Spinner Icon

Tips Rumah Bersih Biar Aman dari Virus Selama WFH

Author Image
Info Terbaru · 12 Oktober 2020
Table of Contents:

Tips Rumah Bersih wajib kamu ikuti apalagi dengan adanya virus COVID-19 yang membahayakan. Untuk kamu yang sedang bekerja di rumah atau WFH, melakukan kegiatan bersih-bersih dapat membantu agar tetap sehat lho. Dengan bersih-bersih tubuhmu akan bergerak aktif dan menghasilkan keringat seperti sedang berolahraga. Secara bersamaan akan mendapatkan rumah yang bersih dan tubuh yang sehat pula. Pastinya selama menjalankan himbauan di rumah saja membuat kamu merasa bosan, kan? Untuk itu berikan waktu luang untuk membersihkan rumah. Yuk ikuti Tips Rumah Bersih selama di rumah saja guna mencegah penyebaran virus.


Tips Rumah Bersih Awali dengan Membersihkan Pintu dan Jendela


(Shutterstock)

Hal utama yang dilakukan dari Tips Rumah Bersih berawal dari membersihkan pintu dan jendela. Pintu merupakan akses utama kita masuk atau keluar rumah. Begitu pula jendela yang merupakan tempat sirkulasi udara serta cahaya masuk ke ruangan. Pertama-tama bersihkan pintu dengan menggunakan lap basah. 

Pastikan untuk menghilangkan debu-debu yang menempel dan lap hingga mengkilap semua bagian pintu terutama gagang. Sebelum itu tentukan pembersih yang tepat untuk pintu dan hindari penggunaan bahan kimia yang keras agar tidak merusak lapisan pintu. Kemudian bersihkan jendela dengan lap dan semprotkan sabun pembersih pada permukaan kaca. Bersihkan jendela dengan arahan atas lalu ke bawah agar kotoran dapat dibersihkan secara menyeluruh.


Tips Rumah Bersih Berikutnya dengan Vakum Sudut Ruangan


(Shutterstock)

Ketika membersihkan rumah, kita sering melewatkan bagian terpenting seperti sudut ruangan. Apalagi jika sudut ruangan tersebut tersembunyi dari furnitur. Tips Rumah Bersih selanjutnya dengan menggunakan alat vacuum cleaner yang dapat menjangkau tempat-tempat sempit seperti bawah kasur, bawah meja, sofa, dan sudut karpet. Sudut ruangan tersebut pastinya menyimpan sisa debu yang sulit dibersihkan yang nantinya dapat menjadi bakteri jahat. Untuk meyakinkan sudah bersih dari debu, gunakan kemoceng untuk sekian kalinya.


Bersihkan Sprei Secara Rutin


(Shutterstock)

Tips Rumah Bersih selanjutnya dengan mengganti sprei kamar tidur secara berkala. Apalagi kamar tidur merupakan tempat yang sering kita gunakan setelah bepergian dari luar. Jangan sampai kotoran atau virus hinggap pada sprei kasur. Cuci hingga bersih menggunakan deterjen dan jemur di bawah sinar matahari agar virus hilang. 

Sebenarnya waktu ideal untuk mengganti sprei adalah 1-2 minggu sekali. Namun, bisa disesuaikan dengan keadaan sprei yang digunakan dan tidak perlu menunggu lama. Tips Rumah Bersih bisa didapatkan selama kamu di rumah saja dengan mudah dan low budget. Selain membersihkan rumah, bisa juga merapikan pakaian atau mengubah posisi tempat tidur agar lebih lapang.


Semprotkan Disinfektan DIY untuk Tips Rumah Bersih