Spinner Icon

Tinggal di Apartemen, di Lantai Atas atau Bawah?

Author Image
Info Terbaru · 23 Agustus 2016
Ketika Anda hendak memilih hunian impian di zaman ini, kemungkinan besar Anda akan dihadapkan pada dua pilihan utama, yaitu memilih rumah atau apartemen sebagai tempat hunian pilihan Anda. Bagi masyarakat kota, terutama mereka yang memiliki budget yang cukup, apartemen sering menjadi solusi yang lebih menarik karena berbagai kelebihan yang ditawarkannya, terutama fasilitas dan lokasi. Apalagi sekarang bukan hanya rumah yang menawarkan kredit lewat program KPR, melainkan apartemen juga menawarkan KPA layaknya KPR rumah yang memungkinkan seseorang memiliki apartemen dengan beban yang lebih ringan.


Biasanya ketika seseorang sudah memutuskan untuk memilih apartemen, akan muncul sebuah pertanyaan baru, yaitu lantai manakah yang akan diambil, apakah lantai atas atau lantai bawah? Pertanyaan ini menjadi penting karena kedua-duanya memiliki karakteristik yang berbeda-beda, termasuk dalam masalah harga.


Lantai atas

Unit apartemen lantai atas sering menjadi incaran banyak orang karena berbagai hal. Salah satu hal utama yang mereka pertimbangkan adalah pemandangan fantastis yang ditawarkan dari unit yang berada di lantai atas. Pertimbangan lain yang juga turut dipertimbangkan adalah fakta bahwa unit lantai atas umumnya lebih tenang daripada unit lantai bawah, terutama atas kebisingan lalu lalang para penghuni penghuni apartemen lainnya. Khusus bagi mereka yang ingin menjadikan unit apartemen sebagai lahan investasi, unit lantai atas merupakan pilihan yang lebih menarik, karena permintaan atas unit lantai atas cenderung meningkat, yang membuat harga unit lantai atas yang cenderung naik lebih signifikan daripada unit lantai bawah.


Permintaan yang banyak dari unit lantai atas juga membuatnya sebagai suatu barang yang sulit untuk ditemukan, dan jika pun Anda menemukannya, jangan heran terhadap label harga selangit yang diberikan kepadanya. Selain harga yang mahal, unit lantai atas juga memiliki beberapa kelemahan, yang cukup signifikan adalah risiko yang dimiliki pemiliknya ketika terjadi keadaan darurat, seperti kecelakaan atau kebakaran. Selain itu, waktu dan energi yang dibutuhkan untuk memasukkan atau memindahkan barang akan juga lebih besar jika Anda memiliki unit di lantai atas.


Lantai bawah

Bagi Anda yang memiliki fobia atau rasa takut akan ketinggian, maka unit yang berada di lantai bawah dapat menjadi sebuah pilihan yang tepat bagi Anda. Belum lagi, unit di lantai bawah akan memiliki harga yang jauh lebih murah daripada unit-unit lantai atas. Jika terjadi suatu bencana atau keadaan darurat, unit lantai bawah menawarkan akses keluar bangunan yang lebih baik daripada unit lantai atas.
Bagi penghuni apartemen lantai bawah, ada beberapa kekurangan yang turut mereka rasakan. Karena tidak memiliki lokasi yang tinggi, maka penghuni unit lantai bawah tidak akan disuguhi pemandangan fantastis layaknya penghuni unit lantai atas. Bukan hanya itu, mereka yang menghuni unit lantai bawah, juga lebih rentan merasakan polusi yang ada, terutama udara dan suara. Karena banyak yang berlalu lalang di sekitar unit lantai bawah, maka keamanan yang dimiliki unit lantai bawah juga tidak sebaik unik lantai atas.


Ada kelebihan, maka ada kekurangan, unit apartemen lantai atas ataupun lantai bawah memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, semuanya tergantung kepada Anda untuk menentukan manakah yang lebih cocok untuk Anda.
Jadi pilih yang mana?

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua