Spinner Icon

Tanaman Pengusir Nyamuk yang Bisa Ditanam di Rumah

Author Image
Info Terbaru · 20 November 2020
Table of Contents:

Tanaman Pengusir Nyamuk alami merupakan alternatif agar terhindar dari nyamuk yang mengganggu. Mengingat sudah masuknya musim hujan yang akan mengakibatkan banyaknya jumlah nyamuk di rumah. Saat hujan turun genangan air akan terbentuk sehingga nyamuk dapat hidup pada wadah tertentu di rumah. Seperti di ember, pot bunga, saluran air, dan sebagainya.

Untuk itu kamu harus lebih waspada dengan situasi ini. Berdasarkan informasi di website kesehatan, ketika memasuki musim hujan sangat rentan adanya masalah kesehatan seperti penyebaran virus Demam Berdarah Dengue atau biasa disebut DBD. Virus berbahaya DBD ini dibawa oleh nyamuk Aedes Aegypti yang tidak bisa diremehkan keberadaannya.

Selain membersihkan rumah dan halaman agar tidak menjadi sarang nyamuk, cara lain yang bisa kamu lakukan yaitu dengan menanam beberapa Tanaman Pengusir Nyamuk. Siapa yang mengira tanaman cantik ini tidak disukai oleh nyamuk. Yuk simak ulasan berikut mengenai Tanaman Pengusir Nyamuk yang bisa kamu tanam di rumah.


Tanaman Pengusir Nyamuk Geranium dengan Warna Indah


(Shutterstock)

Tanaman Pengusir Nyamuk yang satu ini selain memiliki warna indah dia juga punya bentuk yang cantik seperti tanaman hias pada umumnya. Tanaman bernama Geranium ini diketahui sebagai salah satu jenis tumbuhan yang dapat mengusir nyamuk lho.

Geranium memiliki dua kandungan yaitu geraniol dan sitronelol yang tidak disukai nyamuk. Kedua kandungan ini sangat tidak disukai oleh nyamuk karena aromanya yang harum ketika tertiup angin. Oleh karena itu kamu bisa menanamnya di halaman rumah dengan menaruh di dalam pot bunga. Kamu juga bisa meletakkannya di dalam rumah sebagai pengusir nyamuk sekaligus mempercantik ruangan. Aromanya yang harum dapat menjadi pewangi ruangan di rumah.


Tanaman Pengusir Nyamuk Zodia yang Terkenal Ampuh


(Shutterstock)

Zodia merupakan tanaman hias yang dapat menjadi alternatif lain untuk mengusir nyamuk di rumah kamu. Tanaman Pengusir Nyamuk yang satu ini memiliki ciri khas daun yang panjang berukuran 20 centimeter dengan warna hijau yang cantik. Zodia memiliki dua kandungan zat yang tidak disukai oleh nyamuk yaitu zat linanool dan a-pinene.

Zodia tidak kalah cantik dengan geranium sehingga dapat ditanam sebagai tanaman hias juga pada hunian. Tanaman Pengusir Nyamuk ini merupakan tanaman asli Indonesia yang berasal dari Papua. Seiring berjalannya waktu, zodia dapat ditemukan diberbagai daerah sehingga dapat memudahkan untuk ditanam di rumah.


Tanaman Pengusir Nyamuk Catnip (Napeta Cataria) Kesukaan Kucing


(Shutterstock)

Tanaman Pengusir Nyamuk yang ampuh selanjutnya yaitu Catnip atau Napeta Cataria. Yaps betul banget tanaman ini digemari banyak kucing. Jika kamu memiliki kucing peliharaan di rumah wajib untuk menanam Catnip. Di dalam tanaman Catnip memiliki zat khusus yang dapat merangsang kucing menjadi lebih aktif bergerak dan nafsu makan bertambah.

Berbanding terbalik oleh nyamuk, tanaman ini justru yang paling ditakuti. Mengapa? Hal itu dikarenakan catnip memiliki kandungan zat alami berupa minyak esensial nepetalactone. Dipercaya bahwa zat tersebut ampuh mengusir nyamuk namun tetap aman untuk kucing.

Kamu bisa menanamnya di halaman rumah agar tumbuh tinggi dan subur. Kamu juga bisa menanam di pot bunga dengan rutin membersihkan bagian atas tanaman agar tidak menghalangi pemandangan.


Si Cantik Lavender Merupakan Salah Satu Tanaman Pengusir Nyamuk


(Shutterstock)

Tanaman Pengusir Nyamuk satu ini pasti sudah banyak yang mengetahuinya. Dengan warna ungu yang cantik dan memiliki aroma yang harum, lavender kerap menjadi bahan untuk kandungan lotion anti nyamuk. Lavender tidak disukai oleh nyamuk karena aromanya yang menyengat dan wangi. Lavender juga mengandung zat linalool dan lynalyl asetat yang sangat dihindari nyamuk.

Kamu bisa meletakkan Tanaman Pengusir Nyamuk ini di dalam pot dekat pintu rumah atau sisi pada jendela agar nyamuk enggan masuk ke dalam rumah. Untuk memperindah halaman rumah sekaligus mencegah nyamuk datang, kamu bisa menanam lavender langsung di tanah pada halaman rumah.

 

 

 

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua