Spinner Icon

Waspada Demam Berdarah Saat Musim Hujan

Author Image
Info Terbaru · 9 Oktober 2020
Table of Contents:

Waspada Demam Berdarah saat akan memasuki musim hujan seperti sekarang ini merupakan hal yang utama perlu diprioritaskan. Sudah saharusnya kita mulai menjaga imunitas tubuh serta menjaga kebersihan rumah. Membersihkan tiap sudut rumah merupakan salah satu bentuk Waspada Demam Berdarah karena kebersihan yang terjaga tidak akan menimbulkan penyakit untuk tubuh.

Dengan adanya peningkatan curah hujan beberapa hari ini serta perubahan iklim dapat mempengaruhi perkembangan nyamuk berbahaya ini. Nyamuk bernama Aedes Aegypti dapat menularkan virus dengue yang akan mengakibatkan penyakit DBD atau demam berdarah. Nyamuk demam berdarah lebih sering berada pada genangan air bersih seperti bak mandi. Untuk itu sangat disarankan menguras wadah penampungan air, dan mengubur barang bekas agar tidak menjadi sarang nyamuk yang akan mengakibatkan timbulnya penyakit. Berikut tips yang harus kamu lakukan agar terhindar dari nyamuk demam berdarah.


Waspada Demam Berdarah dengan 3M

Waspada Demam Berdarah dengan melakukan 3M yaitu menguras, menutup, dan mengubur. 3M sendiri telah lama menjadi cara ampuh agar penyebaran penyakit demam berdarah tidak meningkat dan dapat mencegah timbulnya nyamuk Aedes Aegypti ini. Pertama yang harus dilakukan yaitu menguras atau membersihkan tempat penampungan air seperti ember dan bak di kamar mandi. Kemudian menutup rapat tempat penampungan air yang berada di halaman rumah. Yang terakhir adalah mengubur barang-barang bekas atau tidak dipakai agar tidak menjadi tempat sarang nyamuk DBD tersebut. Agar lebih aman kamu juga dapat menaburkan bubuk Larvasida atau biasa disebut bubuk Abate pada tempat penampungan air. Bubuk ini merupakan salah satu amunisi yang aman digunakan untuk Waspada Demam Berdarah.


Waspada Demam Berdarah dengan Tidak Menggantung Pakaian Sembarangan

Waspada Demam Berdarah di dalam rumah karena rumah berpotensi bisa terserang demam berdarah jika tidak memperhatikan hal ini. Pastikan rumah dalam keadaan bersih dan nyaman khususnya pada kamar tidur. Biasakan untuk tidak menggantung pakaian pada kamar tidur yang akan menimbulkan nyamuk bertebaran atau malah menjadi sarang nyamuk demam berdarah. Biasakan pakaian yang telah digunakan usai beraktivitas di luar rumah langsung segera dicuci. Selain Waspada Demam Berdarah, kamu juga telah membantu pemerintah untuk mengurangi penyebaran COVID-19. Nah, pakaian bersih lainnya bisa dilipat kembali dan dirapikan pada lemari pakaian.


Melakukan Fogging Sebagai Bentuk Waspada Demam Berdarah

Tindakan lainnya yang bisa dilakukan dalam tindakan Waspada Demam Berdarah yaitu melakukan Fogging. Fogging sendiri merupakan cara penyemprotan pestisida dalam bentuk aerosol guna membasmi nyamuk yang dapat menularkan virus demam berdarah.  Biasanya dalam Waspada Demam Berdarah, sebagian orang sepakat untuk melakukan Fogging secara berkala dengan persetujuan oleh RT setempat. Hal tersebut dilakukan guna mempermudah pengerjaan fogging dan lebih menghemat waktu.

Selain beberapa tips di atas yang harus dilakukan dalam Waspada Demam Berdarah, kamu harus membersihkan kolong tempat tidur, kolong sofa, serta kolong meja agar tidak ada debu yang menggumpal dan menjadi sarang berkumpulnya nyamuk. Meningkatkan imun dengan memperbanyak minum air mineral, makan makanan yang sehat dan bergizi serta olahraga minimal 3x dalam seminggu. Selain itu, penggunaan kelambu pada kamar tidur juga dapat dilakukan sebagai salah satu tindakan Waspada Demam Berdarah. 

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua