Spinner Icon

Tips Menciptakan Kesan Luas di Rumah Mungil Anda

Author Image
Info Terbaru · 28 November 2016
Rumah berukuran besar memang tidak bisa dimiliki oleh setiap orang. Meskipun ada program KPR rumah yang membuat proses pemilikan rumah menjadi lebih ringan, harga rumah berukuran besar tadi tetap saja sering berada di luar jangkauan banyak orang. Oleh karena itu, rumah yang berukuran sedang atau mungillah yang tetap menjadi pilihan orang untuk rumah mereka.


Namun, meskipun hanya memiliki rumah mungil, bukan berarti kita tidak bisa mengakalinya sehingga memiliki kesan luas, dengan trik-trik tertentu Anda pun bisa tidak sadar bahwa Anda sedang tinggal di sebuah rumah mungil


Hindari pemakaian furnitur besar


Furnitur berukuran besar akan sangat memakan tempat di ruangan-ruangan rumah Anda, sehingga akan membuat sebuah ruangan kecil terasa jauh lebih kecil lagi.


Menggunakan karpet


Karpet yang melapisi lantai-lantai rumah Anda dapat memberi kesan luas jika memiliki warna dan motif yang tepat. Warna karpet yang tepat untuk hal ini umumnya adalah karpet berwarna cerah, dan motifnya bukanlah motif yang sangat kecil dan sangat ramai.


Memadukan warna secara tepat


Bermain dengan warna untuk ruangan rumah Anda dapat memberi kesan ruangan yang lebih luas. Dengan paduan yang cerdik dari warna-warna yang kontras, maka ruangan di rumah Anda akan terasa lebih luas. Jika melakukan hal ini, perlu diingat untuk tidak terlalu banyak menggunakan warna untuk ruangan tadi, tiga saja cukup. Jika terlalu banyak warna, maka kesan sempitlah yang akan Anda rasakan di rumah Anda.


Memanfaatkan ruang


Ketika memiliki sebuah rumah mungil, maka hindarilah untuk menyia-nyiakan space dari ruangan rumah Anda. Sebaliknya, manfaatkanlah setiap space sehingga memiliki fungsi, misalnya menjadikan bagian bawah tangga sebagai tempat rak buku.


Mainkan pencahayaan


Sebisa mungkin pastikan bahwa ruang rumah Anda memiliki pencahayaan yang baik, hindari menggunakan pencahayaan yang kurang atau terlalu berlebih. Agar kesan luas semakin terasa, Anda dapat memilih jenis cat dinding yang memantulkan cahaya.


Memilih furnitur serbaguna 


Dengan memiliki furnitur serbaguna, maka Anda 
akan mengefisienkan penggunaan ruang rumah Anda yang pada akhirnya membuat semakin banyak ruang yang tersisa di rumah, yang kemudian memberikan kesan luas.


Menambahkan kaca cermin


Kaca cermin yang dipasang di dinding dapat memberikan sebuah ilusi ruang yang membuat sebuah ruang terasa lebih luas.


Serba warna putih


Selain menggunakan kombinasi warna, Sebuah ruangan juga bisa terasa lebih luas jika dijadikan serba putih. Warna ini akan membuat ruangan terasa bersih, kosong, dan menenangkan yang membuat sebuah ruang menjadi terasa luang. Warna putih juga umumnya bersifat memantulkan cahaya yang membuat ruangan menjadi lebih luas lagi.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua