Spinner Icon

Desain Rumah Terunik di Dunia, Mau Coba Buat?

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 13 Oktober 2022
Table of Contents:
  • Top 10 Rumah Terunik di Dunia
  • 1. The Pole House Australia
  • 2. The Half House Toronto
  • 3. The Flintstones House California
  • 4. Mushroom House Cincinnati
  • 5. The Seashell House Mexico City
  • 6. The Steel House Texas
  • 7. The Keret House Polandia
  • 8. Dumpster Home New York
  • 9. Old Water Tower Belgia
  • 10. Windmill House New York

Dunia ini penuh dengan pikiran kreatif yang mampu mengubah cara kita memandang sesuatu. Bahkan terkait desain dan bentuk rumah. Kita semua menginginkan rumah yang dapat memberikan keamanan dan kehangatan. Namun, ada juga rumah yang sedikit lebih “ekstra” dari segi penampilannya.

Bagi kamu yang sedang mencari inspirasi dalam membangun rumah, mari simak kumpulan rumah terunik di dunia berikut. Siapa tahu kamu juga tertarik untuk membuatnya.


Top 10 Rumah Terunik di Dunia

Berikut sepuluh rumah paling unik atau aneh di dunia yang mungkin membuat kamu memikirkan kembali desain rumahmu!

1. The Pole House, Australia


Sumber: PlansMatter

Pada 1960-an, insinyur arsitektur Frank Dixon menyusun rencana untuk membangun rumah yang akan memaksimalkan beberapa pemandangan pantai terbaik di Victoria. Jadilah Pole House ini yang dibangun di atas tiang beton tinggi di atas Great Ocean Road di Fairhaven. 

Berdiri secara dramatis 40 meter di atas Pantai Fairhaven, dan baru saja direnovasi oleh seorang arsitek ahli, pemandangan dari tempat peristirahatan ikonik ini benar-benar luar biasa. Kamu akan merasa seolah-olah hidup di antara laut dan langit itu sendiri.

Awalnya rumah ini sulit untuk diakses. Untuk mengatasi masalah ini, para arsitek juga membangun jembatan sempit yang menghubungkan rumah dengan lereng bukit.


2. The Half House, Toronto


Sumber: vikpahwa.com

Tidak, kamu tidak sedang bermimpi dan ini bukanlah photoshop! Bangunan di 54½ Saint Patrick Street, Toronto ini adalah setengah rumah. Dibangun sekitar akhir abad ke-19 pada era Victoria di tengah kota Toronto.

Rumah itu adalah salah satu dari enam rumah yang identik dan terhubung di tempat yang saat itu disebut Dummer Street, dan diberi nomor seperti ini: 52½, 54, 54½, 56, 58, dan 60.

Waktu berlalu, nama-nama jalan berubah, dan sebuah perusahaan pemilikan tanah mulai membeli properti di seluruh lingkungan itu di pertengahan abad ke-20. Akhirnya, pemilik rumah petak menyerah, tetapi tidak sebagai satu kesatuan. Setiap setengah dari keseluruhan rumah petak diruntuhkan dengan kecepatan yang sangat lambat, hingga 54½ yang tersisa.

Saat ini, bangunan itu masih milik pribadi dan kosong. Pejabat kota mengkonfirmasi dengan surat kabar lokal bahwa pembongkaran rumah semi-terpisah masih dapat dilakukan asalkan terdapat izin resmi.


3. The Flintstones House, California


Sumber: gannett-cdn.com

Rumah selanjutnya adalah rumah yang terinspirasi oleh budaya pop, merupakan replika rumah milik keluarga Flintstones dari acara kartun populer tahun 60-an. Dibangun oleh arsitek William Nicholson, Flintstones House di California adalah replika nyata dari rumah Fred Flintstone. Rumah ini dimiliki oleh pengusaha wanita Florence Fang, dia mendesain kediamannya dengan karakter yang terinspirasi dari Flintstones - Mrs. Flintstone.


4. Mushroom House, Cincinnati


Sumber: ohiomagazine

Di lingkungan Hyde Park Cincinnati terletak sebuah bangunan yang tampak seperti gambar dari buku cerita anak-anak. Ini adalah rumah jamur Ohio yang juga dikenal sebagai rumah pohon.

Dibangun oleh Terry Brown, bangunan ini menandai kejeniusan dan kreativitas arsitek yang hebat. Rumah ini membutuhkan waktu lebih dari satu dekade untuk dibuatkonstruksi dimulai pada tahun 1992 dan berakhir pada tahun 2006.

Bangunannya sendiri adalah rumah dengan satu kamar tidur sederhana. Fitur yang paling menonjol adalah langit-langit tembaga dan pintu masuk spiral orange.

Sayangnya Brown meninggal pada tahun 2008, tetapi Mushroom House tetap menjadi landmark yang dicintai di lingkungan tersebut, dan tampaknya tidak akan dihancurkan dalam waktu dekat.

 

5. The Seashell House, Mexico City


Sumber: randomwhispers.com 

Terinspirasi oleh karya Antoni Gaudi dan Frank Lloyd Wright, arsitek di Arquitectura Organica menciptakan rumah besar berbentuk kerang untuk keluarga beranggotakan empat orang di Mexico City.

Daripada tempat tinggal persegi tua yang membosankan, mereka sekarang tinggal di dalam cangkang moluska. Menggunakan teknik yang disebut konstruksi ferrocement, kerangka kawat yang diperkuat baja dilapisi dengan beton, memungkinkan lengkungan alami yang membulat. Ratusan jendela kaca patri kecil berwarna pelangi berjajar di langit-langit dan dinding rumah itu.

 

6. The Steel House, Texas


Sumber: doublestonesteel.com

Robert Bruno membangun rumah ini selama 23 tahun. Awalnya rumah ini dimaksudkan untuk menjadi bangunan satu lantai, tetapi dia terus menambahkan bagian-bagiannya, dan sekarang menjadi bangunan besar yang memiliki 3 tingkat terpisah.

Rumah (yang tidak pernah selesai) ini memiliki bentuk yang sangat tidak biasa yang dapat diartikan dalam banyak cara yang berbeda. Beberapa menganggapnya menyerupai UFO, yang lain berpikir itu lebih mirip serangga besar dan ada juga yang membandingkannya dengan Star Wars AT-AT Walker.

 

7. The Keret House, Polandia


Sumber: insider.com

Kamu mungkin tahu bangunan ini sebagai rumah tertipis di dunia dengan ukuran 122 cm pada titik terlebarnya. Keret House membanggakan visi nol pemborosan yang berkaitan dengan ruang hidup perumahan perkotaan. Rumah ini dapat ditemukan di Warsawa, Polandia, terjepit di antara dua bangunan yang ada.

Proyek ini dimulai dengan ide yang pertama kali dipresentasikan oleh arsitek Jakub Szczesny di festival WolaArt pada tahun 2009. Tiga tahun kemudian, ide itu diwujudkan ke dalam instalasi ini yang akan berfungsi sebagai rumah sementara bagi para penulis keliling. Struktur semi-transparan bertingkat ini sebenarnya tidak memiliki jendela. Ini mungkin terdengar sangat menakutkan bagi yang klaustrofobia.

 

8. Dumpster Home, New York


Sumber: untappedcities.com 

Gregory Kloehn, seorang desainer dari California, mengubah tempat sampah tua menjadi rumah untuk dirinya sendiri. Meskipun ukurannya kecil, dia memiliki semua yang dibutuhkan untuk tinggal di rumah itu. Kloehn punya beberapa ruang penyimpanan, oven microwave, lemari es, dan bahkan toilet. Namun, ini bukan rumah permanen. Rumah itu bisa dipenuhi dengan air atau mungkin tertiup angin ketika cuaca buruk. Dan terasa terlalu menyesakkan juga.


9. Old Water Tower, Belgia


Sumber: cdn.trendir.com 

Sebuah menara air tua di Belgia, yang dikenal sebagai Chateau d'eau diubah menjadi rumah yang layak huni. Dulu, air bukan satu-satunya yang disimpan menara ini. Bangunan ini juga digunakan sebagai tempat persembunyian Nazi selama Perang Dunia Kedua.

Bagi perusahaan Desain Belgia, Bham Design Studio, restorasi lebih dari sekadar pelestarian. Arsitek Mauro Brigham mengubah menara air setinggi 30 meter berusia 60 tahun ini menjadi rumah modern paling mewah bersama timnya.

Rumah ini kini dilengkapi dengan teknologi IT terbaru, otomatisasi, sound system, pengaturan suhu, dan banyak lagi. Sebuah tangga spiral yang apik membentang di sepanjang bagian tengah, menghubungkan semua lantai menjadi satu. Lalu ada juga dapur, area duduk, kamar tidur, dan banyak lagi.

 

10. Windmill House, New York


Sumber: pinimg.com

 Rumah unik selanjutnya berbentuk kincir angin milik salah satu aktor terkenal. Ya, rumah ini milik Robert Downey Jr. Rumah yang terletak di Hamptons ini dibangun pada tahun 1885 menyerupai kincir angin, tetapi kincir itu tidak pernah berfungsi.

Rumah RDJ memiliki semuanya: tujuh kamar tidur, sebelas kamar mandi, perpustakaan unik, dan kantor yang terletak di dalam kincir angin. Rumah itu juga memiliki beberapa fitur aneh yang mencakup patung belalang sembah setinggi 15 kaki yang dibuat oleh Andrius Petkus. Karya tersebut ditampilkan di halaman depan. Rumah kincir angin ini tentunya dipenuhi dengan dekorasi warna-warni, karya seni, dan perabotan yang entah bagaimana merangkum kepribadian unik RDJ.


----

Nah, itu dia kumpulan rumah terunik yang ada di dunia. Bagaimana? Apakah kamu ingin tinggal di salah satu rumah tersebut? Setiap rumah ini tentunya memiliki ciri khasnya tersendiri dan kamu bisa mengambil ide dari tiap desain rumah tersebut. 

Ingin memiliki rumah unik impian? Yuk, kunjungi situs web kami untuk mempelajari lebih lanjut program KPR yang ditawarkan.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua