juga mempengaruhi sistem sirkulasi udara, seperti terlalu banyak barang atau ruangan yang sempit. Hal ini akan menjadi penghalang jalannya sirkulasi udara dengan baik.

Mengingat penggunaan AC cenderung mahal dan malah menambah biaya pengeluaran. Belum lagi daya listrik yang tinggi akan membuat beban listrik kian membengkak. Apalagi jika penggunaan AC terlalu berlebihan dan secara terus-menerus. Berikut ini ada beberapa tips agar Rumah Sejuk Tanpa AC bisa segera diterapkan sehingga kamu bisa hemat listrik dan nyaman tinggal di rumah.


Rumah Sejuk Tanpa AC dengan Menggunakan Kipas Angin


(Shutterstock)

Agar menghemat biaya, kamu bisa mengganti penggunaan AC atau Air Conditioner dengan kipas angin. Ada banyak pilihan jenis kipas angin mulai yang dipasang di dinding, diletakkan di meja, di plafon, hingga kipas angin dengan tiang yang tinggi. Untuk membuat Rumah Sejuk Tanpa AC dan terasa lebih dingin, kamu bisa memasang kipas angin pada beberapa tempat agar ruangan dapat sejuk merata. Penggunaan kipas selain dapat menghemat biaya listrik sekaligus dapat mempercantik ruangan. Contohnya dengan pemilihan kipas angin pada plafon dengan desain yang mewah dan beragam.

 

Rumah Sejuk Tanpa AC dengan Memaksimalkan Fungsi Jendela


(Shutterstock)

Penggunaan jendela pada hunian sangat berguna untuk membuat Rumah Sejuk Tanpa AC terasa alami. Jendela bisa dibuka dan ditutup sesuai kondisi cuaca yang sedang terjadi. Jika cuaca sedang panas sebaiknya menutup tirai dan gorden agar cahaya matahari tidak langsung masuk ke dalam ruangan. Motif tirai dan Gorden Jendela dapat disesuaikan dengan desain interior rumah agar semakin menarik.

Pilih juga tirai yang berbahan dasar tipis karena aliran udara dari luar ke dalam akan lancar dan tidak menimbulkan pengap. Kamu bisa membuka jendela pada siang ataupun malam hari guna membantu kelancaran sirkulasi udara di rumah.

Agar tetap cantik kamu bisa menambahkan tanaman hias sebagai dekorasi sekaligus penyegar ruangan supaya sejuk. Tanaman akan membantu menghasilkan oksigen yang membuat ruangan lebih sejuk alami dan rumah lebih sehat.


Rumah Sejuk Tanpa AC? Coba untuk Hindari Penggunaan Banyak Perabot


(Shutterstock)

Furnitur dan perabot di rumah memang akan menampilkan kesan manis pada ruangan. Namun, jika terlalu banyak perabot di ruangan bisa menjadi penyebab terhambatnya sirkulasi udara. Ruangan yang sempit dengan banyak perabot akan menyulitkan udara keluar dan malah tersendat di ruangan tersebut. Untuk itu disarankan untuk melakukan penataan ulang di setiap ruangan dengan mengurangi pemakaian perabot agar tidak terlalu banyak. Hal ini dilakukan agar udara bisa masuk dan keluar dengan lancar. Selain itu dengan ruangan yang terorganisir dengan baik akan menjadikan bebas dalam bergerak. Rumah Sejuk Tanpa AC pun dapat dinikmati dengan ruangan yang tampak lapang dan tersusun rapi.


Batasi Penggunaan Peralatan Elektronik Agar Rumah Sejuk Tanpa AC


(Shutterstock)

Rumah Sejuk Tanpa AC dapat dilakukan dengan membatasi penggunaan alat elektronik secara berlebihan. Sebab, peralatan elektronik bisa mengeluarkan suhu panas. Pastikan matikan lampu jika tidak digunakan serta alat eletronik lainnya seperti televisi, komputer, dan charger ponsel yang menempel pada stop kontak. Alat-alat tersebut merupakan benda elektronik yang paling besar mengeluarkan panas dan memicu peningkatan suhu di dalam rumah. Biasakan untuk membatasi pemakaian alat elektronik agar Rumah Sejuk Tanpa AC bisa dirasakan dan bisa berhemat pengeluaran.

Setelah membaca penjelasan di atas, langkah mana yang pertama kali akan kamu lakukan untuk mewujudkan Rumah Sejuk Tanpa AC? Hal tersebut dapat dilakukan secara bersamaan agar tercipta suasana sejuk alami dan asri. 

 

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua