Spinner Icon

Tips Merawat AC Rumah Agar Selalu Dingin dan Tahan Lama

Author Image
Admin BIT
Info Terbaru · 4 Desember 2020
Table of Contents:

Merawat AC Rumah menjadi sesuatu yang perlu diperhatikan jika kamu mengharapkan ruangan bisa selalu dingin dan awet. Adanya AC atau Air Conditioner di rumah merupakan hal yang bisa memudahkan kamu dalam memberikan kenyamanan. Namun, kadang kamu tanpa sadar menggunakan AC secara berlebihan seperti seharian tanpa mematikannya. Wajar saja mengingat betapa terik dan panasnya ruangan yang menjadikan kamu lupa mematikan AC tanpa istirahat. Belum lagi dengan kehadiran AC di rumah membuat kesejukan yang menenangkan.

Akan tetapi kamu harus Merawat AC Rumah dengan baik sehingga AC bisa awet dan tahan lama. Penggunaan secara terus menerus memungkinkan AC dapat mudah rusak jika tidak dirawat dengan baik. Apalagi dengan harganya yang cukup mahal sangat disayangkan jika tidak diperhatikan. Supaya AC dapat tahan lama dan membuat ruangan selalu dingin, berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Mari disimak agar Merawat AC Rumah bisa dilakukan secara mudah sehingga tetap berfungsi optimal.


Rutin Membersihkan dan Merawat AC Rumah



Merawat AC Rumah yang paling penting yaitu dengan membersihkan secara rutin. Proses pembersihkan ini sering dilupakan oleh empunya karena repot dan memakan waktu yang cukup lama. Padahal jika kamu membersihkan secara rutin, debu-debu dan kotoran pada AC tidak akan menumpuk. Sehingga AC dapat bekerja secara optimal dan ruangan bisa dingin. Untuk sekadar informasi, debu yang menumpuk di dalam AC akan membuat AC tidak terlalu dingin karena debu dan kotoran yang menyumbat. Kalau sudah begitu, bisa-bisa tagihan listrik membengkak karena AC memaksa untuk bekerja secara maksimal dan meningkatkan daya listrik berlebihan.


Bersihkan Filter AC Dalam Merawat AC Rumah



Merawat AC Rumah secara rutin akan membuat AC dingin dengan maksimal. Bukan hanya dapat bekerja secara maksimal, namun juga dapat membuat udara dari AC terasa sejuk dan bersih.  Jika dibiarkan begitu saja, maka AC bisa menjadi sumber kuman dan penyakit lho. Kotoran yang mengendap tadi bisa tersebar ke seluruh ruangan di rumah dan terhirup oleh keluarga. Nah, untuk itu disarankan membersihkan AC secara keseluruhan.

Hal utama yang dilakukan yaitu dengan membersihkan filter atau saringan AC. Filter AC harus dicek secara berkala dan diganti dengan yang baru jika sudah tidak layak digunakan. Bersihkan filter dari debu kemudian pastikan permukaan bebas kotoran, debu, dan bakteri. Kamu bisa melakukan pemeriksaan filter AC sebulan sekali ya agar AC dapat dingin sempurna. Merawat AC Rumah ternyata mudah, bukan?

 

Perhatikan Hal Penting Ini Agar AC Berfungsi dengan Baik



Agar Merawat AC Rumah dapat lebih maksimal, kamu juga harus memperhatikan suhu yang digunakan. Hindari pemakaian AC dengan suhu terlalu rendah. Penggunaan suhu yang rendah akan membuat AC bekerja terlalu keras dan dapat menimbulkan kerusakan. Usahakan mengatur suhu ruang sekitar 24-25 derajat. Tenang saja, kamu tidak perlu khawatir dengan tingkat sejuk ruangan, karena dengan suhu tersebut sudah dapat membuat ruangan dingin. Kemudian tutup pintu dan jendela agar dingin menyebar keseluruh ruangan.

Dan jangan lupa untuk mematikan AC jika tidak digunakan atau sedang bepergian, ya! Jangan biarkan tagihan listrik semakin membengkak dan AC bisa cepat rusak.


Merawat AC Rumah yang Baik Harus Rutin Servis



Melakukan penjadwalan untuk servis AC secara rutin merupakan cara Merawat AC Rumah yang tepat. Dengan tenaga profesional, AC kamu akan aman dan terasa seperti baru kembali. Walaupun rasanya kamu bisa melakukannya sendiri, namun dengan jasa servis ini bisa membantu memudahkan pekerjaanmu.

Jasa servis AC memiliki tenaga profesional yang dapat memeriksa secara baik kendala yang terjadi pada AC. Sehingga dapat dilakukan dan diperbaiki secara spesifik. Merawat AC Rumah sangat penting untuk kenyamanan hunian. Untuk itu lakukan pemeliharaan rutin 1-3 kali dalam setahun.

Jangan lupa untuk melakukan pengecekan AC kamu secara berkala agar tetap dingin dan awet, ya! Siapkan pula dana lebih untuk memanggil jasa servis AC untuk memastikan AC aman dan tidak rusak. 

 

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua