Spinner Icon

Tips Untuk Investor Pemula di Bidang Properti

Author Image
Admin BTN Properti
Info Terbaru · 16 Oktober 2016
Investasi properti adalah sebuah “mainan besar” yang dapat dengan mudah memberi keuntungan atau kerugian yang besar. Namun selalu ada yang pertama untuk segala hal, oleh karena itu Anda tidak perlu terlalu takut ketika Anda hendak turun ke dunia yang menarik ini. 


Berikut adalah beberapa tips sederhana bagi Anda yang hendak masuk ke dunia yang menarik ini.
Anda bisa kredit untuk investasi


Selalu ingat, bahwa untuk barang investasi properti Anda, Anda akan memiliki opsi kredit untuk memiliki properti tersebut secara lebih ringan. Anda bisa menggunakan KPR untuk rumah, KPA untuk apartemen, dan KP Ruko untuk rumah toko.


Siapkan dana

Dana di sini adalah dana berupa uang muka untuk membayar investasi tersebut di awal (apakah lewat KPR atau cara lainnya), dana operasional untuk memastikan bahwa properti investasi Anda tetap pada keadaan terbaik, sehingga mudah dijual dan memiliki harga tinggi di kemudian hari, dan dana jaga-jaga untuk membayar berbagai kebutuhan tidak terduga yang muncul selama Anda berinvestasi. Hal ini penting agar proses investasi Anda tetap berjalan dengan lancar.


Lunasi Utang

Jika Anda memilih menggunakan program kredit untuk investasi Anda, lunasilah terlebih dahulu utang yang Anda miliki agar pengajuan kredit Anda lebih mudah untuk dikabulkan. Seandainya pun Anda tidak menggunakan program KPR untuk investasi Anda, adanya utang dapat memberi risiko tambahan dalam investasi Anda yang dapat berbahaya jika Anda belum terlalu mahir pada seluk beluk dunia investasi.


Hitung keuntungan

Ketika Anda berinvestasi, hitung dan perhitungkanlah keuntungan yang bisa Anda dapatkan nantinya. Perhitungan di awal dapat menjadi tindakan yang baik, karena dengan itu Anda dapat membandingkan, apakah investasi Anda berjalan dengan baik atau tidak. Jika Anda memilih menggunakan program pemilikan (misalnya KPR), Anda dapat melakukan simulasi KPR (atau bentuk kredit lain) agar Anda memperhitungkan seberapa besar biaya total dan keuntungan Anda nantinya.


Hindari rumah seken

Meskipun mungkin memiliki harga yang lebih murah, rumah seken sering kali menawarkan berbagai masalah tambahan yang sering kali terlalu sulit untuk ditangani para pemula di bidang investasi properti, seperti memastikan kondisi rumah tersebut atau kelayakan  rumah tersebut dari sisi hukum. Karena itu ada baiknya untuk menghindari hal ini dan memilih untuk memiliki rumah jadi untuk investasi ketika Anda merasa diri Anda masihlah seorang pemula di dunia investasi properti.


Miliki keterampilan untuk merawat rumah

Selama berjalannya waktu, menurunnya kualitas keadaan investasi Anda adalah suatu hal yang tidak dapat dihindari. Namun, jika Anda memiliki kemampuan reparasi, Anda sendiri dapat menjaga kualitas keadaan properti tersebut tanpa harus selalu mengandalkan orang lain. Hal sederhana ini memiliki efek yang besar dalam menekan biaya operasional Anda.


Lokasi, lokasi, dan lokasi

Ada banyak hal yang membuat suatu properti menjadi menarik dan memiliki permintaan dan harga yang tinggi. Namun salah satu hal paling dasar yang dapat dijadikan acuan utama untuk para pemula adalah lokasi. Lokasi properti yang baik akan membuat properti tadi jauh lebih menguntungkan sebagai produk investasi.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua