Spinner Icon

Tetap Mewah, Ini Dia Inspirasi Desain Dapur Minimalis

Author Image
Nabila Azmi
Info Terbaru · 4 Agustus 2022
Table of Contents:
  • Konsep Dapur Minimalis
  • Inspirasi Desain Dapur Minimalis yang Kekinian
  • Dapur Minimalis dengan Dominasi Putih
  • Dapur Minimalis dengan Dominasi Hitam
  • Dapur Minimalis dengan Warna Cerah
  • Dapur Minimalis Modern
  • Dapur Minimalis Mid-Century
  • Dapur Minimalis Kontemporer
  • Dapur Minimalis dengan Konsep Ruang Open-Plan
  • Dapur Minimalis dengan Nuansa Alami
  • Dapur Minimalis Tropikal
  • Dapur Minimalis Industrial
  • Tips Desain Dapur Minimalis
  • 1.   Fokus pada material yang mempercantik tampilan dapur
  • 2.   Manfaatkan setiap sudut dapur secara maksimal
  • 3.   Aplikasikan Skema Monokromatik


Seiring perkembangan zaman, perhatian terhadap pilihan dekorasi rumah semakin meningkat. Hal ini bertujuan untuk dapat mempertahankan kesan indah dan nyaman bagi rumah.

Tren desain dengan kesan minimalis tidak hanya berkembang untuk rumah saja. Tren ini juga berlaku bagi desain dapur. Dapur sebagai salah satu komponen inti dalam rumah yang memegang peran penting dalam meningkatkan keindahan rumah.

Di masa modern ini, kamu pasti udah sering melihat ide-ide dapur minimalis di media sosial. Mulai dari desain interior dan gaya dapur, hingga peralatan masak-memasak semua dipadukan dengan gaya minimalis dan modern.

Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang desain dapur minimalis beserta inspirasi-inspirasi desain dapur minimalis.

Konsep Dapur Minimalis

Prinsip yang mengakari konsep dapur minimalis adalah membersihkan dapur selaku ruang multifungsi dari hal-hal yang tidak diperlukan. Konsep ini mengutamakan kesan ruang yang bersih yang hanya menampilkan beberapa barang yang berharga yang dapat memberikan nilai kebahagiaan dan fungsionalitas.

Filosofi desain dapur minimalis berpusat pada cara hidup praktis dan efisien. Dapur minimalis memberikan kesan yang simpel dengan sedikit atau tanpa detail dekoratif dan bergaya faris arsitektur sederhana.

Inspirasi Desain Dapur Minimalis yang Kekinian

Seiring berkembangnya zaman, sebagian besar desain yang kita anggap modern sebenarnya berasal dari tahun 1930-an. Salah satu desain andalan dapur minimalis adalah lemari datar sederhana. Lemari ramping tanpa gagang ini sudah ada sejak tahun 1960-an dan menjadi ciri khas desain dapur modern sekarang.

Masih bingung dengan konsep dapur minimalis? Berikut adalah beberapa inspirasi yang dapat membantu memahami lebih jelas tentang desain dapur minimalis.

Dapur Minimalis dengan Dominasi Putih


Dapur minimalis serba putih (Sumber: arsitag.com)

Gaya minimalis sangat identik dengan warna putih. Warna serba putih dapat menciptakan kesan yang bersih, sederhana, serta modern.

Jika warna putih dirasa terlalu sederhana, kamu dapat menggunakan warna putih glossy yang memiliki karakteristik seperti cermin yang mampu memantulkan cahaya.

Dapur Minimalis dengan Dominasi Hitam


Pesona dapur minimalis serba hitam (Sumber: arsitag.com)

Tidak kalah dengan warna putih, warna hitam juga menciptakan nuansa dapur yang keren dan modern. Warna hitam sendiri dapat memberikan kesan yang kokoh dan sangat elegan. Selain itu, warna hitam juga akan lebih mudah dirawat karena tidak mudah kotor.

Dapur Minimalis dengan Warna Cerah


Desain dapur minimalis bernuansa hangat dengan warna cerah (Sumber: arsitag.com)

Meskipun minimalis, desain minimalis tidak selalu harus minim warna atau monoton. kamu juga dapat menggunakan berbagai warna untuk tetap menonjolkan karakteristik minimalis dapur.

Warna-warna kontras dapat kamu gunakan untuk mendatangkan kesan ceria dan cerah. Namun, untuk tetap mempertahankan gaya minimalis dari dapur, pastikan warna yang kamu pilih dapat dipadukan dengan baik dan tidak berlebihan.

Dapur Minimalis Modern

Desain minimalis umumnya didominasi oleh warna-warna monokrom senada, misalnya putih, hitam, dan abu-abu. Namun, ternyata perpaduan warna lain juga dapat digunakan untuk menciptakan desain dapur minimalis yang tidak kalah keren.


Desain dapur minimalis kesan modern oleh Dezan Studio (Sumber: arsitag.com)

Sebagai contoh, dapur minimalis yang didesain oleh Dezan Studio ini memadukan warna putih dan coklat muda dari kayu dengan aksen warna biru muda dan jingga. Desain ini memberikan tampilan dapur minimalis yang keren dan unik.

Dapur Minimalis Mid-Century


Konsep mid-century modern untuk desain dapur minimalis (Sumber: arsitag.com)

Karakter desain mid-century memiliki karakteristik adanya bentuk lengkung di sudut-sudut meja dan kursi pantry. Desain ini juga menggunakan dominasi warna coklat susu untuk memberikan kesan alami ke dalam karakter sederhana dari desain tersebut.

Dapur Minimalis Kontemporer


Desain dapur minimalis kontemporer (Sumber: arsitag.com)

Furnitur atau interior dengan gaya kontemporer sangatlah cocok jika dipadukan dengan desain minimalis. Beberapa contoh interior yang dapat diaplikasikan untuk dapur minimalis kontemporer antara lain lemari dan meja dapur berbentuk kotak simetris, lampu gantung, serta meja dan kursi makan dengan gaya kontemporer.

Dapur Minimalis dengan Konsep Ruang Open-Plan


Konsep ruang open-plan untuk dapur minimalis (Sumber: arsitag.com)

Ruang open-plan adalah salah satu ciri khas dari desain minimalis yang juga dapat diaplikasikan ke dalam desain dapur. Konsep dari desain ini adalah menggabungkan ruang yang digunakan untuk dapur dan ruang makan dengan perpaduan desain yang saling melengkapi dan warna yang senada.

Dapur Minimalis dengan Nuansa Alami


Dapur minimalis yang hangat dengan nuansa natural dan alami (Sumber: arsitag.com)

Tahukah kamu kalau nuansa asri atau alami di dapur dapat meningkatkan mood saat memasak? Desain dapur minimalis dengan nuansa alami juga sudah banyak diterapkan pada masa kini.

Kesan back to nature pada dapur dapat kamu ciptakan dengan meletakkan tanaman-tanaman hijau di sekitar dapur, baik dalam bentuk pot yang diletakkan di meja ataupun pot gantung.

Dapur Minimalis Tropikal


Desain dapur minimalis tropikal yang modern (Sumber: arsitag.com)

Desain dapur minimalis tropikal memiliki tampilan yang keren dan modern. Desain dapur minimalis tropikal didominasi oleh perabot dapur bermaterial kayu yang mendorong kesan tropikal alami. Kayu yang memiliki kesan mewah didesain sedemikian rupa untuk menyeimbangi warna putih dari dapur yang memberikan kesan ‘dingin’ bagi ruangan. Konsep ini juga dapat melambangkan keseimbangan ‘yin dan yang’ dalam kehidupan.

Dapur Minimalis Industrial


Desain dapur minimalis dengan interior bergaya industrial (Sumber: arsitag.com)

Kolaborasi antara gaya minimalis dan gaya industrial ternyata memiliki daya tarik tersendiri yang tidak kalah dengan desain dapur minimalis lainnya. Perpaduan antara material-material konsep minimalis, seperti kayu dan beton, dapat dipadukan dengan gaya industrial, seperti finishing material yang kasar atau penggunaan interior yang bergaya industrial.

Penerapan warna monokrom seperti warna hitam dan abu-abu adalah salah satu ciri khas dari desain dapur minimalis industrial.

Tips Desain Dapur Minimalis

Berikut adalah beberapa tips yang dapat kamu terapkan ketika membangun dapur minimalis:

1.   Fokus pada material yang mempercantik tampilan dapur

Setiap orang pasti ingin dapur mereka terlihat cantik. Hal ini tentu tidak terlepas dari perabotan atau peralatan dapur yang cantik.

Ada beberapa material yang dapat digunakan untuk mendesain dapur secara minimalis, misalnya marmer atau batu dengan pola yang indah. Material-material ini dapat kamu gunakan baik pada meja atau lemari.

Salah satu tips untuk menjaga ruangan agar tetap terlihat hangat adalah dengan menambahkan sentuhan akhir berupa logam hangat, seperti warna emas, kuningan, dan tembaga, atau kamu dapat menggunakan kayu untuk meningkatkan daya tarik visual alami.

2.   Manfaatkan setiap sudut dapur secara maksimal

Tata letak dapur yang baik dan penyimpanan yang memadai adalah salah satu hal yang penting dalam mendesain dapur minimalis. Penyimpanan dapur secara efisien harus menjadi prioritas dalam merencanakan desain dapur minimalis.

Kombinasi penggunaan rak tertutup dan terbuka adalah salah satu ide yang dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan lemari dapur atau pulau dapur yang besar. Misalnya, barang-barang seperti keramik berharga atau vas yang jarang digunakan dapat diletakkan di rak terbuka untuk dinikmati saat tidak digunakan, sedangkan perabotan pecah belah yang halus lebih baik ditempatkan di lemari tertutup.

3.   Aplikasikan Skema Monokromatik

Dapur dengan dominasi warna putih merupakan desain yang selalu terlihat segar, bergaya, modern, dan minimalis. Namun, dapur dengan warna putih umumnya membutuhkan jumlah perawatan dan perhatian yang tidak kecil. Kamu dapat menggunakan permukaan kerja yang tidak berwarna putih untuk mengurangi pembersihan yang harus dilakukan.

Meskipun dapur serba putih terlihat bergaya dan modern, terkadang hal ini mungkin dirasa membosankan. Sebagai solusi, kamu dapat mengganti setidaknya satu atau dua elemen terkait warna dan tekstur. Warna dinding dan lantai dapur dapat kamu ganti, misalnya dinding warna warni, lantai dapur material kayu atau batu alami, dan lain-lain.

Sebagai salah satu bagian dengan peran terpenting bagi rumah, desain dapur harus didesain sedemikian rupa agar dapat memenuhi fungsinya dengan baik. Dapur juga harus dapat terlihat cantik dan nyaman.

Pastikan desain dapur minimalis yang kamu pilih tidak bertabrakan dengan desain rumah kamu. Konsultasikan dengan arsitek kamu terkait desain dan tata letak dapur yang paling efisien untuk rumah minimalismu.


 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua