Spinner Icon

Tips Rumah Anti Nyamuk yang Bisa Dilakukan dengan Mudah

Author Image
Info Terbaru · 22 Mei 2021
Table of Contents:

Tips Rumah Anti Nyamuk bisa kamu lakukan di rumah agar hunian tetap terjaga dan terhindar dari nyamuk yang berbahaya. Selain bisa mengganggu aktivitas di rumah, kehadiran nyamuk bisa menimbulkan bahaya kesehatan untuk kamu dan keluarga tercinta.

Sebenarnya ada banyak cara untuk mengurangi hingga mengusir nyamuk dari rumah salah satunya dengan rutin membersihkan rumah dan menutup tempat penampungan air. Selain itu, kamu bisa menyiasatinya dengan melakukan hal mudah berikut ini agar nyamuk nggak betah dan takut untuk mendekat. Yuk simak artikel berikut ini!


Tips Rumah Anti Nyamuk Menggunakan Cat Dinding Warna Putih


(Pexels)

Tips Rumah Anti Nyamuk dengan menggunakan cat dinding warna putih memang terlihat sepele, namun jangan salah bahwa penerapan warna putih bisa mengusir nyamuk lho. Nyamuk tidak menyukai warna cerah seperti putih dan hijau. Sebaliknya, nyamuk malahan menyukai warna gelap seperti hitam, merah, dan biru tua. Maka dari itu ganti warna cat dinding kamu menggunakan warna cerah yang akan dibenci nyamuk. 


Tips Rumah Anti Nyamuk dengan Menggunakan Kelambu


(Pexels)

Tips Rumah Anti Nyamuk yang lebih efisien dan praktis yaitu dengan menggunakan kelambu pada tempat tidurmu. Kelambu merupakan alat pelindung yang terbuat dari kain tipis yang sedikit menerawang dengan berbagai pilihan bentuk dan warna. Penggunaan kelambu ini sudah dilakukan dari jaman dahulu hingga sekarang guna menghindari gigitan nyamuk yang bisa mengganggu saat istirahat.

Kamu tidak perlu khawatir akan kenyamanan dan keamanan penggunaan kelambu karena kelambu memiliki rongga pada permukaan kain yang dapat ditembus udara. Hal ini bertujuan agar tidur tetap nyaman dan mendapatkan udara yang cukup saat istirahat.


Tips Rumah Anti Nyamuk dengan Meletakkan Bunga Lavender


(Pexels)

Tips Rumah Anti Nyamuk lainnya yang ampuh dan mudah dilakukan yaitu dengan menggunakan bunga lavender. Pada umumnya bunga lavender digunakan untuk membantu tidur agar lebih nyenyak, tapi banyak juga yang menggunakannya sebagai pengusir hama.

Dengan warna ungu yang cantik dan memiliki aroma yang harum, lavender kerap menjadi bahan untuk kandungan lotion anti nyamuk. Lavender tidak disukai oleh nyamuk karena aromanya yang menyengat dan wangi. Lavender juga mengandung zat linalool dan lynalyl asetat yang sangat dihindari nyamuk.

Kamu bisa meletakkan bunga lavender ini di dalam pot dekat pintu rumah atau sisi pada jendela agar nyamuk enggan masuk ke dalam rumah. Untuk memperindah halaman rumah sekaligus mencegah nyamuk datang, kamu bisa menanam lavender langsung di tanah pada halaman rumah.

 

Lakukan Metode 5 M untuk Tips Rumah Anti Nyamuk


(Pexels)

Tips Rumah Anti Nyamuk yang paling ampuh yang bisa kamu lakukan yaitu dengan melakukan metode 3M. Metode 3M yaitu menguras, menutup, dan mengubur. 3M sendiri telah lama menjadi cara ampuh untuk mengurangi kehadiran nyamuk serta penyebaran penyakit demam berdarah agar tidak meningkat dan dapat mencegah timbulnya nyamuk Aedes Aegypti ini.

Pertama yang harus dilakukan yaitu menguras atau membersihkan tempat penampungan air seperti ember dan bak di kamar mandi. Kemudian menutup rapat tempat penampungan air yang berada di halaman rumah. Yang terakhir adalah mengubur barang-barang bekas atau tidak dipakai agar tidak menjadi tempat sarang nyamuk DBD tersebut. Agar lebih aman kamu juga dapat menaburkan bubuk Larvasida atau biasa disebut bubuk Abate pada tempat penampungan air. 

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua