Spinner Icon

Siap Bangun Rumah? Cek Tips & Keuntungan Rumah Mewah Minimalis

Author Image
Nabila Azmi
Info Terbaru · 4 Agustus 2022
Table of Contents:
  • Apa Itu Rumah Mewah Minimalis?
  • Desain-desain Rumah Mewah Minimalis
  • Rumah dengan Dominasi Warna Putih
  • Rumah dengan Dominasi Material Kayu
  • Rumah dengan Material Baja dan Kaca
  • Rumah dengan Dekorasi Batu Alam
  • Rumah dengan Dominasi Kaca
  • Rumah dengan Konsep Terbuka
  • Tips untuk Rumah Mewah Minimalis
  • 1.   Pilihlah Bentuk dan Desain Rumah yang Tepat
  • 2.   Rencanakan Dana Pembangunan Rumah dengan Matang
  • 3.   Aplikasi Warna Netral
  • 4.   Furnitur Minim Tapi Berkualitas
  • 5.   Decluttering
  • Apa Saja Keuntungan Rumah Mewah Minimalis?
  • Space yang Lebih banyak
  • Kenyamanan Akibat Kualitas
  • Pengelolaan yang Lebih Mudah
  • Dekorasi Rumah dengan Kreatif
  • Suasana yang Lebih Nyaman
  • Bangun Rumah Mewah Minimalis Idaman Bersama BTN


Rumah minimalis adalah rumah yang memiliki kesan sederhana namun tetap modern.

Lalu bagaimana dengan rumah mewah? Rumah mewah merupakan rumah dengan eksterior dan interior yang maksimal. Secara sekilas, definisi antara keduanya tentu terdengar sangat berbeda, bukan?

Namun, kenyataannya gaya rumah minimalis dan mewah dapat digabungkan menjadi konsep rumah mewah minimalis.

Simak artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai bagaimana konsep rumah mewah minimalis dan tips dalam membangun rumah mewah minimalis.

Apa Itu Rumah Mewah Minimalis?

Saat mendengar kata rumah mewah, pasti langsung terpikirkan desain rumah dengan kesan megah dan besar. Kita mengira bahwa rumah mewah sangat bertolak belakang dengan rumah minimalis.

Namun seiring perkembangan zaman, ternyata desain rumah mewah dengan lahan luas pada masa kini sudah banyak menerapkan konsep rumah minimalis. Desain minimalis sendiri memberikan kesan modern bagi rumah, sehingga jika dipadukan dengan desain rumah mewah akan menciptakan sebuah rumah yang sangat indah dan elegan.

Umumnya rumah mewah minimalis memiliki bentuk yang sederhana dengan lahan yang luas, dan tidak memiliki desain yang rumit. Selain itu, rumah mewah minimalis umumnya juga berbentuk geometris tanpa ornamen yang berlebihan.

Desain-desain Rumah Mewah Minimalis

Setelah mengetahui bagaimana konsep rumah mewah minimalis, berikut adalah beberapa gambaran inspirasi-inspirasi desain rumah mewah minimalis yang dapat kamu gunakan dalam memilih desain rumah idaman kamu.

Rumah dengan Dominasi Warna Putih


Rumah minimalis modern serba putih (Sumber: arsitag.com)

Interior dan eksterior warna putih umum digunakan untuk rumah mewah minimalis. Warna putih sendiri memberikan kesan elegan dan minimalis bagi rumah.

Rumah dengan Dominasi Material Kayu


Rumah mewah minimalis dominasi material kayu (Sumber: arsitag.com)

Material kayu dapat memberikan kesan mewah nan minimalis, juga natural untuk rumah. Kamu juga dapat menambahkan tanaman-tanaman hijau di area teras, misalnya tanaman gantung. Tambahan tanaman ini dapat membuat rumah terlihat lebih sejuk.

Rumah dengan Material Baja dan Kaca

Rumah mewah nan minimalis dengan bahan baja dan kaca (Sumber: arsitag.com)

Kombinasi antara baja dan kaca memberikan kesan elegan dan minimalis, serta mewah bagi rumah. Eksterior rumah dengan bahan baja dapat memberikan kesan mewah dan bentuk rumah yang sederhana. Dengan mengelilingi setiap sudut rumah menggunakan bahan kaca, ruangan bagian dalam dan luar seolah menyatu sehingga Kamu dapat tetap menikmati pemkamungan di luar rumah Kamu.

Rumah dengan Dekorasi Batu Alam


Model rumah mewah minimalis dengan dekorasi batu alam (Sumber: arsitag.com)

Penggunaan batu alam pada rumah mewah minimalis dapat memberikan kesan kokoh dan elegan. Rumah dengan dekorasi batu alam tidak perlu menggunakan terlalu banyak ornamen atau dekorasi lain.

Rumah dengan Dominasi Kaca


Rumah mewah minimalis dominasi kaca (Sumber: arsitag.com)

Rumah dengan interior dan eksterior yang didominasi oleh kaca selain memberikan kesan mewah dan minimalis, juga memberikan pencahayaan yang maksimal dan menciptakan nuansa hangat.

Rumah dengan Konsep Terbuka


Desain rumah mewah minimalis dengan konsep terbuka (Sumber: arsitag.com)

Dengan menerapkan konsep terbuka atau open space, rumah mewah minimalis akan terlihat lebih luas dan lega. Konsep rumah mewah minimalis dengan ruang terbuka juga memungkinkan kamu untuk dapat melihat pemkamungan luar rumah.

Tips untuk Rumah Mewah Minimalis

Tips-tips berikut ini dapat kamu ikuti untuk menciptakan rumah mewah minimalis:

1.   Pilihlah Bentuk dan Desain Rumah yang Tepat

Bentuk dan desain rumah mewah minimalis harus disesuaikan dengan ukuran tanah.

Umumnya bentuk rumah mewah minimalis modern berupa bentuk persegi, persegi panjang, atau bahkan bentuk pentagonal. Pemanfaatan ruangan dapat diatur sedemikian rupa untuk menghemat pengeluaran, misalnya dengan menggabungkan ruang keluarga dan ruang tamu.

Pilihlah bentuk dan desain rumah mewah minimalis modern dengan hati-hati dan matang, karena hal ini dapat mempengaruhi waktu yang diperlukan untuk pembangunan dan perencanaan dana.

2.   Rencanakan Dana Pembangunan Rumah dengan Matang

Salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan dalam membangun rumah mewah minimalis adalah dana yang perlukan. Mulai dari dana membangun rumah, dana renovasi rumah, dana pengelolaan dan perawatan rumah, dan sebagainya harus direncanakan dan dijadikan sebagai pertimbangan.

Sebagai antisipasi, kamu juga perlu menyiapkan dana cadangan. Dana cadangan dapat dapat digunakan ketika terjadi kendala atau masalah saat proses pembangunan rumah berlangsung.

3.   Aplikasi Warna Netral

Rumah minimalis modern identik dengan penggunaan warna netral yang simpel pada interior rumah. Warna netral dapat mendatangkan kesan mewah dan elegan pada rumah.

Tidak hanya warna putih, kamu juga dapat menggunakan warna netral lainnya, seperti coklat, abu-abu, atau krem, bahkan warna navy blue yang gelap.

Kamu juga dapat mengaplikasikan warna emas, perak, chrome, atau warna metalik lainnya untuk menambahkan kesan mewah. Tapi perlu diingat untuk menjaga perpaduan warna yang seimbang agar rumah tidak terlihat berlebihan.

Aspek pencahayaan juga harus diperhatikan untuk rumah mewah minimalis. Pencahayaan yang maksimal dapat membuat rumah menjadi nyaman dipkamung, serta menambah kesan cerah dan hangat. Kamu dapat menggunakan lampu dengan desain yang simpel, atau jendela yang dapat memungkinkan cahaya masuk dengan maksimal.

4.   Furnitur Minim Tapi Berkualitas

Furnitur sederhana dan tidak berlebihan adalah salah satu ciri khas rumah minimalis. Untuk meningkatkan kesan mewah dari rumah minimalis, perhatikan kualitas dari furnitur yang kamu gunakan.

Selain kualitasnya, kamu juga dapat memperhatikan desain furnitur yang dipilih. Desain dan bentuk dari furnitur yang digunakan harus disesuaikan dengan tema interior rumah yang diinginkan.

5.   Decluttering

Decluttering merupakan istilah untuk menyingkirkan barang yang tidak diperlukan. Kegiatan ini dapat dilakukan untuk membuat rumah terlihat rapi dan bersih, sehingga menciptakan kesan minimalis.

Pastikan tidak ada tumpukan barang-barang yang mengganggu pemkamungan di rumah. Rumah yang bersih juga memberikan kesan yang elegan dan mewah.

Apa Saja Keuntungan Rumah Mewah Minimalis?

Selain indah, rumah mewah minimalis juga dapat memberikan beberapa keuntungan, diantaranya adalah sebagai berikut:

Space yang Lebih banyak

Desain minimalis memberikan nuansa yang lebih bebas dari ruangan Kamu. Adanya interior yang tidak terlalu banyak dan peletakan yang optimal membuat ada banyak ruang di dalam rumah Kamu sehingga Kamu dapat bergerak dengan nyaman.

Kenyamanan Akibat Kualitas

Untuk rumah mewah minimalis, pastikan Kamu memilih perabot, aksesori, dan dekorasi dengan kualitas tinggi. Prinsip minimalis sendiri adalah mementingkan kualitas daripada kuantitas.

Pengelolaan yang Lebih Mudah

Rumah mewah sangat identik dengan ukurannya yang luas, yang mana umumnya terlihat sulit untuk dikelola atau membutuhkan waktu yang lama untuk mengurusnya. Namun, lain halnya dengan rumah mewah minimalis.

Seperti yang telah disinggung di atas, rumah minimalis umumnya minim furnitur dan sederhana. Interior yang halus dan berbentu geometris sederhana membuat interior-interior ini menjadi lebih mudah dibersihkan.

Dekorasi Rumah dengan Kreatif

Dengan rumah mewah minimalis, kreativitasmu akan semakin tertantang untuk mendekorasi rumah yang luas dengan furnitur yang minim tanpa membuat ruangan tersebut terlihat kosong.

Aksen warna yang digunakan juga akan berpengaruh besar terhadap keindahan rumah. Untuk rumah mewah minimalis, kamu dapat menerapkan konsep klasik dan vintage. Warna-warna netral atau modern dapat digunakan untuk menciptakan kesan minimalistik sekaligus mewah.

Suasana yang Lebih Nyaman

Adanya desain minimalis yang memberikan kelegaan dan relaksasi psikologis membuat desain rumah ini sangat santai dan membantu rileks. Bentuk yang sederhana, cakrawala terbuka, tidak berantakan, tata letak yang rapi dan tidak berlebihan, serta warna-warna netral yang menenangkan memberikan nuansa lingkungan yang santai.

Rumah minimalis biasanya dicat dengan warna yang cenderung terang dan cerah. Selain minimnya furnitur yang digunakan dalam rumah mewah minimalis, salah satu karakteristik lain dari rumah minimalis adalah penggunaan pencahayaan yang terang. Hal-hal tersebut memungkinkan terciptanya nuansa yang nyaman dan hangat di rumah mewah minimalis.

Rumah mewah minimalis juga dapat dipadukan dengan unsur alami, seperti tanaman hijau, kayu, batu alam, dan lain-lain yang dapat menciptakan nuansa asri pada rumah mewah minimalis.

Bangun Rumah Mewah Minimalis Idaman Bersama BTN

Harga rumah yang semakin mahal umum menjadi penghambat dalam membangun rumah. Hal ini jelas terlihat pada pembangunan rumah mewah minimalis yang pastinya membutuhkan dana yang cukup banyak.

KPR atau Kredit Pemilikan Rumah adalah salah satu solusi cepat yang dapat kamu gunakan untuk dapat membeli hunian yang kamu idamkan dengan segera. KPR sendiri merupakan produk keuangan berupa program cicilan untuk jual beli rumah yang diadakan oleh pihak perbankan bagi nasabah yang berencana untuk membeli rumah.

Persiapan dana yang besar untuk properti dapat dihindari dengan adanya fasilitas KPR. Dengan fasilitas KPR, kamu hanya cukup menyediakan uang muka lalu melunasi sisa biaya yang harus dibayarkan dalam skema angsuran.

BTN merupakan salah satu bank yang menyediakan program KPR. Selain terpercaya, pengajuan KPR melalui BTN properti juga mudah dan cepat. Klik link ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai fasilitas yang disediakan BTN.


 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua