Spinner Icon

Sebisa Mungkin, Belilah Rumah Sedini Mungkin!

Author Image
Info Terbaru · 12 Agustus 2016

Ada kata-kata bijak yang mengatakan “jangan tunggu besok, apa yang bisa dilakukan sekarang” dan sepertinya, nilai dari kata-kata bijak tersebut juga bisa diaplikasikan dalam membeli rumah, yaitu jika Anda bisa membeli rumah pada saat ini, lebih baik belilah saat ini juga, sedini mungkin. Berikut alasan yang dapat Anda pertimbangkan, mengapa membeli rumah sedini mungkin merupakan salah satu keputusan terbaik yang dapat Anda ambil.


Salah satu kebutuhan pokok

Tentu Anda tidak pernah lupa salah satu pelajaran dasar yang dipelajari semasa Sekolah Dasar, yaitu manusia memiliki tiga kebutuhan pokok, sandang, pangan, dan papan. Papan adalah kebutuhan untuk memiliki tempat tinggal dan berlindung, di mana inilah salah satu fungsi utama rumah atau hunian lainnya. Ketika Anda memiliki rumah sendiri, maka pemenuhan kebutuhan ini juga akan semakin terpastikan.


Harga yang terus naik

Salah satu tren properti dan ekonomi yang ada adalah terus naiknya harga properti, terutama rumah. Hal ini disebabkan karena banyak hal, mulai dari permintaan yang terus naik, atau keadaan inflasi yang tidak bisa mengimbangi naiknya harga rumah. Apapun alasan di baliknya, harga rumah yang terus naik adalah fakta yang tak terelakkan, sehingga memiliki rumah sedini mungkin adalah salah satu keputusan yang tepat.


Salah satu cara yang dapat dilakukan ketika Anda tidak bisa memiliki rumah secara langsung sedini mungkin karena dana yang kurang adalah melalui program KPR. Melalui program KPR, Anda dapat memiliki rumah dengan jumlah uang yang jauh lebih kecil (membayar DP), yang kemudian dapat Anda membayar kredit secara perlahan. Jika dilakukan dengan tepat, maka ha ini jauh meringankan beban ekonomi Anda.


Menabung untuk rumah bukanlah pilihan yang bijak

Mungkin Anda berpikir bahwa Anda bisa mengejar naiknya harga properti dengan cara menabung untuk memiliki rumah idaman Anda. Hal ini bukan mustahil untuk dilakukan, namun Anda berarti harus bisa menabung dengan jumlah yang besar, dan jika pun Anda sudah memperhitungkan dana yang Anda perlukan untuk memiliki rumah idaman, dan bisa menabung dengan jumlah yang tersebut, uang hasil tabungan Anda belum tentu bisa digunakan untuk membeli rumah idaman Anda tersebut. Karena bisa saja harga rumah menjadi melambung di atas perhitungan Anda. Pilihan yang paling bijak dan efisien adalah membeli rumah sedini mungkin dan dana yang Anda rencanakan sebagai tabungan bulanan dialokasikan untuk pembayaran cicilan. Dengan cara ini, Anda bisa lebih cepat dan eifisien untuk memiliki rumah idaman tadi.  


Keterbatasan lahan

Poin ini semakin penting jika Anda ingin memiliki rumah yang sifatnya tapak dan bukanya rumah susun atau apartemen. Seiring dengan banyaknya permintaan rumah, maka lahan yang dapat dipakai untuk rumah tersebut juga akan semakin lama semakin berkurang. Tidak ada yang dapat memprediksi kapan lahan yang tersedia akan habis. Oleh karena itu, selagi masih ada, bukanlah keputusan yang buruk untuk memastikan bahwa Anda sudah memiliki rumah terlebih dahulu.


Jika Anda kemudian berpikir untuk sedini mungkin memiliki rumah, maka Agustus ini adalah bulan yang tepat untuk merealisasikan keinginan Anda tadi. Karena di bulan Agustus ini akan diadakan BTN Indonesia Property Expo 2016 (IPEX 2016). Pada pameran properti ini Anda dapat menemukan berbagai penawaran rumah menarik, mulai dari yang berharga murah hingga rumah berkelas mewah, lengkap dengan berbagai penawaran KPR yang menarik pula. 


IPEX 2016 bersama dengan segala penawaran-penawaran khususnya adalah salah satu jalan yang dapat Anda pakai untuk memiliki rumah sedini mungkin, jadi tunggu apa lagi? Milikilah rumah sedini mungkin!


 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua