Spinner Icon

Yuk Kenalan dengan Bunga Floating

Author Image
Nabila Azmi
Berita Terkini · 25 Mei 2022

Kamu mungkin pernah mendengar istilah bunga floating, terutama saat mengajukan KPR. Membeli rumah secara KPR adalah salah satu jalan ninja bagi kaum milenial untuk memiliki hunian impian. Harga rumah yang semakin meningkat, membuat orang memilih untuk membeli rumah secara KPR. Saat mengajukan KPR, kamu mungkin akan diberikan informasi terkait suku bunga yang berlaku. Setelah beberapa tahun, biasanya suku bunga mengalami kenaikan atau floating. Sebelum mengajukan KPR, alangkah baiknya jika kamu memahami suku bunga yang akan kamu bayarkan nantinya.

Suku bunga KPR biasanya ada 2 jenis, yaitu suku bunga fixed dan suku bunga floating. Suku bunga fixed adalah suku bunga yang nilainya tetap dan tidak berubah. Kelebihan dari suku bunga fixed adalah nasabah akan membayar cicilan dengan besaran/jumlah yang sama. Nilai cicilan tidak berubah sehingga mudah untuk kita memprediksi pengeluaran. Namun, biasanya untuk suku bunga fixed hanya berlaku untuk beberapa tahun pertama.

Lalu bagaimana untuk suku bunga floating? Suku bunga floating dikenal juga dengan suku bunga berjalan atau mengambang, yaitu nilai suku bunga yang akan berubah mengikuti pergerakan harga di pasar. Besarnya suku bunga floating terus berubah selama periode kredit. Perubahan suku bunga ini berdasarkan tren suku bunga pasar, suku bunga Bank Indonesia, ataupun kebijakan bank. Jika tren di pasar naik, maka suku bunga mengambang juga akan naik. Kenaikan suku bunga ini biasanya dipengaruhi oleh kondisi negara yang tidak stabil atau adanya defisit anggaran negara.

Kelebihan dari suku bunga floating memungkinkan kamu untuk mendapatkan penurunan cicilan. Misal, tahun keenam floating rate mencapai 12%, bisa jadi di tahun ketujuh menjadi 11%. Sedangkan kekurangannya kamu jadi sulit memprediksi besaran cicilan yang harus kamu bayarkan. Dan ada kemungkinan menjadi lebih mahal dibandingkan cicilan di tahun-tahun awal.

Besaran suku bunga floating akan berbeda-beda untuk setiap bank. Sebelum menandatangani KPR, pastikan kamu cek estimasi suku bunga floating-nya ya! Bank juga dapat memberikan simulasi cicilan yang harus kamu bayarkan selama mengikuti program KPR.

Sumber:

·       Pahami Tentang Bunga Floating Secara Lengkap - Investree Blog

·       Memahami Tingkat Suku Bunga Tetap dan Floating di KPR (cnbcindonesia.com)

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua