Spinner Icon

Tanaman Ini Bisa Menjaga Suhu Ruangan Tetap Sejuk

Author Image
Info Terbaru · 5 Juli 2018
KOMPAS.com - Seringkali rumah tak mampu melindungi penghuninya dari sengatan panas. Untuk membantu menguranginya, Anda bisa menanam beberapa jenis tanaman yang mampu menjaga suhu agar tetap sejuk.

Tanaman hias dalam ruangan (indoor plant) tak hanya berfungsi sebagai pajangan saja. Tetapi juga bisa mengurangi pencemaran udara di dalam ruangan.

Jenis tanaman ini menyerap bahan pembuat polusi melalui lubang kecil pada mulut daun yang terbuka. Tanaman hias dalam ruangan yang umum digunakan, bisa menghilangkan sejumlah bahan pencemar ruangan.

Tanaman yang sesuai dapat mengurangi suhu ruangan. Ditambah dengan uap air yang dilepaskan membantu menjaga kelembapan dalam ruangan hingga 30 sampai 60 persen. Selain itu tanaman ini juga mampu mencegah retak pada kayu.

Philodendron, Spider Plant, Golden Pothos merupakan tanaman yang paling efektif dalam menyerap molekul formaldehid.

Palem bambu (Chamaedorea seifrizii)

Jenis tanaman ini sangat populer digunakan sebagai pajangan dan dekorasi ruangan. Untuk mengurangi panas di dalam rumah, palem bambu mampu mengurangi zat bensena, formaldehid, dan karbon monoksida dari udara.

Sri Rejeki atau Chinese Evergren (Aglaonema modestum)

Merupakan tanaman hias populer dari kelompok talas-talasan. Habitat asli tanaman ini ada di hutan tropis.

Sirih Gading atau Golden Pothos

Tanaman ini sangat mudah untuk ditanam. Selain itu, bentuknya yang kecil juga bisa ditempatkan dimana saja. Sirih Gading dikenal dari warna daunnya yang belang dengan warna hijau dan kuning cerah.

Tanaman ini akan menjaga udara tetap sejuk dan segar. Sirih Gading dapat hidup dengan baik di media tanam air putih.

Sanseviera (Sanseviera trifasciata)

Sanseviera merupakan jenis tumbuhan yang direkomendasikan oleh NASA untuk membantu membersihkan udara.

Tanaman ini menyediakan oksigen pada malam hari dan menjaga suhu tetap dingin dan menyerap sejumlah besar racun dari udara.

Lidah buaya

Cara alami mengurangi polutan dan mengurangi panas ruangan adalah dengan menanam lidah buaya. Jangan lupa untuk membersihkan interior ruangan secara berkala.

Merawat lidah buaya di dalam rumah sangat mudah, jika tanaman ini mendapatkan sinar matahari yang cukup. 

Cara alami meminimalisasi polutan adalah dengan menanam Lidah Buaya serta melakukan pembersihan secara berkala setiap ruang interior di dalam rumah.

Cara alami meminimalisasi polutan adalah dengan menanam Lidah Buaya serta melakukan pembersihan secara berkala setiap ruang interior di dalam rumah.(mnn.com)
Selain itu masih ada bunga Gerbera daisy dan krisan memiliki kemampuan luar biasa dalam menyerap bensena dari ruangan tertutup.

Jenis tanaman lain yang baik digunakan untuk mengurangi pencemaran udara dalam ruangan adalah Dracaena massangeana dan Mauna loa (Spathiphyllum).

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua