Spinner Icon

Tips Memilih Perumahan Supaya Tidak Salah Pilih

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 25 Oktober 2022
Table of Contents:

Rumah merupakan salah satu kebutuhan paling utama bagi setiap orang. Sebagai kebutuhan utama yang penting, banyak hal yang harus kamu pertimbangkan saat ingin membeli rumah, salah satunya adalah memilih perumahan yang tepat.

Banyaknya perumahan yang ada di berbagai lokasi tentu seringkali membuat kamu bingung terkait lokasi mana yang harus dipilih. Namun, dalam memilih perumahan ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Yuk, simak artikel ini untuk mengetahui tips-tips agar kamu tidak salah memilih perumahan.


Tips Memilih Perumahan

1. Menggali Informasi Sebanyak-Banyaknya Tentang Perumahan

Hal yang paling pertama dan paling penting untuk kamu lakukan sebelum memilih perumahan adalah untuk mengetahui dan mempelajari dengan baik tentang perumahan tersebut. Gali informasi sebanyak-banyaknya tentang perumahan yang ingin kamu pilih.

Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengumpulkan informasi, misalnya dengan mengumpulkan brosur-brosur perumahan. Biasanya hal ini dapat kamu temui di pameran properti atau di pusat perbelanjaan di mana banyak sales marketing yang membagikan brosur perumahan secara gratis. Kumpulkan sebanyak-banyaknya info agar kamu juga dapat memiliki banyak pilihan perumahan sebagai alternatif. Selain itu, dengan cara ini juga kamu dapat membandingkan satu perumahan dengan perumahan lainnya melalui informasi yang telah kamu dapatkan.


2. Melakukan Survei Lokasi Perumahan

Setelah mengumpulkan informasi terkait perumahan, kamu pasti memiliki beberapa alternatif lokasi perumahan yang sudah kamu pertimbangkan. Lakukanlah survei ke lokasi-lokasi perumahan yang kamu sukai terlebih dahulu. Hal ini karena ketika membeli properti, pasti tidak lengkap jika kamu tidak melihat properti tersebut secara langsung.

Kamu dapat melakukan survei bahkan sebelum kamu membuat janji dengan pihak developer atau marketing perumahan. Survei langsung seperti ini sangatlah penting karena kadang apa yang kita lihat dari brosur atau internet belum tentu sama dengan kondisi asli dari perumahan tersebut. Oleh karena itu, agar tidak salah pilih, pastikan kamu sudah melakukan survei ke kawasan perumahan secara langsung.


3. Pertimbangkan Lokasi Perumahan

Dari sekian banyak hal yang harus kamu pertimbangkan saat membeli rumah, lokasi perumahan adalah salah satu pertimbangan utama yang penting. Perhatikan apakah lokasi perumahan menyediakan fasilitas yang memadai, mulai dari akses transportasi, fasilitas umum, fasilitas kesehatan, dan lain-lain.

Pastikan setidaknya perumahan yang kamu pilih dekat dengan fasilitas kesehatan dan supermarket atau pasar. Kamu juga harus menghindari perumahan yang dekat dengan kawasan industri. Selain itu, kamu juga dapat mempertimbangkan adanya fasilitas lain seperti sekolah, universitas, pusat perbelanjaan, dan lain-lain.


4. Reputasi dan Kredibilitas Developer

Rasa saling percaya sangatlah dibutuhkan dalam proses jual-beli, salah satunya adalah jual-beli rumah yang tentunya melibatkan uang yang tidak sedikit. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk memilih developer rumah yang tepercaya. Periksalah track record dari developer tersebut, seperti kawasan yang sudah dibangunnya, testimoni dari penghuninya, dan lainnya.

Selain itu, pastikan kamu tidak memilih developer bodong karena tergiur akan harga murah yang ditawarkan. Jika kamu ditawari properti mewah dengan harga yang murah dan jauh dari standar, sebaiknya kamu bersikap waspada agar terhindar dari penipuan.


5. Mengetahui Konsep Perumahan

Selain lokasi, kamu juga harus memilih konsep perumahan yang paling cocok dengan seleramu dan keluarga. Saat kamu melakukan survei, pelajari juga konsep perumahan yang kamu pilih karena setiap perumahan akan memiliki konsep yang berbeda. Pastikan konsep perumahan yang kamu pilih dapat memberikan kenyamanan dan kepuasan bagi kamu dan keluarga, baik konsep minimalis, modern, ataupun klasik.


6. Memeriksa Fasilitas-Fasilitas yang Ditawarkan

Banyaknya fasilitas yang bisa diperoleh oleh penghuni perumahan menjadi salah satu keuntungan dari tinggal di perumahan. Sesuaikan kebutuhanmu dengan fasilitas yang disediakan oleh perumahan, misalnya tempat ibadah, keamanan, tempat bermain anak, dan lain-lain. Pastikan perumahan yang kamu pilih memiliki kebutuhan yang sesuai dengan kebutuhanmu dan keluarga.


7. Memeriksa Kualitas Bangunan

Setelah menemukan perumahan-perumahan yang ingin kamu pilih, kamu juga harus memeriksa kualitas di perumahan tersebut. Umumnya, rumah dengan kualitas baik akan memiliki harga yang lebih tinggi. Namun, kamu harus tetap waspada pada potensi kecurangan.

Pastikan kualitas rumah yang kamu dapatkan sesuai dengan harga yang telah kamu bayarkan. Lakukan survei langsung untuk melihat kondisi perumahan secara langsung dan pastikan bahwa rumah memiliki kondisi yang baik dan aman, serta tidak berkualitas asal-asalan.


8. Memeriksa Kebersihan dan Sistem Keamanan Lingkungan di Sekitar Perumahan

Lingkungan perumahan memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap rumah yang ada di dalamnya. Saat melakukan survei, pastikan kamu memeriksa kebersihan di sekitar perumahan. Setiap orang pasti ingin memiliki lingkungan rumah yang bersih agar hunian menjadi lebih nyaman untuk ditinggali. Kamu bisa memulai dengan mencari tahu tempat pembuangan sampah dan saluran air di perumahan tersebut.

Selain kebersihan, salah satu faktor lain yang paling penting dalam sebuah hunian adalah keamanan dari hunian itu sendiri. Keamanan juga dapat mempengaruhi kenyamanan dari penghuni dan keluarganya. Perumahan tanpa fasilitas keamanan tentunya akan lebih murah, tetapi pasti akan terasa tidak nyaman untuk tinggal di rumah yang tidak aman, bukan? Pastikan perumahan yang kamu pilih memiliki sistem keamanan yang baik, misalnya apakah ada CCTV, cara kerja petugas keamanan di perumahan, adanya portal, dan lain-lain.


9. Pertimbangkan Garansi Kerusakan Rumah

Perumahan pada umumnya akan menawarkan garansi kerusakan rumah untuk jangka waktu 3 bulan. Dengan garansi ini, jika ada kerusakan pada rumah yang terjadi dalam kurun waktu 3 bulan, maka pembeli bisa memanfaatkannya untuk memperbaiki kerusakan rumah tersebut. Perhatikan apakah perumahan yang kamu pilih menawarkan garansi. Manfaatkan garansi yang diberikan untuk memperbaiki kerusakan pada rumah, seperti dinding retak, atap bocor, dan lain-lain.


10. Memastikan Jenis Rumah yang Dipilih

Tips lain yang perlu kamu perhatikan adalah jenis rumah yang kamu pilih. Pastikan kamu dapat memilih rumah yang memiliki jenis yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Umumnya, perumahan akan menawarkan dua jenis rumah, diantaranya adalah rumah huni yang sudah siap ditempati atau rumah inden yang harus dibangun terlebih dahulu.

Jika kamu memilih rumah yang sudah siap ditempati maka kamu tidak perlu menunggu lama untuk dapat menempati rumah tersebut. Sedangkan jika kamu memilih rumah inden, maka kamu hanya dapat memilih lokasi yang tersedia di site plan. Rumah inden akan memakan waktu yang cukup lama untuk bisa kamu tempati.


11. Perhatikan Konsep Desain Rumah

Setiap orang pasti ingin memiliki rumah yang nyaman. Rumah dengan lingkungan sekitar yang asri dan hijau pasti akan lebih nyaman ditinggali. Perhatikan apakah perumahan yang kamu pilih menawarkan konsep eco-friendly atau ramah lingkungan.

Dengan konsep eco-friendly, rumah akan memiliki ruang hijau sehingga rumah lebih asri dan sehat. Selain itu, perhatikan juga apakah rumah memiliki pencahayaan dan ventilasi yang baik. Konsep rumah asri sangat memperhatikan pencahayaan dan ventilasi rumah yang memadai. Kamu juga dapat memeriksa apakah material bangunan yang digunakan memiliki sertifikat eco-friendly atau tidak.


12. Memastikan Sistem Pembayaran yang Digunakan

Sudah menemukan perumahan yang cocok dengan seleramu? Kini saatnya untuk menanyakan sistem pembayaran yang akan digunakan. Ada 3 sistem pembayaran rumah yang umum digunakan, yaitu Kredit Pemilikan Rumah (KPR), tunai (hard cash), dan tunai bertahap (cash installment). Kamu bisa memilih cara membayar yang paling cocok dengan kemampuan kamu membayarnya.

Pastikan sistem pembayaran yang kamu pilih sesuai dengan kemampuanmu untuk membayar. Jangan sampai kamu mengalami kesulitan dalam melunasi cicilan rumah.

Baca juga: Mau Ambil KPR di Usia Muda? Ini Dia Program KPR Milenial! 


Kesimpulan

Demikian tips-tips yang dapat kamu ikuti ketika ingin memilih perumahan, lokasi dari rumah yang ingin kamu beli. Pastikan kamu membeli rumah dari developer yang kredibel dan terpercaya agar tidak tertipu. Selain itu, sangat penting bagi kamu untuk melakukan survei langsung ke lokasi perumahan agar dapat melihat secara langsung kualitas rumah dan lingkungan dari perumahan yang kamu pilih. Kamu juga dapat merasakan langsung suasana tinggal di perumahan itu saat melakukan survei.

Ingin membeli rumah dengan mudah? Kini kamu tidak perlu takut kekurangan dana saat ingin membeli rumah. Ajukan KPR bersama BTN untuk membeli rumah. Ingin mengetahui lebih lanjut tentang KPR yang disediakan BTN? Klik link ini untuk mempelajari lebih lanjut.

 

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua