Spinner Icon

Sinergi Perumnas – BTN tawarkan beragam kemudahan untuk memiliki rumah

Author Image
Berita Terkini · 24 Juli 2019

Jakarta 24 Juli 2019 – Memasuki usianya di 45 tahun, Perumnas terus pada komitmennya untuk mengembangkan pemukiman dan perumahan di Indonesia. Beragam sinergi dengan berbagai pihak terus dilakukan dan inovasi yang terus digelontorkan dengan tujuan akhir adalah menyediakan rumah terjangkau bagi masyarakat Indonesia di lokasi-lokasi yang strategis.  Menjadi bagian dari motor penggerak program Sejuta Rumah yang terus digaungkan oleh pemerintah pusat merupakan amanah yang menjadi misi Perumnas dalam pemenuhan rumah bagi segmen menengah bawah.

Hingga tahun 2018 sudah terdapat sekitar 22 ribu unit hunian terbangun secara nasional oleh Perumnas dimana sekitar 20 hingga 30 persen disetiap lokasi proyek Perumnas dialokasikan untuk tipe subsidi tanpa terkecuali. Adalah menjadi satu tantangan tersendiri bagi Perumnas untuk menelurkan tidak hanya produk rumah yang terjangkau namun juga yang berkualitas baik dan dapat mudah diserap pasar. Strategi untuk dapat diserap dengan mudah oleh pasar ini yang kami terus garap kedepannya, kali ini kami menggandeng PT Bank Tabungan Negara pada program “45HIAP” – 45 TAHUN  ASHIK & MANTAP, yakni pemberian subsidi bunga KPR/KPA sebesar 4,5% fix 1 tahun bagi konsumen yang melakukan pembelian produk berupa rumah atau apartemen dan melakukan akad kredit pada rentang waktu yang tersebut, ujar Anna Kunti Pratiwi, Direktur Pemasaran Perum Perumnas di sela-sela penandatanganan MOU antara Perumnas dan BTN di Jakarta (24/7). 

Kami mengkhususkan program ini pada produk non subsidi baik rumah maupun apartemen, dengan periode program dari 18 Juli hingga 30 September 2019. Adapun proyek Perumnas yang ikut dalam program ini tersebar di 19 kabupaten/kota di seluruh Indonesia seperti Jabodetabek, Bogor, Semarang, Cilegon, Lampung, Cianjur, Solo dan lain sebagainya dengan jumlah total sekitar 12 ribu unit tersedia, terangnya.

Kami menyambut baik dengan adanya sinergi BUMN ini, ungkap Budi Satria selaku Direktur Consumer Banking PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Perumnas dan BTN sudah layaknya saudara di industri properti ini, sehingga kami siap selalu untuk men-support setiap program Perumnas, apalagi dalam menyambut HUT Perumnas ke 45 ini, terangnya. Selain mendapatkan bunga KPR/KPA yang relative murah, kami juga akan menambahkan beberapa fasilitas seperti  bebas biaya administrasi, bebas biaya appraisal, bebas biaya provisi, proses cepat, hadiah tabungan Batara hingga Rp1 juta, dan diskon asuransi jiwa 10%, tambahnya

Hingga 31 Maret 2019 Bank BTN masih mencatat kenaikan penyaluran kredit sebesar 19,57% secara tahunan (year-on-year/yoy) dari Rp202,5 menjadi Rp242,13 triliun. Pertumbuhan kredit tersebut bersumber dari lini sektor perumahan dan non-perumahan. Di sektor perumahan, kredit tercatat tumbuh 19,11% yoy dari Rp184,46 triliun pada akhir Maret 2018 menjadi Rp 219,72 triliun di akhir Maret 2019.

Sementara itu, permintaan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Subsidi yang masih tinggi menjadi pendorong kuat kenaikan total kredit di segmen ini. Catatan keuangan Bank BTN merekam KPR Subsidi naik 28,87% yoy dari Rp79,14 triliun per 31 Maret 2018 menjadi Rp101,99 triliun di periode yang sama tahun ini.

Per triwulan I-2019, KPR Non-Subsidi pun naik sebesar 14,37% yoy menjadi Rp79,83 triliun. Dengan capaian tersebut, KPR emiten bersandi saham BBTN ini tumbuh sekitar 22,07% yoy menjadi Rp181,83 triliun pada 31 Maret 2019. Rapor hijau tersebut sukses menempatkan Bank BTN sebagai pemimpin pasar di segmen KPR dengan pangsa sebesar 39,35% per Desember 2018, ujar Budi Satria

Kami targetkan 1,4 T dapat kami kantongi melalui program ini, terang Anna Kunti. Kedepannya strategi yang memudahkan konsumen kami dalam memiliki rumah akan terus kami genjot. Tidak terbatas pada harga yang terjangkau dan kualitas yang baik pada bangunannya, namun akses dalam mendapatkan informasi atas produk kami dan kemudahan proses pembelian baik itu melalui perbankan atau lainnya akan terus kami garap serius kedepannya, tutup Anna.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua