Spinner Icon

Tiga Mitos Mengenai KPR Syariah

Author Image
Info Terbaru · 19 September 2016
Ada banyak mitos-mitos yang berkembang di antara masyarakat mengenai KPR syariah yang sering membuat masyarakat tersebut enggan menggunakan KPR syariah sebagai jalan untuk pilihan untuk KPR rumah impiannya.


Berikut adalah tiga mitos utama yang sering didengar tentang KPR syariah.


Tidak menguntungkan


Salah satu mitos utama mengenai KPR syariah berhubungan dengan sistem margin yang dimiliki oleh KPR syariah. Banyak orang yang menganggap bahwa KPR syariah beserta sistem marginnya hanya akan memberatkan para kreditur. Mitos ini berkembang karena banyak orang hanya melihat secara sekilas dan tidak memahami secara mendalam besaran angsuran dan karakter yang dimiliki dari KPR syariah. 


Memang jika dilihat secara sekilas dan dibandingkan dengan angsuran dari KPR konvensional, angsuran dari KPR syariah memang terlihat besar. Padahal kenyataannya, dengan menggunakan sistem margin, pihak bank akan bersikap terbuka terhadap keuntungan yang didapatkannya dan angsuran yang terlihat besar tadi merupakan pengaplikasian dari konsep bagi hasil, yang menekankan pada pembagian keuntungan dan kerugian secara ideal antara bank dan kreditur.


Banyak juga orang yang terlalu optimis, yang menganggap dan berharap bahwa keadaan suku bunga akan terus membaik, oleh karena itu mereka menganggap sistem margin dari KPR syariah tidak akan menguntungkan mereka, karena sistem ini tidak memungkinkan mereka merasakan angsuran yang lebih ringan dari yang diperkirakan sebelumnya. Padahal, kenyataannya tidak ada seorang pun yang dapat memastikan keadaan suku bunga di kemudian hari, oleh karena itu, ketenangan, kepastian, dan kenyamanan dari sistem margin adalah kelebihan tersendiri yang tidak dapat ditemukan pada sistem bunga dari KPR konvensional yang sering tidak disadari oleh banyak orang.


Minim pilihan

Masih banyak orang yang menganggap bahwa properti-properti yang ditawarkan secara syariah masih sangatlah terbatas. Hal ini adalah sebuah pemikiran yang salah besar, Sebaliknya, semakin banyak properti-properti yang bisa dimiliki lewat KPR syariah, terutama jika Anda menggunakan situs BTN Properti btnproperti.co.id, yang memungkinkan Anda untuk memilih metode KPR yang sesuai untuk Anda, apakah itu syariah atau konvensional, untuk semua properti yang ditawarkan. Oleh karena itu mitos dari minimnya pilihan KPR syariah adalah sebuah mitos yang tak berakar.


KPR syariah hanya untuk penganut agama tertentu

Ini adalah salah satu mitos yang sering salah dipahami dari KPR syariah. Banyak orang yang menganggap bahwa KPR syariah adalah sebuah program untuk memiliki rumah, khusus  untuk nasabah yang beragama Islam. Padahal pada kenyataannya, operasional dari KPR syariah tidak memiliki sama sekali unsur-unsur ritual keagamaan, atau dengan kata lain, KPR syariah terbuka untuk semua golongan. KPR syariah adalah sebuah program perbankan yang mengikuti prinsip bisnis syariah, yang salah satunya melihat bahwa sistem bunga adalah sebuah tindakan riba yang tidak patut untuk diaplikasikan dalam bisnis. 


Jadi jika Anda merasa sesuai dengan kelebihan-kelebihan dari KPR syariah atau merasa bahwa sistem yang dianut dari KPR syariah lebih tepat untuk Anda, maka Anda dapat menggunakan program KPR syariah untuk memiliki rumah idaman Anda, tanpa memandang keyakinan apa yang Anda anut.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua