Spinner Icon

Percantik Kamar Tidur dengan Backdrop Kamar Tidur yang Kekinian

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 30 Maret 2023
Table of Contents:

Semua orang tentu ingin setiap ruangan di rumahnya terlihat cantik, terutama kamar tidur. Sebagai tempat beristirahat, kamu tentu ingin melepas lelah di kamar tidur yang cantik dan nyaman. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mempercantik kamar tidurmu, salah satunya adalah dengan menggunakan backdrop

Pada artikel ini, kami akan memberikan beberapa ide desain backdrop kamar tidur sederhana yang dapat kamu jadikan referensi. Yuk simak artikel berikut untuk mulai mempercantik kamar tidurmu!


Inspirasi Desain Backdrop Kamar Tidur

Ingin mempercantik kamar tidurmu? Berikut adalah beberapa inspirasi desain backdrop yang dapat kamu pilih untuk membuat kamar tidur tampak lebih cantik dan nyaman. 

1. Backdrop Kayu


Sumber: Arsitag

Backdrop kayu sangatlah cocok bila diterapkan di kamar dengan tema minimalis. Material kayu dapat memberikan kesan kamar tidur yang lebih keren, hangat, dan ramah. Namun, hal yang paling penting saat akan menggunakan material kayu untuk backdrop kamar tidur adalah kamu harus dapat memilih jenis kayu yang tepat karena setiap jenis kayu memiliki tekstur dan warna yang berbeda. 

Beberapa jenis kayu yang dapat digunakan untuk backdrop kamar tidur adalah multiplek atau plywood, blockteak, dan blockboard

a. Multiplek/plywood

Jenis bahan yang satu ini merupakan kayu semi olahan yang dikenal dengan HPL dengan kelebihan tahan dari serangan rayap. Selain itu, bahan pelapis backdrop ini memiliki susunan serat yang padat dan pori-pori yang rapat, sehingga tidak mudah menyerap cairan. Namun, harganya tergolong mahal bila dibandingkan dengan jenis bahan kayu olahan lainnya karena memiliki sifat terbaik dibandingkan jenis lainnya. 

b. Blockteak dan blockboard

Blockteak dan blockboard adalah dua bahan kayu yang sama-sama memiliki serat yang di-press pada kulit kayu jati atau kayu solid lainnya. Bahan pelapis backdrop ini memiliki ketebalan sekitar 20 sampai 30 mm dengan berbagai jenis lapisan permukaan kulit kayu solid. Kedua jenis kayu ini adalah bahan pelapis yang baik untuk pembuatan garis lebar dan tidak mudah bengkok apabila terkena panas. Namun, kedua bahan ini memiliki kekurangan dimana tidak cukup tahan lama jika terkena cairan karena memiliki serat yang berongga. Oleh karena itu, dua jenis kayu ini memiliki harga yang lebih murah dibandingkan bahan lainnya. 

2. Backdrop dengan Leather

Selain backdrop kayu dan kaca, kamu juga dapat menggunakan backdrop dengan bahan leather atau kulit. Jika kamu menggemari desain kamar tidur yang modern dan minimalis, backleather adalah bahan yang cocok bagi kamu. Selain itu, bahan kulit juga memberikan kesan yang sangat elegan dan mewah.

Namun, pastikan kamu berhati-hati dalam proses pemilihan jenis, tekstur, dan warna bahan leather yang kamu lakukan. Pastikan kamu tidak memilih bahan yang salah atau tidak sesuai dengan kamar tidur kamu karena biasanya backleather memiliki harga yang mahal, dimana bahan kulit yang ditawarkan umumnya berasal dari luar negeri. Agar memastikan kamu tidak salah memilih, kamu dapat terlebih dahulu mengkonsultasikan hal ini kepada desainer interiormu. 

Baca juga: 10 Cat Kamar Tidur yang Bikin Luas dan Nyaman

3. Backdrop Klasik Dominasi Warna Putih

Pada masa modern kini, gaya klasik sangat digemari oleh banyak orang. Salah satunya adalah gaya klasik dengan dominasi warna putih. Desain ini sendiri dapat memberikan kesan kamar tidur yang mewah dan elegan. 

Untuk menerapkan gaya klasik dengan dominasi warna putih di kamar tidur, kamu dapat menggunakan material semen ataupun gypsum. Kamu dapat membuat karakter garis timbul pada beberapa bagiannya untuk menampilkan kesan yang klasik. Di samping itu, kamu juga dapat menambahkan beberapa hiasan dinding berupa lukisan, ataupun furnitur dengan gaya klasik agar meningkatkan kesan Eropa modern pada kamar tidur. 

4. Backdrop dengan Tema Industrial


Sumber: Arsitag

Kamu gemar tema industrial? Kamu bisa menerapkan tema ini ke kamar tidur kamu dengan mengaplikasikan backdrop dari beton. Kamar dengan backdrop beton bisa memberikan tampilan kamar tidur yang lebih maskulin dan minimalis. Untuk menambah bagus tampilan backdrop, kamu bisa menambahkan coating untuk lapisannya supaya tekstur dinding tidak tampak kasar dan memiliki tampilan yang glossy

5. Backdrop dengan Bentangan Kain

Desain-desain yang estetik adalah tren yang sedang sangat terkenal pada masa modern ini. Desain estetik juga dapat kamu terapkan pada dinding kamar tidur dengan memberikan backdrop berupa kain. Backdrop kain akan memberikan kamar kamu kesan seperti kamar tidur milik selebgram atau artis papan atas, karena selain sebagai hiasan untuk mempercantik kamar tidur, kamu juga dapat menggunakannya sebagai latar untuk berfoto. 

Ada banyak jenis kain yang dapat kamu gunakan untuk membuat kamar tidurmu terlihat lebih estetik, antara lain kain lebar bermotif unik atau permadani dengan motif mandala tapestry yang indah. Untuk mempercantik kamar tidur, kamu juga dapat menambahkan lampu tumblr di sekeliling kain yang warnanya dapat kamu sesuaikan dengan kondisi ruangan dan warna kain yang kamu gunakan. Selain minimalis dan cantik, backdrop yang satu ini juga memiliki harga yang murah dan sangat mudah diperoleh. 

6. Backdrop dengan Kaca


Sumber: Arsitag

Desain backdrop yang satu ini umum ditemukan di hotel atau apartemen mewah. Namun, desain ini juga dapat kamu gunakan untuk konsep rumah minimalis. Hal yang paling penting untuk kamu perhatikan saat menggunakan desain backdrop ini adalah pastikan setiap incinya pas dengan ukuran dan desain kamar tidur. 

Pengaplikasian kaca dapat memberikan kesan kamar tidur yang lebih luas dan lebih terang. Oleh karena itu, desain backdrop kaca umum digunakan pada kamar tidur yang ukurannya tidak begitu luas. Jika kamu akan menggunakan backdrop kaca, kamu dapat mengaplikasikannya pada dinding bagian samping kanan atau kiri atau di belakang tempat tidur. 

Baca juga: 10 Tips Merawat Wallpaper Kamar Tidur Agar Lebih Awet


Kesimpulan

Demikian informasi terkait ide desain backdrop kamar tidur yang dapat kami berikan. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantumu dalam mempercantik kamar tidurmu. Ingatlah untuk menyesuaikan desain backdrop yang ingin kamu gunakan dengan desain dan ukuran kamar tidurmu agar dapat menjadi satu desain yang selaras. 

Ingin memperoleh informasi-informasi lainnya seputar rumah atau properti? Kamu bisa mengunjungi website kami, dimana kamu dapat memperoleh informasi mengenai properti, cara membeli rumah, program KPR, dan lainnya.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua