Spinner Icon

Bagaimana Cara Mendesain Saung Depan Rumah? Cek Semua Di Sini

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 5 Januari 2023
Table of Contents:
  • Macam Pilihan Model Gazebo
  • 1. Gazebo dengan Kebun Luas
  • 2. Gazebo Minimalis
  • 3. Gazebo dengan Kolam Ikan
  • 4. Gazebo Elegan atau Klasik
  • 5. Gazebo di Taman Bebatuan
  • 6. Gazebo Atap Ijuk
  • 7. Gazebo Kolam Renang
  • 8. Gazebo Industrial
  • 9. Gazebo Aksen Besi Hollow
  • 10. Gazebo Aksen Kayu
  • Kiat Memilih dan Menghias Gazebo untuk Halaman Rumah
  • 1. Memilih Desain Gazebo Sesuai Kebutuhan
  • 2. Tentukan Ukuran Gazebo
  • 3. Gunakan Aksesoris Menarik
  • 4. Pilih Tumbuhan yang Tepat
  • 5. Penempatan Gazebo pada Area Ideal
  • 6. Suasana Alami di Gazebo
  • 7. Gorden Penutup Gazebo
  • Mulai Rencanakan Gazebo Rumah Kamu

Gazebo adalah bangunan dengan struktur sederhana yang dirancang khusus untuk berteduh dari hujan dan terik matahari. Di desa atau wilayah perkampungan, gazebo atau saung digunakan oleh petani untuk berteduh dari hujan ataupun sengatan terik matahari, umumnya terletak di antara hamparan sawah. Tapi kamu tahu gak, gazebo juga dapat diterapkan sebagai saung di rumah. Desain umumnya sengaja dibuat terbuka sehingga pemiliknya dapat melakukan aktivitas santai sambil menikmati lingkungan sekitar. Bagi kita penikmat udara segar dan suasana alam, memiliki gazebo pasti menjadi impian tersendiri.

Gazebo atau saung mungkin biasa kamu temukan di rumah makan atau perkebunan, tapi kamu juga bisa lho memiliki gazebo sendiri. Gazebo yang kamu gunakan untuk bersantai bersama keluarga, teman, maupun menikmati sore hari sendirian bisa dibuat dengan berbagai desain dan bahan, mulai dari kayu, batu bata, tenda, hingga beton, yang dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

Bentuk gazebo dapat kamu sesuaikan dengan keinginan, seperti segi delapan, lingkaran, persegi dan bentuk lainnya. Tidak jarang desain gazebo dipengaruhi budaya di sekitar daerah tinggal. Misalnya di Bali, gazebo lebih dikenal dengan sebutan bale begong, sedangkan di Jawa dikenal dengan sebutan pendapa.

Untuk memiliki gazebo kamu gak perlu memiliki lahan luas karena ukurannya yang dapat kamu sesuaikan. Semakin tertarik untuk memiliki gazebo di rumah kamu? Mari simak artikel berikut mengenai macam tipe gazebo sebagai inspirasi dan cara memilih gazebo yang cocok untuk rumah kamu.


Macam Pilihan Model Gazebo

Ada beragam model gazebo yang dapat menjadi inspirasi untuk rumah kamu. Tentunya memilih model gazebo dapat kamu sesuaikan dengan tema rumah yang sudah ada. Berikut rekomendasi macam pilihan model gazebo yang dapat menjadi referensi kamu.

1. Gazebo dengan Kebun Luas

Memiliki kebun luas di halaman rumah akan semakin lengkap dengan kehadiran gazebo. Jika kamu memiliki kebun luas, sudah cocok sekali sebagian lahannya digunakan sebagai tempat untuk membangun gazebo. Bukan hanya untuk menikmati waktu bersama keluarga, kamu juga bisa memanfaatkan gazebo untuk melihat pertumbuhan berbagai tanamanmu. Kamu dapat mempertimbangkan menggunakan gazebo dengan atap pagoda untuk menambah kesan mewah.

2. Gazebo Minimalis

Umumnya gazebo ini berbentuk persegi minimalis, dengan pancang kayu yang membuat suasana semakin natural. Gazebo ini cocok bagi rumah yang memiliki gaya minimalis dan minimalis modern. Kamu dapat menambahkan hiasan seperti pot gantung di sekitarnya dan menggunakan warna-warna cerah.

3. Gazebo dengan Kolam Ikan

Jika ingin gazebo dengan gaya berbeda dan memiliki lahan yang cukup untuk kolam, kamu dapat membuat gazebo yang berdampingan langsung dengan kolam ikan. Sembari menikmati suasana halaman rumah, melihat tanaman hijau, kamu bisa menikmati suasana sambil mendengar gemericik air. Kamu juga bisa memberi makan ikan melalui gazebo.

4. Gazebo Elegan atau Klasik

Gaya klasik ini cocok diterapkan pada hunian bergaya minimalis atau klasik. Model gazebo klasik biasanya berbentuk lingkaran, tapi dapat kamu modfikasi juga menjadi bentuk segi lima atau segi enam. Bentuk tersebut membuat gazebo terlihat lebih modern. Model atap gazebo bisa dibuat bertingkat menampilkan unsur elegan layaknya istana atau kastil.

5. Gazebo di Taman Bebatuan

Tak hanya taman dengan jumlah tanaman yang melimpah, gazebo juga bisa dibuat dengan konsep yang dilengkapi unsur bebatuan. Kesan lapang menjadi salah satu ciri dari penempatan gazebo jenis ini. Kamu dapat menggunakan batu alam warna-warni maupun batu bata dengan konsep natural. Menggunakan bebatuan akan menambah kesan sejuk untuk gazebo ini.

Baca juga: Percantik Tamanmu dengan Batu Setapak Taman!

6. Gazebo Atap Ijuk

Halaman belakang rumah yang luas dan terkesan modern bisa diimbangi dengan membangun gazebo berunsur tradisional. Atap ijuk pada gazebo yang kamu bangun bisa jadi pilihan. Dengan ini, unsur modern dan tradisional berjalan beriringan. Kamu bisa pula memasang kasur tipis untuk bersantai.

7. Gazebo Kolam Renang

Jika kamu memiliki kolam renang di rumah, maka membangun gazebo dapat menjadi pilihan menarik untuk membuat area sekitar kolam renang semakin menyenangkan. Bukan hanya di area luas saja, gazebo dan kolam renang berukuran kecil juga cocok untuk memberikan suasana rileks. Adanya gazebo akan membuat suasana istirahat semakin menenangkan.

8. Gazebo Industrial

Hunian dengan gaya industrial cocok disandingkan dengan gazebo bergaya industrial juga. Ciri khas gazebo ini adalah menggunakan elemen dengan material upcycle dan recycle. Umumnya juga memiliki tema unfinished sehingga membuat gazebo semakin menarik dan modern. Gazebo taman ini juga semakin menarik dengan warna-warna khas industrial yang menggunakan warna-warna monokrom seperti hitam, abu-abu atau putih.

9. Gazebo Aksen Besi Hollow

Material logam seperti besi hollow dapat kamu manfaatkan untuk membangun gazebo rumah. Besi hollow dapat disusun sedemikian rupa sehingga membentuk corak atau ornamen tertentu yang dapat menambah nilai keindahan pada dinding gazebo kamu. Pilihan lainnya, kamu bisa menerapkan besi hollow untuk membangun bagian atap dengan gaya yang modern.

10. Gazebo Aksen Kayu

Menggunakan aksen kayu pada gazebo tidak melulu akan terlihat kuno. Jika kamu mengkombinasikannya dengan beton, akan tercipta aksen modern yang membuat gazebo terlihat unik dan menarik. Atap dapat dibuat dengan menyusun kayu secara sejajar. Tiang gazebo dibentuk layaknya pilar ala Yunani, tetapi tetap terlihat modern karena atapnya tersebut. Jika masih memiliki area yang luas, kamu bisa menambahkan sofa panjang pada gazebo membuat gazebo semakin nyaman.

Baca juga: Perhatikan 7 Hal Ini Saat Membangun Halaman Rumah Minimalis


Kiat Memilih dan Menghias Gazebo untuk Halaman Rumah

Setelah melihat ragam model gazebo yang dapat kamu terapkan di rumah, selanjutnya adalah membuat perencanaan pembuatan gazebo yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginanmu. Berikut beberapa poin penting yang dapat kamu perhatikan dalam proses pembuatan gazebo.

1. Memilih Desain Gazebo Sesuai Kebutuhan

Ada berbagai alasan kenapa gazebo dibangun di sekitar rumah. Jika di beberapa daerah gazebo dipakai untuk kegiatan sosialisasi bersama warga sekitarnya ataupun kegiatan keagamaan, kamu juga bisa membuat gazebo sesuai kebutuhanmu dan kondisi sekitar rumah sehingga dapat ditentukan bahan yang tepat. Hal ini juga dapat kamu konsultasikan dengan jasa pembuat gazebo.

2. Tentukan Ukuran Gazebo

Gazebo paling ideal umumnya mengambil 1/5 dari luas taman atau lahan taman, dengan ukuran 2x2 meter. Ukuran tersebut dapat berubah menyesuaikan dengan lahan rumah kamu yang tersedia. Menentukan ukuran gazebo akan membuat perencanaan tata letak lebih mudah sehingga kamu dapat menentukan budget dari mulai pembangunan hingga selesai dengan cukup akurat.

3. Gunakan Aksesoris Menarik

Menghias gazebo dengan aksesoris menarik dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk kamu dan keluarga. Selain membuat gazebo semakin asyik dan nyaman untuk digunakan, aksesoris fungsional dapat memfasilitasi kegiatan kamu selama berada di gazebo. Beragam jenis aksesoris dapat kamu gunakan untuk menghias gazebo sesuai konsep yang telah dipilih.

Misalnya, jika kamu memilih gazebo dengan gaya industrial, kamu dapat menggunakan aksesoris yang terbuat dari bahan besi atau baja. Mungkin juga menggunakan warna-warna senada monokrom seperti hitam, abu-abu, dan sebagainya.

4. Pilih Tumbuhan yang Tepat

Berbagai jenis tanaman dapat menjadi penghias gazebo yang ideal. Tentu saja tanaman ini dapat kamu sesuaikan dengan model gazebo yang telah dibangun. Kendati begitu, tumbuhan bunga selalu menjadi favorit bagi pemilik gazebo.

Pastikan saja gazebo tidak terletak di area yang dapat menghalangi masuknya cahaya matahari, seperti misalnya di bawah pohon besar yang dapat menghalangi pencahayaan yang masuk ke gazebo.

5. Penempatan Gazebo pada Area Ideal

Memilih tempat gazebo akan dibangun juga menjadi tahap yang krusial. Umumnya gazebo diletakkan di pekarangan rumah pada area taman atau dekat dengan kolam. Namun, kamu juga bisa mempertimbangkan untuk membangun gazebo di area terluar taman, sehingga dapat menikmati keindahan taman sambil menuju gazebo.

6. Suasana Alami di Gazebo

Menghadirkan suasana alami dapat melalui material yang kamu gunakan untuk gazebo. Misalnya, jika kamu menyukai suasana alami di pedesaan, kamu bisa menggunakan atap ijuk yang menghadirkan suasana tenang. Atau menggunakan lantai kayu untuk memberi kesan alami.

7. Gorden Penutup Gazebo

Kendati umumnya digunakan sebagai area terbuka, kamu juga dapat menambahkan gorden di sekeliling gazebo untuk memberi kesan estetik maupun sebagai fungsional penutup dari sinar matahari atau pelindung dari nyamuk di sore dan malam hari. Warna gorden dapat kamu sesuaikan dengan tema gazebo. Misalnya, gazebo bergaya sederhana, kamu dapat menggunakan tirai transparan berwarna putih untuk memberi kesan elegan dan sederhana.

Baca juga: Cek Ide Pagar Minimalis untuk Rumah Minimalis Anda!


Mulai Rencanakan Gazebo Rumah Kamu

Itu dia sepuluh model gazebo dengan berbagai jenis bahan dan ukuran yang dapat menjadi inspirasi kamu dalam membangun gazebo di rumah. Tentu dapat kamu sesuaikan dengan desain eksterior atau fasad rumah agar lebih serasi.

Kamu juga dapat menggunakan kiat yang sudah dijabarkan sebelumnya dalam perencanaan pembangunan gazebo dari awal hingga selesai, sehingga pembuatan gazebo akan terukur kebutuhan dan biaya yang akan dikeluarkan.

Bagi kamu yang sedang mencari hunian yang minimalis, modern, dan berukuran pas sesuai dengan keinginanmu, tenang dan jangan khawatir! KPR atau Kredit Pemilikan Rumah adalah salah satu solusi cepat yang dapat kamu gunakan untuk dapat membeli hunian yang diidamkan. BTN merupakan salah satu bank yang menyediakan program KPR di Indonesia. Wujudkan rumah impianmu dengan mengetahui lebih lanjut tentang program KPR BTN di link ini.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua