Spinner Icon

Tips Bukber Aman Selama Masa Pandemi

Author Image
Nabila Azmi
Info Terbaru · 18 April 2022

Setelah 2 tahun berturut-turut banyak aktivitas bertemu menjadi terbatas, di tahun 2022 ini buka puasa bersama atau bukber menjadi momentum untuk kembali silaturahmi dengan teman, mendekatkan diri dengan rekan kerja, dan handai taulan lain. Walaupun momen ini dinantikan oleh banyak orang, namun perlu tetap waspada, jangan sampai lengah karena pandemi masih berlangsung. Simak tips di bawah ini sebelum kamu bukber ya!

 

Pastikan Kamu dalam Kondisi Sehat

Sebelum mengiyakan ajakan untuk bukber pastikan kamu dan orang dalam circle-mu dalam keadaan sehat dan minimal sudah vaksin 2x. Hal ini dikarenakan beberapa tempat mewajibkan pengunjungnya untuk minimal sudah 2x vaksin dengan status di aplikasi pedulilindungi berwarna hijau. Jika kamu sedang merasa tidak enak badan atau sempat berinteraksi dekat dengan orang yang positif, sebaiknya tunda dulu acara bukber untuk mengurangi penyebaran virus.

 

Gunakan Masker dengan Benar

Gunakan masker dengan perlindungan yang baik. Kamu bisa memilih masker jenis KN95 atau KF94 yang memiliki tingkat perlindungan lebih tinggi. Pastikan juga masker yang kamu gunakan memiliki izin Kemenkes. Dan yang paling penting gunakan masker dengan benar. Saat makan sebaiknya masker tidak digantung, tapi diletakkan dengan benar dan aman salah satunya dengan meletakkan dalam wadah masker.

 

Pilih Lokasi Berbuka

Pilih lokasi berbuka yang memiliki sirkulasi udara yang baik dan menerapkan protokol kesehatan yang baik. Lokasi outdoor bisa jadi pertimbangan lebih baik karena memiliki sirkulasi udara yang baik. Jika berbuka dalam ruangan indoor pastikan ruangan memiliki sirkulasi udara dan hindari tempat yang terlalu ramai.

 

Perhatikan Kebersihan

Sering-seringlah mencuci tangan baik sesudah dan sebelum makan. Kamu juga bisa membersihkan meja terlebih dahulu dengan semprotan desinfektan. Dan juga bersihkan peralatan makan sebelum digunakan dengan tissue beralkohol dengan standar food grade.

 

Batasi Waktu

Sebaiknya batasi waktu berkumpul dan jangan terlalu lama untuk mengurangi risiko penyebaran virus. Setelah makan, langsung gunakan kembali masker. Dan berbicaralah dengan menggunakan masker.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua