Spinner Icon

Tips Untuk Interior Rumah Minimalis Anda

Author Image
Info Terbaru · 7 November 2016
Rumah dengan konsep minimalis kian diminati banyak orang karena berbagai alasan, mulai dari hemat ruang yang berujung pada penghematan uang, fungsionalitas yang tinggi, hingga mengikuti tren. Ironisnya, meski banyak yang berminat untuk memiliki sebuah rumah minimalis, tak sedikit pula di antara mereka yang tidak tahu bagaimana menciptakan rumah minimalis yang nyaman dan ideal untuk tempat hunian.


Kali ini kami akan membahas beberapa hal yang dapat dipertimbangkan untuk menciptakan rumah minimalis yang ideal dan nyaman.


Konsisten dengan konsep minimalis

Rumah minimalis bukan hanya berarti memiliki rumah yang berukuran mini, melainkan isi-isinya juga mencerminkan konsep sederhana. Ketika rumah yang minimalis diisi dengan hal-hal yang terlalu ramai, maka rumah tadi akan terasa lebih sempit dan penuh. 


Oleh karena itu, ketika Anda hendak mengisi rumah minimalis Anda, misalnya dengan memasangkan karpet, sofa, atau wallpaper, Sebisa mungkin pilihlah yang memiliki bentuk dan corak yang minimalis sehingga tidak “bentrok” dengan rumah Anda. Ketika Anda mengisi rumah minimalis Anda dengan hal-hal yang minimalis juga, maka akan terbentuk sebuah harmoni yang membuat rumah tadi menjadi lebih ideal dan nyaman untuk dihuni.


Pilih perabotan yang efisien dan fungsional, jangan berlebihan!


Lahan sempit yang ditawarkan rumah minimalis memaksa Anda untuk memutar otak dalam memilih perabotan untuk rumah Anda. Hal ini karena ketika Anda memasukkan perabotan secara berlebihan ke rumah Anda, maka pastinya rumah Anda akan menjadi penuh dan tidak nyaman untuk dihuni.


Oleh karena itu, ketika memilih perabotan untuk rumah Anda, pastikanlah bahwa perabotan tersebut memang berguna  di ruang tempat perabotan tadi akan diletakkan, misalnya memastikan apakah lemari memang diperlukan di ruang keluarga Anda. Kuantitas suatu perabotan juga penting dipertimbangkan, contoh yang aling sederhana adalah menentukan dengan tepat berapa banyak sofa yang dibutuhkan untuk ruang tamu Anda.


Perhatikan penggunaan sekat untuk rumah Anda

Orang terbiasa menggunakan sekat permanen (seperti dinding) untuk memisahkan satu ruangan dengan ruangan lainnya. Padahal praktek ini sebenarnya kurang efisien karena memakan cukup banyak ruang di rumah Anda.


Solusinya adalah dengan mengganti penyekat ruangan ke hal-hal lain, misalnya menggunakan perabotan sebagai penanda batas ruangan (contoh, menggunakan kitchen table sebagai pembatas dapur), atau menggunakan penutup lantai (flooring) yang berbeda pada ruangan yang berbeda (misalnya parket kayu untuk ruang keluarga dan keramik untuk dapur).


Jaga kerapian rumah Anda

Memiliki rumah minimalis berarti Anda harus rajin membersihkan dan menata rapi rumah Anda. Karena sedikit saja ada perabotan yang tidak tertata rapi, maka efek berantakannya akan lebih terasa jika dibandingkan dengan rumah besar. Sehingga kenyamanan tinggal di rumah minimalis menjadi jauh berkurang ketika rumah tadi berantakan.


Setelah tahu bagaimana cara menciptakan rumah minimalis yang nyaman dan ideal, maka Anda kini dapat memikirkan bagaimana cara memilikinya. 


Program KPR rumah dapat menjadi pilihan Anda untuk memiliki rumah minimalis idaman Anda, karena program ini memungkinkan Anda untuk memiliki rumah idaman tadi dengan proses yang lebih ringan. Karena dengan KPR rumah, Minimalis rumahnya, minimalis pula angsurannya tiap bulannya.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua