Spinner Icon

Untung Rugi KPR Rumah Bertenor Panjang

Author Image
Info Terbaru · 2 Maret 2017

Tenor panjang untuk KPR rumah sering menjadi andalan banyak orang dalam memiliki rumah impiannya. Hal ini terjadi tidak terlepas dari keringanan yang bisa didapatkan oleh debitur. Namun seperti semua hal yang ada di dunia, di mana ada kelebihan tentu ada kekurangannya.

Mari ulas kelebihan dan kekurangan dari KPR rumah bertenor panjang.

Kelebihan

Kelebihan utama dari mengambil KPR bertenor panjang tentunya adalah besaran angsuran tiap bulan yang ringan. Karena angsuran tiap bulannya yang rendah, rencana angsuran ini sangatlah tepat bagi mereka yang belum memiliki pendapatan yang tinggiatau bagi mereka yang sedang sibuk berinvestasi.

Mengapa tenor panjang baik bagi mereka yang berinvestasi? Hal ini karena dengan angsuran KPR yang lebih ringan, mereka dapat mengalihkan uang yang mereka miliki untuk proyek investasi lainatau dengan kata lain, hal ini dapat mempercepat proses investasi yang mereka lakukan.

Bagi yang  tidak mau berinvestasi, keringanan angsuran ini juga memungkinkan mereka untuk lebih leluasa dalam merencanakan uang mereka. Mereka masih bisa hidup dengan relatif lebih tenang dan juga menabung untuk kepentingan lainnya.

Ketika terjadi perubahan keadaan ekonomi makro, yang mempengaruhi suku bunga makro menjadi lebih tinggi, maka hal ini juga dapat relatif lebih menguntungkan mereka yang mengambil KPR bertenor panjang. Hal ini dikarenakan perubahan tadi akan memberikan dampak peningkatan angsuran yang tidak seekstrem KPR bertenor pendek. Jadi risiko Anda kalang kabut tiap bulannya karena kenaikan angsuran yang “gila-gilaan” pun dapat diminimalisasi.

Kekurangan

Kekurangan dari memiliki KPR bertenor panjang adalah semakin besarnya total bunga yang harus Anda bayar. Sebagai pengganti dari keringanan yang Anda dapatkan, maka pada akhirnya Anda akan diharuskan membayar jumlah uang yang lebih besar daripada KPR bertenor pendek.

Contohnya (hanya ilustrasi, bukan angka sebenarnya), rumah yang berharga 500 juta, jika dibeli dengan KPR bertenor pendek, maka total pembayaran (sudah termasuk total kredit) yang akan dibayarkan akan berkisar di angka 1 miliar.

Sementara, jika rumah yang berharga sama dibeli dengan KPR bertenor panjang, maka total pembayarannya akan berkisar di angka 2 miliar.

Selain sisi ekonomi, sisi psikologis juga bisa menjadi kekurangan dari KPR bertenor panjang. Adalah hal yang wajar bagi banyak orang untuk dapat hidup tenang ketika ia tidak lagi memiliki utang. Namun karena seseorang tadi mengambil KPR bertenor panjang, muncullah beban psikologis bernama utang selama berjalannya masa kredit.

Bagi beberapa orang, beban ini merupakan beban yang cukup memakan ketenangan hidupnya, karena berarti selama tanggungan angsuran KPR, maka ia masih belum bisa bernafas dengan lega dan masih harus mempertimbangkan dengan sangat matang setiap tindakannya, agar kondisi keuangannya tidak memburuk.

Memang, angsuran sebagai beban psikologis tidak berlaku untuk semua orang, apalagi jika orang tersebut disiplin dalam masalah keuangan dan memiliki perencanaan keuangan yang sangat matang. Namun pada kenyataannya, mereka yang terbeban karena masalah utang tidaklah sedikit. Anda mungkin salah satunya.

Bagaimana tertarik mengambil KPR rumah bertenor panjang? 

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua