Spinner Icon

Rumah Susun Solusi Atasi Keterbatasan Lahan Perkotaan

Author Image
Berita Terkini · 28 Desember 2016
Bisnis.com, JAKARTA—Peremajaan kota atau urban renewal dengan konsep pengembangan hunian vertikal perlu mendapat perhatian serius dari pemerintah daerah sebagai arah pengembangan kota masa depan.


Hal ini untuk mengatasi masalah keterbatasan lahan perkotaan untuk perumahan.


Direktur Utama PT Agung Podomoro Land Tbk. Cosmas Batubara mengatakan, peremajaan kota merupakan upaya mengganti sebagian atau seluruh unsur-unsur lama perkotaan dengan unsur-unsur baru untuk meningkatkan vitalitas dan kualitas lingkungan.


Nantinya, kawasan tersebut akan memberikan kontribusi yang lebih baik bagi kota secara keseluruhan. Hal tersebut merupakan solusi untuk mengatasi kekurangan lahan di perkotaan yang saat ini semakin nyata seiring tingkat urbanisasi yang semakin tinggi.


Cosmas mengatakan, membangun rumah susun atau apartemen merupakan salah satu bentuk implementasi konsep pemeremajaan kota.


“Karena terbatasnya lahan di kota-kota besar, pemerintah daerah harus membangun rumah susun atau apartemen,” ungkap mantan Menteri Perumahan Rakyat ini dalam siaran pers, Selasa (27/12/2016).


Akan tetapi, kultur sebagian besar masyarakat Indonesia masih lebih nyaman hidup di rumah tapak. Oleh karena itu, dia mengusulkan pemerintah dan pengembang untuk melakukan edukasi kepada genarasi muda agar siap hidup di lingkungan apartemen.


Cosmas mengatakan, pengadaan perumahan rakyat merupakan salah satu amanat utama yang tercantum dalam Undang-undang Dasar 1945. Dari sejak kabinet pertama republik hingga Kabinet Kerja dibawah Presiden Joko Widodo saat ini, sektor perumahan menjadi prioritas.


Dirinya mengapresiasi program pengadaan satu juta rumah dari Presiden Joko Widodo yang telah diluncurkan pada 2015 untuk memenuhi program nasional pengadaan kebutuhan 15 juta rumah.


Presiden Joko Widodo, menurut Cosmas, juga telah mengeluarkan sejumlah kebijakan untuk mendukung program pengadaan perumahan.


Menurutnya, PT Agung Podomoro Land berupaya untuk terlibat dalam program tersebut dalam proyek-proyek rumah susun atau apartemen untuk mendukung efektivitas pemanfaatan lahan kota.


Hal itu diwujudkan melalui berbagai proyek pengembangan apartemen dengan harga terjangkau seperti superblok Podomoro Golf View (PGV), Cimanggis, yang sedang dikembangkan setelah sebelumnya sukses membangun rusunami Gading Nias Residence dan Kalibata City.


 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua