Spinner Icon

Untung Rugi KPR Rumah Bertenor Pendek

Author Image
Info Terbaru · 2 Maret 2017

Bagi mereka yang hendak memiliki rumah lewat program KPR rumah, terkadang karena satu alasan dan lainnya, tak sedikit orang yang lebih memilih KPR bertenor pendek, meskipun besar angsuran tiap bulan yang harus dibayarkannya turut menjadi lebih besar pula.

Tentunya di balik keputusan mengambil KPR bertenor pendek ini, ada kelebihan dan kekurangan yang sudah dipertimbangkan sebelumnya.

Kelebihan

Kelebihan utama dari mengambil KPR bertenor pendek adalah semakin kecilnya total bunga yang harus dibayarkan nantinya. Bagi mereka yang memiliki perencanaan keuangan jangka panjang, tentu hal ini merupakan sebuah kelebihan tak ternilai. Karena dengan semakin kecil total uang yang mereka keluarkan untuk melunasi kredit, maka semakin bebas pula mereka menggunakan uang yang mereka miliki untung kepentingan lainnya.

Total bunga yang kecil juga membuat KPR bertenor pendek dapat menjadi platform yang baik untuk investasi. Karena dengan semakin kecil total bunga yang harus dibayar, berarti makin kecil pula modal yang harus dikeluarkan untuk memiliki rumah investasi tadi, dan sesuai dengan hukum ekonomi, semakin kecil modal, maka kemungkinan untuk memiliki keuntungan yang besar menjadi semakin terbuka. Apalagi jika rumah KPR tadi dijual di kemudian hari, ketika harga rumah di daerah tersebut  sudah meroket.

Mungkin ini kurang layak disebut kelebihan, namun kenyataannya KPR berjangka pendek dapat dikatakan menjadi salah satu jalan utama bagi seorang wirausaha untuk mengajukan KPR rumah. Hal ini tidak lepas dari sering adanya antisipasi bagi pihak bank, seandainya usaha tadi tidak berumur panjang.

Kekurangan

Tentunya ada kekurangan-kekurangan tertentu dari KPR bertenor pendek. Salah satunya KPR bertenor pendek umumnya tidak dapat dilakukan oleh setiap orang. Mereka yang bisa mengambil KPR ini akan dinilai dengan ketat oleh pihak bank, untuk menentukan apakah si calon debitur mampu membayar jumlah angsuran besar yang dibebankan setiap bulannya.

Umumnya orang yang bisa menerima KPR bertenor pendek ini adalah orang-orang yang posisi pekerjaannya sudah berada di posisi manajerial atau setaranya. Bahkan jika boleh berbicara blak-blakan, pada kenyataannya tidak semua orang yang duduk di posisi manajerial cukup tangguh menanggung beban angsuran besar tadi tiap bulannya. Apalagi jika ia sudah berkeluarga dan harus membiayai biaya pendidikan anak-anaknya (yang seperti diketahui, hal ini jauh dari kata murah).

Besarnya angsuran tiap bulan dari KPR bertenor pendek, juga menawarkan risiko tersendiri. Sedikit saja terjadi guncangan pada keadaan ekonomi makro yang menyebabkan bertambahnya angka suku bungamaka dampaknya terhadap angsuran bulanan tadi bisa menjadi sangat besar. Tanpa kekuatan dan perencanaan keuangan yang matang, kenaikan yang bisa terjadi tiba-tiba ini, bisa saja membuat Anda tidak mampu membayar angsuran kredit rumah tadi.

Terakhir untuk dapat membayar angsuran bulanan dari KPR bertenor pendek dengan realistis, maka umumnya hal ini harus diawali dengan DP yang cukup besar pula. Proses menabung DP ini bisa cukup memakan waktu yang cukup lama, yang bisa saja tidak semua orang sanggup menahan hasrat untuk berbelanja, berlibur, atau menggunakan uang yang mereka miliki demi kepentingan laindan hidup hemat demi DP rumah.

 

Bagaimana apakah Anda siap memiliki rumah dengan KPR bertenor pendek.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua