Spinner Icon

5 Warna Cat Kamar Mandi Sederhana yang Menenangkan

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 10 Agustus 2023
Table of Contents:

Rumah adalah salah satu hunian yang harus dijaga kebersihan serta estetikanya. Salah satunya melalui cat rumah. Kini beragam warna cat sudah tersedia di pasaran. Hal yang tidak kalah penting untuk menjaga estetika rumah adalah warna cat kamar mandi sederhana.

Kamar mandi menjadi salah satu ruangan yang krusial. Saat kamu kedatangan tamu, tamu tersebut mungkin akan menggunakan kamar mandi rumah. Untuk itu, pilihlah warna cat kamar mandi sederhana, kamu bisa memilih warna terang. Selain kamar mandi, di dalam rumah terdapat beberapa bagian seperti kamar tidur, dapur, ruang tamu, hingga ruang makan.

Setiap ruangan perlu memiliki warna cat yang berbeda-beda dan pemilihan warna rumah tidak dilakukan secara asal. Sebab di balik warna cat rumah terdapat berbagai maksud dan tujuan tertentu yang ingin disampaikan oleh pemilik rumah kepada tamu yang berkunjung.

Di sisi lain, cat rumah tidak hanya untuk mempercantik tampilan luar dan dalam rumah saja sehingga tidak terkesan pucat, karena setiap warna memiliki filosofi tersendiri.

Key Takeaways:

  • Cat rumah memiliki berbagai jenis warna, mulai dari yang terang hingga yang gelap. Rumah terdiri dari beberapa ruangan seperti kamar mandi, kamar tidur, dapur, ruang tamu, hingga ruang makan.
  • Salah satu ruangan dalam rumah yang menjadi sorotan adalah kamar mandi. Biasanya, warna cat kamar mandi sederhana yakni berwarna terang.
  • Beberapa rekomendasi warna cat kamar mandi yang populer adalah putih, cokelat, hijau, dan biru.

Warna Cat Kamar Mandi Sederhana

Kamar mandi di dalam rumah harus dijaga kebersihannya dan keindahannya. Banyak orang yang bingung saat ingin memilih warna cat kamar mandi, mungkin salah satunya kamu. Berikut akan diulas lima warna cat kamar mandi sederhana untuk kamu.

1. Warna Putih Bersih

Warna putih sudah sering kali digunakan oleh banyak orang untuk kamar mandi. Warna putih membuat ruangan terlihat tampak hangat, bersih, dan cerah, serta memberi kesan yang lebih modern. 

"Dinding putih bersih dapat memantulkan cahaya alami di kamar mandi, sehingga wajah dan pakaian yang dikenakan dapat dilihat seperti warna aslinya," ungkap Jennifer Jean Morris, seorang desainer interior, New York, dilansir dari The Spruce.

Tak jarang warna putih menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk warna cat kamar mandi sederhana. Agar terlihat tidak monoton kamu bisa menambahkan beberapa aksesoris atau warna lain dalam kamar mandi, misalnya aksen kayu yang netral. Hal tersebut juga bertujuan untuk menghindari warna putih cepat kotor. 

2. Warna Biru Muda (Light Blue)


Berikutnya yakni warna yang tak kalah cantik, seperti halnya warna langit yaitu biru. Warna light blue sangat cocok dikombinasikan dengan warna putih, sehingga akan tampak seperti langit dan awan yang dapat memberi ketenangan. Warna ini juga bisa dikombinasikan dengan warna keemasan untuk hasil ruangan yang lebih mewah.

Tidak hanya itu, karena warna biru muda cenderung terlihat netral, bisa dipadukan dengan warna mencolok, seperti kuning atau peach. Warna mencolok tersebut tidak akan membuat ruangan menjadi tampak ramai. Warna ini juga terkesan hangat untuk tipe rumah apa saja.

3. Warna Cokelat

Rekomendasi warna berikutnya yang menenangkan adalah warna cokelat. Kamu bisa mengkreasikannya sesuai selera, baik dalam bentuk cokelat muda ataupun cokelat tua. Warna ini juga menciptakan suasana ruangan yang nyaman seperti sedang berada di tempat spa atau saat menyusuri pepohonan.

Warna cokelat tua juga cocok dikombinasikan dengan warna metalik, sehingga akan tampak lebih elegan. Lalu untuk warna coklat muda bisa dikombinasikan dengan warna-warna seperti krem atau biru yang lembut.

4. Warna Hijau Muda


Warna cat kamar mandi berikutnya yakni warna hijau muda yang sering kali digunakan untuk warna ruangan di dalam rumah, seperti ruang tamu hingga kamar tidur anak. Hijau menjadi warna favorit lantaran dapat memberi perasaan nyaman, sejuk seperti berada di alam. Menurut psikologi, warna hijau dianggap dapat meningkatkan efek restoratif kognitif, kreativitas, dan perasaan aman. Warna ini dapat dikombinasikan dengan warna earth tone yang terinspirasi oleh alam, seperti coklat, taupe, dan warna sand.

5. Warna Pistachio

Warna pistachio adalah warna kacang-kacangan yang merupakan perpaduan hijau dan kekuningan. Warna ini dapat memberi kesan segar pada ruangan dan cocok dipadukan dengan warna putih atau warna netral menenangkan.

Kelima warna tersebut adalah kumpulan warna yang cocok untuk warna kamar mandi. Bagi kamu yang masih kesulitan dalam memilih warna cat kamar mandi sederhana, referensi di atas bisa menjadi pertimbangan.

Selain warna cat sebagai hal yang penting, kamu juga perlu memilih bahan cat rumah atau kamar mandi yang ramah lingkungan. Cat yang menempel di dinding rumah selama bertahun-tahun, pada akhirnya akan mengalami kerusakan atau mengelupas. Hal tersebut bisa jadi dikarenakan cuaca panas, lembab, jamur, atau kebocoran akibat air hujan.

 

Berikut beberapa tips untuk memilih cat rumah yang ramah lingkungan.

Tips Memilih Cat Rumah Ramah Lingkungan

1. Menggunakan Produk Cat Bahan Zero VOC (Volatile Organic Compound)

Jika kamu ingin mengecat seluruh ruangan di dalam rumah, sebaiknya mempertimbangkan saat memilih produk cat yang akan digunakan. Lantaran setiap cat mengandung bau berbahaya yang berasal dari senyawa organik. Hal tersebut dapat mudah menguap di udara dan terus dipancarkan selama berbulan-bulan.

Jadi pilihlah produk paint dan coating yang ramah lingkungan serta bertifikasi zero VOC (Volatile Organic Compound). Hal ini juga berlaku untuk cat dinding maupun cat kayu dan besi.

2. Cat dengan Formula Berbasis Susu

Sebelum membeli cat, kamu perlu memilih produk yang benar-benar ramah lingkungan. Di mana sejumlah merk cat menawarkan produk cat rumah dengan formula berbasis susu yang lebih sehat, yaitu bukan lateks berbasis air atau cat berbasis minyak.

Salah satu keistimewaan dari jenis cat ini ialah menggunakan susu dan ochre sebagai bahan dasarnya. Ochre merupakan pigmen alami bumi yang mengandung besi oksida terhidrasi dan memiliki kisaran warna dari kuning ke oranye atau cokelat.

3. Cat Berbahan Dasar Air

Untuk memilih cat rumah yang tepat, kamu perlu menyediakan cat berbahan dasar air. Salah satu alasannya adalah agar lebih cepat kering. Jenis produk cat ini memiliki material yang menggunakan kandungan tiner lebih sedikit dibandingkan dengan cat konvensional.

Sementara, material pelarut dalam cat berbasis air itu adalah air yang telah dimurnikan sebanyak 70%. Keuntungan yang didapat dari penggunaan cat berbasis air yakni sangat cepat kering dibanding cat berbahan dasar pelarut. Tentunya hal ini lebih ramah lingkungan.

4. ECOS Paint yang Ramah Lingkungan

Saat memilih bahan cat rumah, sebaiknya kamu mencari produk cat yang baik untuk kesehatan, cat berkualitas premium, dan ramah lingkungan. Pilihlah merk produk cat khusus rumah yang sudah berbasis ECOS atau berbahan organik.

Satu hal yang harus kamu tahu yakni jenis cat ini tidak beracun, tidak berbau, nol VOC, bebas bahan kimia keras dan memiliki bahan cakupan luar biasa. ECOS paint adalah cat yang bisa membuat penghuni rumah merasa nyaman. Tentu cat ini juga menawarkan pilihan warna-warni cat organik untuk dinding interior dan eksterior.

5. Cat yang Tidak Mengandung Bahan Kimia Berbahaya

Saat memikirkan produk cat rumah yang bagus untuk tempat tinggal, maka pertimbangkan cat yang tidak mengandung zat kimia. Pasalnya, beberapa jenis cat mengandung bahan berbahaya, seperti timbal dan merkuri yang sangat berbahaya bagi kesehatan.

Sementara sebagian perusahaan cat telah menciptakan produknya dari sumber daya alam dan tanpa bahan kimia berbahaya, racun atau aditif. Sehingga gunakanlah merk produk cat inovatif dan cat yang tidak mengganggu udara di dalam rumah.

Selain itu, jika kamu sudah selesai menggunakan cat dan masih tersisa, jangan langsung membuangnya secara sembarangan. Berikut cara aman untuk membuang cat sisa.


Cara Aman Membuang Cat yang Tersisa

  • Cat tidak boleh dibawa ke tempat pembuangan sampah atau dituangkan ke bak cucian
  • Isi kantong kertas atau kotak dengan pasir atau serbuk gergaji
  • Tuang cat yang tersisa di atas bahan yang mudah menyerap
  • Biarkan hingga benar-benar kering di daerah yang berventilasi, jauh dari anak-anak, hewan peliharaan dan panas langsung
  • Buang sisa cat yang telah padat ke dalam sampah biasa
  • Untuk sisa cat dalam kaleng, lepaskan tutup dan biarkan kering seluruhnya. Lepaskan lapisannya dan buanglah ke dalam sampah biasa. Jika ada program daur ulang di area kamu, biarkan label di kaleng.


Kesimpulan

Sekarang, kamu telah memiliki referensi mengenai warna cat kamar mandi sederhana. Bagaimana? Apakah sudah ada warna yang ingin kamu aplikasikan pada kamar mandi di rumah? Ingin memperoleh artikel seputar properti lainnya? Kunjungi website kami di mana kamu akan menemukan berbagai artikel bermanfaat seputar properti, mulai dari inspirasi desain interior dan eksterior rumah, informasi seputar material rumah, serta informasi seputar program KPR properti

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua