Spinner Icon

Inspirasi Desain Rumah Unik yang Out of the Box

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 27 Desember 2022
Table of Contents:

Semua orang memiliki impiannya masing-masing. Salah satu impian yang pastinya memiliki rumah sendiri suatu hari nanti. Namun, sebelum membangun rumah ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan.

Desain rumah adalah salah satu hal yang harus kamu pertimbangkan saat membangun rumah. Setiap rumah pasti memiliki desain rumah idaman yang sudah dipikirkan sejak lama. Desain rumah ini tentunya ingin kamu terapkan suatu saat nanti ketika membangun rumah idaman.

Dalam artikel ini, akan dibahas beberapa desain rumah unik yang pastinya out of the box. Desain-desain rumah ini menjadi inspirasi ketika membangun rumah idamanmu nanti. Tanpa berlama-lama lagi, yuk simak desain-desain rumah unik berikut ini.

Rumah Transparan

Rumah unik pertama yang akan kita bahas adalah rumah transparan di Jepang. Seperti namanya sendiri, rumah ini dibangun dengan konsep transparan yang seluruh bagiannya terbuat dari kaca. Rumah transparan dibangun oleh arsitek Sou Fujimoto yang merupakan salah satu arsitek terkenal di Jepang.

Rumah transparan terinspirasi oleh gaya hidup kuno para pendahulu manusia yang tinggal di pohon. Dengan desain transparan, rumah ini memungkinkan sinar matahari untuk dapat sepenuhnya masuk ke rumah, tanpa adanya privasi sama sekali.

Rumah tiga lantai ini terdiri dari dinding kaca besar yang memisahkan kamar-kamar dan setiap lantai menjorok keluar seperti cabang, layaknya pohon. Setiap ruangan di rumah ini sepenuhnya dapat dilihat dari luar oleh orang yang lewat dan tetangga. Namun, meskipun memiliki desain yang tidak biasa, tempat ini memberikan daya tarik yang sangat estetik.

Rumah dengan Konsep Go-Green

Tidak hanya dengan melakukan gerakan-gerakan yang mendukung penghijauan, kita juga dapat menerapkan konsep Go-Green untuk mengurangi pemanasan global pada rumah. Contohnya pada W House karya Studio Air Putih di atas yang mengusung konsep Go-Green.

Dengan konsep Go-Green, rumah dibangun dengan mengedepankan kesan ramah dan peduli lingkungan. Setiap elemen arsitektural pada rumah digunakan untuk mendukung penghematan energi.

Selain itu, pada rumah konsep Go-Green digunakan jendela berukuran besar agar memaksimalkan pencahayaan dan sirkulasi udara. Konsep ini juga membuat rumah menjadi lebih sejuk dengan adanya ruang di bawah kantilever, sehingga rumah terasa lebih nyaman.

Rumah Opal dengan Interior Unik


Sumber: Arsitag

Rumah mengandung banyak elemen yang pastinya tersedia untuk mendukung kenyamanan dari penghuninya. Salah satu elemen yang dapat memberikan kenyamanan tersebut adalah interior rumah. Rumah Opal merupakan rumah karya Parama Dharma yang didesain dengan desain interior yang unik.

Pada Rumah Opal, kolam renang tidak hanya didesain sebagai tempat untuk berolahraga. Kolam renang merupakan point of interest dari interior rumah yang memberikan rasa teduh dan keasrian yang didampingi oleh taman minimalis. Rumah Opal memiliki desain yang unik karena dikelilingi air, antara lain kolam renang di taman minimalis, kolam renang berukuran besar di luar rumah, dan kolam ikan yang mengelilingi ruang makan. Unsur air sendiri digunakan sebagai faktor desain utama yang mendatangkan nuansa sejuk, nyaman, dan damai bagi penghuni rumah.

Flexhouse Switzerland


Sumber: architectureartdesigns

Rumah Flexhouse terletak dekat dengan Danau Zurich, Swiss. Rumah ini memiliki struktur kaca yang unik. Struktur kaca ini diapit di antara elemen dengan tekstur ‘pita’ yang memanjang untuk membentuk teras luar ruangan. Dengan eksterior berwarna putih dan bentuk seperti pita, rumah ini terlihat minimalis dan berpenampilan menyerupai kapal futuristik.

Dinding kaca rumah didesain dengan lebar sehingga dapat menyerap banyak cahaya alami di siang hari. Selain itu, rumah ini juga dilengkapi dengan banyak dinding dan sudut yang membulat di dalam rumah, serta eksterior yang pastinya tidak biasa. Rumah dengan luas 173 meter ini dibangun dengan 4 lantai dengan fasilitas yang lengkap.

Desain Rumah Gandeng


Sumber: Arsitag

Nuansa kekeluargaan dari rumah umumnya cukup sering diabaikan oleh banyak orang karena adanya kesibukan sehari-hari yang membuat banyak orang lupa pentingnya rasa kebersamaan itu. Desain rumah unik selanjutnya adalah model Rumah Gandeng karya studioindoNEOsia yang dibangun dengan menghadirkan konsep kebersamaan.

Rumah ini didesain untuk dua keluarga yang hidup bersama, yang pada kasus ini merupakan keluarga kakak beradik. Meskipun mengutamakan kebersamaan antar dua keluarga atau lebih, model Rumah Gandeng juga memperhatikan bagaimana masing-masing keluarga dapat tetap memiliki privasi masing-masing.

Model rumah gandeng terdiri atas 2 lantai. Lantai 1 rumah ini didesain sebagai ruang publik tempat keluarga berkumpul, sedangkan lantai 2 adalah ruang privat. Salah satu fitur lain yang cukup unik dari rumah ini adalah adanya jembatan pada lantai dua yang terbuat dari plat besi dan dinding roster untuk menghubungkan ruang privat antar rumah.

The Dancing House


Sumber: archify.com

Dengan desain yang melengkung-lengkung, rumah unik minimalis yang satu ini memberikan kesan rumah yang modern dan keren. Desain rumah yang dinamis ini adalah gambaran yang diberikan oleh pemilik rumah yang merupakan seorang balerina.

Dancing House menerapkan gerakan tarian balerina yang lihai dan elegan pada rumah. Ciri khas dari rumah unik ini adalah adanya bentuk melengkung diterapkan pada dinding beton yang mengelilingi eksterior rumah.

Konsep Rumah Tradisional

Ketika mendengar kata tradisional, kamu mungkin membayangkan konsep kuno yang ketinggalan zaman. Namun kenyataannya, tradisional bukan berarti kuno dan tidak dapat dipadukan dengan konsep modern. Konsep tradisional sendiri berarti membawa tradisi dan keunikan dari budaya, serta nilai-nilai dari tradisi tersebut. Konsep ini terlihat jelas pada rumah unik tradisional karya Studio Air Putih yang membuat karya arsitek dengan desain tradisional yang disandingi dengan konsep modern.

Rumah Unik yang Pintar


Sumber: Arsitag

Ada saja ide kreatif yang dapat kita terapkan kepada rumah. Salah satu ide kreatif dari desain rumah yang cukup unik adalah AA Residence. Desain minimalis dan modern yang membuat rumah ini unik adalah adanya kontainer yang menjadi bagian rumah.

Pada bagian luar rumah, kamu dapat melihat bagaimana rumah ini didesain dengan teduh dan asri. Dikelilingi oleh pohon weeping willow dan tanaman hias gantung, AA Residence memiliki lanskap rumah yang indah sekaligus asri, dan juga menjadi sumber oksigen di tengah hiruk pikuk perkotaan.

Interior rumah ini juga didesain dengan unik menggunakan elemen-elemen yang ramah lingkungan dan minimalis. Dinding rumah ini didesain dengan batu bata ekspos dan struktur rumah dibiarkan terekspos sehingga menerapkan konsep rumah industrial yang modern dan elegan.

The Twins

Kata ‘twins’ berarti kembar, sehingga rumah ini sendiri memiliki konsep seperti rumah bersaudara yang kembar. Rumah yang bernama The Twins ini terdiri dari 2 massa bangunan yang dibangun untuk 2 keluarga.

Rumah ini didesain khusus sesuai kebutuhan dari pemilik rumah yang terdiri dari 2 keluarga, namun memiliki keterbatasan lahan dan dana untuk membangun rumah. Lalu, bagaimana mungkin rumah dengan 2 massa bangunan mampu dibangun di atas lahan yang terbatas?

Pertanyaan ini dijawab dengan ide kreatif dari arsitek yang membangun rumah The Twins yang berhasil menerapkan desain arsitektur yang minimalis serta bersih dari ornamen. Selain itu, meskipun terdengar kecil dan sederhana, rumah ini didesain dengan dinding beton tanpa finishing sehingga enak dipandang.

Baca juga: Desain Rumah Terunik di Dunia, Mau Coba Buat?


Kesimpulan

Demikian desain-desain rumah unik yang ada di dunia, dari konsep yang aneh hingga lucu, setiap rumah tersebut memiliki keindahannya sendiri-sendiri. Setiap desain rumah memiliki keunikannya masing-masing. Rumah idamanmu juga pasti unik karena merupakan ide dan keinginan kamu sendiri.

Ingin mulai memiliki rumah idamanmu sendiri? BTN dapat menjadi solusi untuk kamu yang ingin memiliki rumah idaman. Kunjungi website kami untuk mengetahui lebih lanjut promo KPR yang ditawarkan.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua