Spinner Icon

Cek Ide Jenis Taman Minimalis Untuk Buat Rumah Asri

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 10 Agustus 2022
Table of Contents:


Taman menyediakan suasana yang berbeda di rumah. Kita bisa menikmati alam bebas tanpa harus pergi jauh. Selain itu, taman juga bisa dijadikan area terbuka untuk healing. Dengan adanya taman di rumah, kamu akan mendapatkan banyak manfaat plus membuat rumah lebih asri.

 

Tidak memiliki area halaman yang luas dan bingung mau mulai darimana? Jangan khawatir karena kamu bisa membuat taman minimalis yang cantik meskipun dengan lahan terbatas.

Apa itu Taman Minimalis?

Desain taman minimalis menggunakan prinsip estetika yang didasarkan pada perspektif “less is more”. Taman minimalis menggunakan elemen desain yang menyajikan penampilan santai yang elegan dan sederhana. Taman minimalis cocok untuk kamu yang memiliki gaya hidup simpel.

 

Sebelum memulai, perlu diingat bahwa taman minimalis adalah tentang efisiensi penggunaan lahan. Ini melibatkan penggunaan tanaman dan bahan dalam jumlah terbatas.

Keuntungan Mempunyai Taman Minimalis



Seperti halnya dengan dekorasi rumah, taman biasanya dapat dibuat menjadi minimalis dan sederhana. Berikut adalah beberapa manfaat dalam membuat taman minimalis.


1. Bisa memamerkan tanaman yang paling berharga

Jika kamu menyingkirkan semua tanaman hijau yang tidak terlalu penting, tanaman paling berharga yang kamu miliki punya kesempatan untuk bersinar. Misalnya, seseorang membelikan kamu bunga khusus, maka kamu bisa menanamnya di spot tersendiri.


2. Perawatan yang lebih mudah

Seperti halnya ruang dalam kamar minimalis, merawat taman minimalis tidak menyita banyak waktu dan tidak banyak ornamen yang perlu kamu rawat. Jika kamu tidak memiliki banyak waktu, taman minimalis adalah solusi yang sempurna karena kamu tidak perlu perawatan khusus untuk tanamanmu.

Memiliki lebih sedikit barang berarti kamu bisa lebih fokus kepada hal-hal yang jelas terlihat. Misalnya, biasa kamu banyak merapikan tanaman, kini kamu hanya melihat adanya yang sudah terlalu rimbun dan perlu dipangkas.


3. Risiko lebih rendah

Semakin banyak barang yang kamu miliki di ruang mana pun, di dalam atau di luar ruangan, semakin besar risiko kecelakaan terjadi. Terlalu banyak pot dan ornamen bisa berbahaya karena kamu akan mudah tersandung dan bisa mengundang serangga. Taman minimalis umumnya memiliki jumlah tanaman yang lebih sedikit. Oleh karena itu, kamu bisa mengurangi risiko hal yang tidak diinginkan.


4. Membuat rumah terasa lebih luas

Terkadang terlalu banyak benda di rumah membuat kita terasa sempit. Dengan adanya taman minimalis, rumah jadi memiliki bagian yang membuatnya terasa lebih luas. Kamu juga bisa mempunyai ruangan tersendiri ketika ingin “lari” dari rasa pengap dan stres.

 

18 Inspirasi Taman Minimalis untuk Rumah

Berikut adalah beberapa ide dan desain yang menakjubkan dan kreatif untuk menginspirasi rencana taman minimalis kamu.


1. Taman Vertikal

Jika sisa lahan di rumah tidak begitu luas, kamu bisa membuat taman minimalis vertikal. Kamu dapat membuat taman menggunakan dinding di bagian belakang atau depan rumah.

Dengan menggunakan rak yang ditempel di dinding, kamu bisa meletakkan beberapa tanaman favorit di sana.  Selain itu, kamu juga bisa menyediakan kursi dan meja untuk bersantai atau ngopi di pagi hari.


2. Taman Model Klasik

Taman minimalis dengan konsep klasik merupakan taman yang cukup populer. Jika memiliki sisa lahan yang cukup, kamu bisa menggunakan konsep ini. Taman ini biasanya memiliki pohon-pohon dan rumput gajah. Tidak hanya bisa dibuat di halaman belakang, kamu juga bisa membuat taman dengan konsep ini di teras rumah.

Selain itu, konsep klasik juga biasanya memudahkan anak-anak bermain karena tempatnya yang cukup luas.


3. Taman dengan Gazebo Sederhana

Tidak suka kepanasan di taman? Taman model satu ini mungkin cocok untuk kamu.

Selain melindungi dari matahari, gazebo juga bisa dijadikan tempat untuk kumpul dengan teman-teman. Kamu hanya perlu menambahkan beberapa tanaman untuk menghiasnya atau bahkan menambahkan kolam ikan.


4. Taman Berbatu

Bila kamu tidak terlalu suka dengan tanaman yang rimbun, kamu bisa memiliki taman berbatu ini.

Kamu cukup menambahkan kerikil, bebatuan, rumput, dan semak berbunga. Hasilnya adalah taman alami yang meniru alam liar. Jadilah kreatif dan bangun taman batu kamu sendiri!


5. Taman Inspirasi Jepang

Jepang memiliki taman yang indah! Taman Jepang yang ikonik luas, rumit, dan menampilkan banyak detail dan elemen menarik. Taman Jepang memiliki ciri khas adanya pohon bambu, pagar, semak yang dipangkas, dan tanah berkerikil. Kamu tidak perlu menambahkan terlalu banyak jenis tanaman dengan taman minimalis ini.

Source: Arsitag


6. Taman dengan Kolam

Adanya elemen air sering dianggap sebagai keharusan dalam taman. Jika kamu tidak memiliki lahan untuk air mancur yang rumit, kolam taman ini adalah solusi untuk kamu.

Temukan sudut di kebun kamu untuk membangun kolam. Lengkapi dengan bebatuan, kerikil, daun, dan sistem air mancur mini. Kamu juga bisa sekalian memelihara ikan di dalam kolam.


7. Taman Indoor

Jika tidak ada lahan di halaman belakang yang memadai, kamu bisa membuat taman di dalam ruangan.

Kamu bisa menggunakan konsep taman indoor yang mirip dengan konsep rumah kaca, tetapi dengan ukuran yang lebih kecil.

Taman ini juga bagus untuk sirkulasi udara, kamu juga bisa meletakkan kursi kecil sebagai tempat bersantai.


8. Taman dan Laundry

Salah satu ide desain taman minimalis yang bagus adalah dengan membuat taman yang menyatu dengan area laundry. Kamu dapat membuat area terbuka di belakang sebagai taman dengan menyisihkan ruang untuk digunakan sebagai tempat cuci pakaian.

Desain seperti ini juga cukup fleksibel karena area terbuka bisa kamu jadikan sebagai tempat menjemur. Jadi, kamu bisa menikmati sore hari setelah mencuci dan menjemur.


9. Taman dan Tempat Makan

Selain area laundry, kamu juga bisa membuat konsep taman minimalis yang menyatu dengan tempat makan. Kamu bisa meletakkan meja dan kursi di area terbuka dan meletakkan area dapur kotor di area tertutup.

Dengan konsep ini, kamu juga bisa mengadakan pesta kecil bersama keluarga atau sekedar makan siang. Untuk area terbuka, kamu bisa membuat atap agar tidak membasahi meja makan di taman saat hujan.