Spinner Icon

Cek Inspirasi Desain Taman Jepang Di Sini

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 9 Januari 2023
Table of Contents:

Banyak orang yang berpikir bahwa taman hanya tentang aneka tanaman hias yang dipajang untuk menambah keindahan sekitarnya. Namun, tahukah kamu bahwa pengertian taman pada umumnya adalah perpaduan komponen yang dibuat untuk dipajang dan menghasilkan keindahan serta kesegaran.

Banyak pemilik rumah, terutama rumah dengan gaya arsitektur minimalis, mewajibkan hadirnya taman pada halaman rumah yang dihuninya. Selain untuk menjaga supaya lingkungan rumah tetap hijau dan asri, taman juga ditujukan untuk menambah keindahan rumah tersebut. Bagi beberapa orang sangat penting untuk merancang taman sedemikian rupa dengan perpaduan warna, elemen, dan tanaman, agar pemandangan taman terlihat indah.

Taman sendiri terdiri dari berbagai jenis yang dibedakan dari lokasi, manfaat penggunaan, hingga bentuk dekorasi taman. Jenis-jenis tersebut antara lainnya adalah taman bermain, taman perkantoran, taman di rumah tinggal, taman nasional, taman kota, taman kawasan industri, dan taman lainnya.

Dari semua taman tersebut, kemudian dibedakan lagi menjadi beberapa jenis, berdasarkan dekorasi atau kebudayaan yang menjadi dasar perancangan dari taman. Seperti taman Jepang, taman Perancis, taman Jawa, taman Bali, dan masih banyak lagi. Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang salah satu jenis taman yang paling banyak diminati oleh masyarakat yaitu taman Jepang.

Taman Jepang adalah taman yang menggunakan dekorasi, ornamen, tanaman dan keseluruhan elemen yang mengikuti gaya khas negara Jepang. Yang membedakan taman Jepang dengan taman lainnya adalah taman Jepang menganut konsep Zen Living yang mengedepankan ketenangan. Elemen-elemen yang wajib dihadirkan pada taman Jepang adalah air, kerikil dan batu, kayu, pasir, tanaman, dan dekorasi taman khas Jepang.


Apa itu Taman Ala Jepang?

Taman Jepang adalah taman yang menggunakan dekorasi, ornamen, tanaman, dan keseluruhan elemen yang mengikuti gaya negara Jepang. Tidak hanya itu, keunikan lainnya dari taman khas Jepang ini adalah menganut konsep Zen Living yang mengedepankan ketenangan.

Meningkatnya popularitas pembuatan taman Jepang baik di perumahan, perkantoran, hingga perkotaan disebabkan karena semakin tingginya tingkat keramaian pada kehidupan masyarakat. Sehingga harapannya, taman bergaya Jepang ini dapat menciptakan ketenangan.

Namun, membuat sebuah taman ala Jepang bukanlah hal yang mudah. Kamu harus mengetahui terlebih dahulu, beberapa elemen penting yang wajib hadir pada taman ala Jepang.


Elemen-elemen Wajib pada Taman Jepang

1. Air

Dengan konsep Zen Living atau ketenangan yang dianut oleh taman Jepang, air merupakan salah satu elemen yang sangat penting untuk menciptakan ketenangan tersebut. Hal ini karena suara air yang mengalir dipercaya dapat memberikan suasana yang tenang dan teduh, sehingga sangat cocok untuk relaksasi melepaskan penat pada pikiran.

Unsur air yang dimaksudkan di sini, dapat berupa kolam ikan, pancuran air kecil, atau hanya pancuran air sederhana dari bambu. Kamu tinggal menyesuaikan unsur air dengan penempatan dekorasi lainnya yang kamu inginkan.

2. Kerikil dan Batu

Hadirnya elemen kerikil dan batu pada setiap taman, bertujuan untuk memberi kesan pegunungan alami yang segar dan bebas dari gangguan. Dalam pembuatannya, biasanya kerikil dan batu dibuat sebagai jalur jalan kecil di taman, material pembuatan kolam ikan, hingga diletakkan pada beberapa sudut taman untuk mempercantik, tetapi tetap menciptakan taman Jepang yang sederhana.


3. Kayu

Kayu adalah salah satu elemen alam yang paling banyak digunakan sebagai material penyusun rumah. Selain karena kuat, bentuk dan motif kayu sangat unik dan alami. Maka dari itu, taman Jepang yang mengedepankan nuansa alam mewajibkan elemen kayu hadir pada pemandangan tamannya. Biasanya, kayu digunakan untuk membuat pagar taman, gazebo, atau pancuran air sederhana. 

4. Pasir

Tidak semua taman Jepang menempatkan pasir pada tamannya. Namun, elemen pasir juga merupakan salah satu elemen penting yang tidak boleh terlewatkan. Selain karena pasir banyak digunakan di negara Jepang, pasir juga bermanfaat untuk membantu menyerap air dan sebagai stepping stone untuk membantu kamu lebih bebas melangkah ketika berjalan di taman.

5. Tanaman

Elemen paling penting dalam sebuah taman adalah tanaman. Keindahan dan keasrian pada sebuah taman, ditentukan oleh bagaimana bentuk dan jenis tanaman di dalamnya. Pada desain taman Jepang, tidak mewajibkan pohon yang sangat besar dan berbunga. Namun, ada satu tanaman yang wajib dimiliki yaitu bonsai. Baik bonsai cemara, bonsai kamboja, maupun tanaman bonsai lainnya. Tidak sedikit juga, banyak orang yang menambahkan tanaman tropis lainnya seperti pohon kecil, bambu, lumut, bunga teratai, cemara jepang, hingga tanaman lainnya yang diusahakan semirip mungkin dengan lingkungan aslinya di negara Jepang. 

6. Dekorasi Taman

Pada umumnya, taman berjenis kering membutuhkan banyak sekali dekorasi supaya menghasilkan pemandangan yang indah dan tidak tandus. Walaupun taman sudah memiliki banyak sekali tanaman, tetapi jika tidak diberikan penambah dekorasi, taman akan tampak tidak hidup.

Pada dekorasi taman Jepang, biasanya taman dilengkapi dengan lampu kap atau lampion sederhana sebagai penerang taman, gazebo dengan atap ala rumah tradisional Jepang, serta ornamen lainnya dengan gaya khas Jepang. Jadi, dengan adanya tambahan dekorasi taman bergaya khas, taman Jepang dapat lebih hidup, tenang, dan mirip dengan taman-taman di negara asalnya, Jepang.

Baca juga: Perhatikan 7 Hal Ini Saat Membangun Halaman Rumah Minimalis


Inspirasi Desain Taman Jepang

1. Taman Sederhana dengan Pasir dan Dinding Batu

Sesuai konsep yang dianut pada setiap taman Jepang yang ingin selalu membawa ketenangan, desain pertama yang dapat kamu jadikan inspirasi adalah taman sederhana dengan pasir dan dinding batu.

Elemen alam berupa pasir dan batu-batuan yang melambangkan pegunungan, diharapkan dapat membawa ketenangan dan kesegaran bagi setiap mata yang memandang. Dekorasi yang diperlukan juga sangat sederhana. Kamu hanya perlu menambah dekorasi berupa pasir dan dinding batu pada setiap sudutnya untuk menghasilkan desain taman jepang ini.