Spinner Icon

Tips Memadupadankan Warna untuk Interior Rumah Anda

Author Image
Admin BTN Properti
Info Terbaru · 7 November 2016
Warna adalah salah satu aspek yang sangat penting untuk interior rumah. Karena warna tadi berperan besar dalam mempengaruhi kenyamanan Anda menghuni rumah tersebut. Salah memadupadankan warna interior rumah, bisa jadi membuat Anda merasa ogah tinggal di rumah sendiri.


Berikut ini sedikit tips sederhana dalam memadupadankan warna untuk interior rumah Anda secara baik agar si rumah menjadi semakin nyaman untuk dihuni.


Menerapkan warna gelap ke terang secara vertikal

Salah satu cara yang paling “aman” dan menarik dalam memadupadankan warna-warna yang memiliki kekontrasan gelap-terang yang berbeda jauh (seperti hitam dan putih) adalah dengan memadupadankannya secara vertikal. Misalnya menggunakan warna yang lebih gelap untuk lantai, warna yang cukup terang untuk dinding, dan warna yang terang untuk langit-langit. Dengan cara ini, rumah Anda akan terlihat lebih apik dan berwarna, namun tidak “menyakiti mata.”


Sesuaikan dengan warna perabotan Anda

Warna interior rumah akan selalu “berkolaborasi” dengan warna-warna dari perabotan Anda, oleh karena itu, dalam pemilihan warna interior, selalu pertimbangkan pula warna dari perabotan rumah Anda. 
Ketika Anda hendak mengecat rumah atau membeli perabotan rumah, usahakanlah untuk memilih warna yang memiliki keselarasan atau nuansa yang sesuai satu sama lain (perabotan dan warna dinding interior). Adanya kolaborasi yang baik dari warna perabotan dan interior rumah Anda akan memberikan tingkat kenyamanan yang lebih tinggi lagi dalam menghuni rumah tersebut.


Gunakan aturan 60-30-10

Salah satu teori yang umum digunakan dalam memadukan warna interior suatu ruangan rumah adalah 60-30-10. Maksud dari teori ini adalah, suatu ruangan umumnya akan memiliki tampilan yang apik jika terdiri dari 60% komponen warna utama, 30% komponen warna sekunder, dan 10% komponen dari warna-warna aksen atau tambahan.


Jangan lupakan selera personal

Meskipun ada banyak panduan-panduan dalam memadupadankan warna interior rumah secara baik, namun Anda juga harus tetap mempertimbangkan untuk menggunakan selera atau gaya pribadi Anda. Karena, pada dasarnya tidak ada warna yang salah untuk interior rumah, selama Anda dapat mengkolaborasikannya secara baik dengan warna-warna lainnya. 


Menggunakan warna yang Anda sukai untuk interior rumah akan membuat Anda lebih menghargai dan menyukai tinggal di rumah Anda tadi. Menggunakan warna favorit pada interior juga dapat menjadi penunjukan kepercayaan diri, sehingga orang lain dapat mengapresiasi Anda lebih baik lagi.


Memilih warna-warna yang tepat untuk interior rumah impian Anda memang penting, namun ada satu hal lain yang tak kalah penting harus Anda pertimbangkan, yaitu bagaimana Anda memiliki rumah impian tadi. Program KPR rumah adalah salah satu jalan bijak yang dapat Anda pilih untuk memiliki rumah idaman Anda, karena dengan program ini, Anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan rumah impian secara lebih ringan.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua