Spinner Icon

Berbagai Macam Tanaman Hias Outdoor untuk Percantik Halaman

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 30 Agustus 2023
Table of Contents:
  • Inspirasi Tanaman Hias Outdoor
  • 1. Bunga Geranium
  • 2. Tanaman Karet
  • 3. Bunga Gaillardia
  • 4. Tanaman Lidah Mertua
  • 5. Pakis Jepang
  • 6. Kaktus
  • 7. Bambu
  • 8. Bunga Petunias
  • 9. Tanaman Kembang Sepatu
  • 10. Aglonema
  • 11. Tanaman Hias Canna
  • 12. Ivy Hedera
  • 13. Palem Keagungan
  • 14. Camomile Plants
  • 15. Tanaman Calathea
  • 16. Burung Cendrawasih
  • 17. Hydrangea
  • 18. Pohon Lemon

Area outdoor tidak kalah penting dibanding area indoor. Pasalnya, area outdoor menjadi fokus yang dilihat oleh tamu ketika masuk ke dalam suatu rumah. Oleh sebab itu, kamu perlu memperhatikannya. 

Kamu bisa mempercantik area outdoor rumah dengan menambahkan beberapa ornamen, seperti perabotan atau tanaman hias. Kini, penggunaan tanaman hias pada area outdoor semakin populer. Tujuannya supaya teras rumah terlihat cantik, bervariasi, dan estetik.

Selain fungsi di atas, tanaman hias outdoor juga dapat meningkatkan kualitas udara di lingkungan rumahmu. Bingung memilih tanaman hias outdoor?

Artikel berikut akan membahas berbagai jenis tanaman yang cocok untuk area outdoor. Mari simak penjelasannya!

Key Takeaways

  • Area outdoor tidak kalah penting dibanding area indoor. Pasalnya, area outdoor menjadi fokus utama yang dilihat oleh tamu ketika masuk ke dalam suatu rumah.
  • Kamu bisa mempercantik area outdoor dalam rumah dengan menambahkan beberapa ornamen, seperti perabotan, ornamen, bahkan tanaman hias.
  • Berbagai inspirasi tanaman hias outdoor yang dapat kamu gunakan seperti bunga geranium, tanaman karet, pohon lemon, bunga gaillardia, tanaman lidah mertua, dan masih banyak lagi.

Inspirasi Tanaman Hias Outdoor

Beberapa tanaman hias outdoor juga mudah untuk dirawat serta resisten terhadap perubahan cuaca yang ekstrem. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir terkait biaya dan pergantian cuaca. Berikut macam-macam tanaman hias outdoor yaitu:

1. Bunga Geranium


Geranium termasuk salah satu tanaman yang sering digunakan pada area outdoor. Hal ini dikarenakan Geranium mampu bertahan pada musim panas dan membutuhkan air dalam jumlah sedikit. Namun, pastikan untuk menanam bunga Geranium di tempat yang mendapat sinar matahari penuh agar tidak mudah layu.

2. Tanaman Karet

Tanaman karet juga sering dijadikan penghias area outdoor. Pasalnya tanaman karet memiliki daun bertekstur seperti lilin yang lebar dan mengkilap sehingga terlihat berkilau. Kamu dapat meletakkan tanaman ini di sudut ruangan yang terkena sinar matahari. Tanaman karet juga tidak perlu disiram air terlalu banyak karena mudah layu.

3. Bunga Gaillardia

Termasuk ke dalam keluarga bunga matahari membuat tampilan bunga yang satu ini mirip dengan aslinya. Dengan bagian tengah bulat berwarna merah tua dan kelopak bunga berwarna kuning membuat bunga ini tampak cantik dan cocok ditanam di teras rumah. Terlebih lagi, bunga asal Amerika ini dapat membuat rumahmu terlihat lebih cerah.

4. Tanaman Lidah Mertua


Menjadi salah satu tanaman hias outdoor yang paling populer, ternyata tanaman lidah mertua mampu bertahan di segala cuaca. Tanaman lidah mertua mudah tumbuh baik di tempat yang lembab ataupun kering. Terlebih lagi, daun tanaman lidah mertua dapat berfungsi sebagai penyaring polutan seperti debu maupun kotoran. Tampilan serta bentuk tanaman lidah mertua juga estetik dan cocok untuk rumah minimalismu.

5. Pakis Jepang

Selanjutnya, tanaman hias outdoor yang sedang populer di negara kita yaitu pakis Jepang. Pakis Jepang merupakan tanaman hias outdoor yang tahan cuaca dan memiliki bentuk serta warna yang unik. Oleh sebab itu, tanaman ini cocok untuk kamu gunakan sebagai tanaman hias. Terlebih lagi, pakis Jepang juga cenderung mudah dirawat.

6. Kaktus

Tentu kamu pernah melihat atau bahkan mendengarnya. Sudah bukan hal yang baru lagi tanaman hias outdoor berupa kaktus. Banyak orang menyukainya karena perawatan tanaman kaktus cukup mudah. Hanya perlu menyiramnya beberapa hari sekali. Selain itu, dengan bentuknya yang tidak terlalu besar, kaktus dapat menciptakan kesan sederhana dan estetik di dalam rumah.

7. Bambu

Jenis tanaman hias yang satu ini sangat mudah ditemukan di sekitar. Dengan ukuran batang yang pendek dan kecil, bambu sering digunakan untuk mempercantik teras rumah. Bambu dapat menciptakan suasana sejuk dan alami. Tidak hanya itu, tanaman bambu juga bisa digunakan untuk mengurangi polusi dan menahan angin.

8. Bunga Petunias

Bunga yang satu ini memiliki berbagai jenis warna mulai dari kuning seperti lemon muda, hijau limau, merah muda, ungu, dan masih banyak lagi. Bunga Petunias akan mekar pada musim semi. Perawatannya juga cukup mudah hanya perlu diberikan air dan pupuk secara teratur.

9. Tanaman Kembang Sepatu


Kembang sepatu menjadi tanaman hias outdoor paling populer di negara kita, Indonesia. Hal ini karena warna yang dimilikinya cukup unik yaitu merah menyala dilengkapi dengan kelopak dan putik yang cantik. Kembang Sepatu mudah dirawat karena ia memiliki daya tahan yang baik terhadap cuaca di Indonesia.

10. Aglonema

Aglonema atau sering disebut dengan nama tanaman Sri Rejeki, memiliki keindahan unik pada bagian daunnya. Daun Aglonema tampak cantik dengan dua gradasi warna seperti hijau dan oranye atau hijau dan merah. Tanaman hias outdoor yang satu ini cukup mudah dirawat.

11. Tanaman Hias Canna

Dengan bentuk daun berukuran panjang, besar, dan berwarna hijau muda disertakan gradasi kekuningan membuat tanaman ini disukai oleh banyak orang.

12. Ivy Hedera

Tanaman lain yang bisa kamu gunakan untuk menghias area outdoor adalah tanaman Ivy Hedera. Dengan daun berwarna warni, tanaman Ivy Hedera dapat menciptakan kontras dan menghidupkan suasana taman rumah. Tanaman ini juga mudah untuk dirawat. Kamu dapat menanamnya di pot gantung atau pot biasa

13. Palem Keagungan

Kamu menyukai desain tropis? Maka tanaman ini akan bisa menjadi pilihan. Tanaman palem keagungan tidak hanya dapat menciptakan suasana tropis, tetapi juga membersihkan udara. Dengan perawatan yang cukup mudah, kamu hanya perlu memastikan tanaman tersebut terkena sinar matahari langsung selama 4-6 jam setiap harinya.

14. Camomile Plants


Tanaman yang satu ini masuk kedalam tanaman obat yang mampu mengobati berbagai penyakit seperti membantu orang yang sulit tidur dan lain sebagainya. Tumbuhan ini telah digunakan selama berabad-abad oleh masyarakat. Sehingga tidak perlu diragukan lagi khasiatnya. Selain Chamomile, terdapat beberapa tanaman obat lainnya yang bisa kamu gunakan seperti tanaman mint untuk menyembuhkan sakit perut dan tanaman Calendula untuk meredakan sakit radang. 

15. Tanaman Calathea

Termasuk ke dalam salah satu tanaman yang resisten terhadap perubahan cuaca, tanaman ini dapat bertahan pada musim hujan. Sebab, tanaman Calathea bisa bertumbuh dengan cahaya yang redup, sehingga tanaman ini dapat menjadi pilihan terbaik ketika musim hujan. Tanaman ini memiliki ciri khas daun dengan dua garis warna, seperti putih dan hijau. Kamu juga tidak perlu repot dalam perawatannya, hanya cukup tanam di tempat yang lembab dan ciptakan drainase dengan baik.

16. Burung Cendrawasih


Mirip seperti namanya, tanaman ini memiliki bentuk yang unik seperti burung. Tanaman ini cocok jika kamu menyukai desain tanaman outdoor yang berbeda daripada umumnya. Dengan warna oranye kontras, tanaman burung cendrawasih mampu menghidupkan suasana halaman rumah. Untuk perawatannya, kamu perlu memastikan tanahnya lembab, menyiramnya, dan memberikan pupuk secara teratur. Dan letakkan tanaman ini di tempat yang cukup mendapatkan sinar matahari.

17. Hydrangea

Termasuk ke dalam tanaman semak, tanaman ini sangat cocok untuk kamu gunakan di area outdoor. Hydrangea memiliki varietas yang sangat banyak dan mampu tumbuh subur di berbagai iklim yang berbeda.

18. Pohon Lemon

Siapa bilang tanaman hias outdoor hanya berupa bunga? Tanaman buah juga dapat kamu gunakan untuk mempercantik rumah. Terlebih lagi, buahnya bisa kamu konsumsi langsung saat musim panen tiba. Dengan lemon yang berwarna kekuningan, pohon ini dapat menciptakan kesan fresh pada rumah dan bahkan mampu memberikan energi positif. Sayangnya, pohon ini membutuhkan perawatan ekstra dibanding yang lain. Kamu perlu menyemprotkan air secara teratur di setiap helaian daunnya dan pastikan pohon lemon terkena sinar matahari langsung.

Baca juga: 7 Tanaman Hias Gantung Untuk Rumah yang Lebih Hijau

---

Itu dia sederet inspirasi tanaman hias outdoor yang bisa kamu letakkan di rumah. Tanaman hias outdoor mampu mempercantik rumah. Namun, perlu diingat bahwa, kamu perlu memilihnya dengan baik karena apabila tanaman tersebut tidak cocok, maka rumahmu akan terlihat berantakan. Oleh sebab itu, sesuaikan tanaman hias outdoor dengan desain keseluruhan rumah. Kemudian siapkan budget yang cukup. Jika kamu tidak ingin repot dalam merawat tanaman hias, pilihlah tanaman yang hemat air dan resisten terhadap cuaca.

Tertarik memperoleh informasi bermanfaat lainnya seputar properti? Kunjungi website kami untuk mengetahui fakta-fakta unik dan inspirasi-inspirasi seputar inspirasi rumah impian lainnya.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua