Spinner Icon

Percantik Tamanmu dengan Batu Setapak Taman!

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 17 November 2022
Table of Contents:

Rumah merupakan kebutuhan pokok yang dibutuhkan oleh setiap orang. Pada umumnya rumah dijadikan sebagai tempat tinggal untuk berlindung. Namun, ternyata tidak hanya itu, rumah juga bisa kamu jadikan tempat penyaluran hobi.

Kamu bisa menghias rumahmu dengan berbagai cara dan tampilan sesuai dengan keinginanmu. Mulai dari kamar, ruang tamu, dapur, bahkan taman juga bisa kamu tambahkan agar rumah lengkap dan nyaman untuk dihuni.

Dengan dibuatnya taman, rumahmu akan tampak lebih cantik dan indah. Selain itu, taman yang indah juga bisa membuat tamu yang datang ke rumah menikmati tampilan rumah yang enak dipandang dan merasa nyaman. Adanya taman akan membuat rumah juga terasa lebih sejuk, asri, dan nyaman sehingga penghuni betah di rumah.

Taman merupakan sebuah ruang yang sengaja dibuat dan ditata dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan penghuninya. Umumnya, isi dari sebuah taman adalah berbagai macam flora, rumput, dan tanaman. Selain itu, kamu bisa menambahkan jalan setapak di area taman untuk mempercantik taman.

Ingin membuat jalan setapak taman di rumah? Mari simak artikel berikut untuk mengetahui lebih lanjut.

Ide Desain Penggunaan Batu dalam Membuat Jalan Setapak Taman

Pembuatan jalan setapak taman memerlukan material khusus agar bisa menambah kesan asri dan sejuk. Untuk itu, berikut telah kami ringkas beberapa ide jalan setapak taman yang cocok dan unik untuk memperindah taman:

1. Jalan setapak taman dengan batu keramik alam ditambah dengan dedaunan

Salah satu model yang bisa kamu gunakan agar taman terlihat lebih cantik yaitu menggunakan batu keramik alam. Batu yang digunakan bisa batu berukuran sedang dan besar. Kamu bisa menatanya dan memberikan sedikit jarak antara satu batu dengan batu lainnya.

Jika kamu memiliki kolam ikan, model ini juga sangat cocok digunakan. Perindah tamanmu dengan jalan setapak taman. Agar suasana terasa sejuk, kamu bisa menambahkan tanaman menjalar di area tersebut.

2. Batu gunung untuk membuat jalan setapak taman di rumah

Batu gunung yang sudah tidak terpakai ternyata bisa kamu gunakan untuk membuat jalan setapak taman. Kamu cukup menyusun kepingannya seperti puzzle yang rapi atau bisa juga abstrak untuk memperindah tamanmu. Kemudian pada bagian pinggir kiri dan kanan, kamu bisa menambahkan tanaman atau jenis-jenis flora agar terlihat tidak monoton.

3. Percantik jalan setapak taman menggunakan batu alam

Alternatif lain untuk menciptakan jalan setapak taman yang indah, kamu bisa menggunakan batu alam.  Desain ini cocok bagi kamu para pemilik halaman rumah minimalis. Dengan ruang halaman yang tidak begitu luas, kamu tidak boleh menata batu setapak taman menjadi jalur yang panjang. Nantinya akan terlihat terlalu monoton. Kamu bisa membuat variasi dengan menciptakan jalur setapak taman berbentuk huruf S.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan batu alam dengan warna senada agar terlihat bervariasi. Misalnya, menggunakan batu alam berwarna kuning pada bagian luar dan batu berwarna biru untuk bagian dalamnya.

Baca juga: Cek Ide Jenis Taman Minimalis Untuk Buat Rumah Asri

4. Gunakan tanaman penutup untuk percantik jalan setapak pada taman

Desain selanjutnya adalah menggunakan tanaman penutup seperti rumput dan seruni jalar untuk mempercantik tamanmu. Tidak hanya bisa digunakan untuk area yang luas, tanaman penutup juga bisa digunakan taman minimalis. Dengan tanaman penutup, taman rumah milikmu akan terlihat lebih hidup, fresh, menarik, dan indah.

5. Jalan setapak alam menggunakan beton

Beton ternyata juga bisa digunakan dalam membuat jalan setapak taman. Dengan beragam bentuk, beton bisa kamu gunakan untuk mempercantik area tamanmu. Selain itu beton juga merupakan alternatif bahan yang cukup baik dan murah.

Untuk menggantikan beton, kamu juga bisa menggunakan semen putih. Dengan memakai semen putih, taman akan terlihat lebih minimalis dan modern. Tambahkan kursi taman untuk kamu gunakan bersantai dan menikmati udara baik di sore hari maupun pagi hari.

6. Manfaatkan keramik batu alam berbentuk kotak untuk membuat jalan setapak taman

Selain menggunakan batu dengan bentuk tidak beraturan atau puzzle, kamu juga bisa menggunakan keramik batu alam dengan bentuk kotak. Umumnya warna keramik yang digunakan yaitu warna putih, krem, atau warna yang cocok dengan rerumputan hijau. Kamu juga bisa menambahkan tanaman atau bunga di sebelah kanan dan kiri agar tamanmu terlihat lebih cantik. 


7. Jalan setapak alam dengan batu templek dan tanaman pisang-pisangan

Batu templek merupakan salah satu jenis batu alam yang bisa menjadi alternatif terbaik untuk mempercantik taman. Tidak hanya itu, batu templek banyak digunakan masyarakat karena harganya yang terjangkau.

Di samping itu, kamu bisa menambahkan tanaman pisang-pisangan di pojok kanan dan kiri pada jalan setapak taman. Letakkan tanaman secara berumpun agar terlihat lebih natural dan indah.

8. Gunakan batu yang terbuat dari potongan pohon untuk menghias jalan setapak tamanmu

Desain jalur batu kreatif selanjutnya yaitu penggunaan potongan pohon. Irisan pohon yang berbentuk bulat disusun berurutan sehingga berbentuk jalur. Kamu juga bisa menggunakan berbagai bentuk bebatuan seperti bentuk segitiga, persegi, dan lingkaran.

Baca juga: Perhatikan 7 Hal Ini Saat Membangun Halaman Rumah Minimalis

9. Hias jalan setapak taman dengan tanaman lidah mertua

Tidak hanya untuk menyerap polutan udara dan menghasilkan oksigen, tanaman lidah mertua bisa kamu manfaatkan sebagai penghias area taman. Tanaman yang satu ini cocok digunakan untuk para pemilik rumah minimalis. Bila dipadukan dengan beton atau batu berbentuk persegi panjang, tamanmu akan menciptakan motif modern dan nilai estetika.

10. Menggantikan rumput dengan batu koral

Bagi kamu yang tidak memiliki waktu untuk merawat rerumputan dan tanaman untuk menutupi tanah, kamu bisa menggunakan hiasan batu koral. Selain itu, penataan batu koral juga lebih mudah dilakukan, sehingga praktis dipraktikkan. Penggunaan hiasan batu koral bisa menambah kesan dekoratif dan modern pada jalan setapak tamanmu.

11. Gunakan bambu untuk menggantikan batu dalam pembuatan jalan setapak taman

Mudah ditemukan di alam, bambu juga menjadi bahan dalam pembuatan jalan setapak taman. Kamu bisa menerapkannya dengan memilih bambu yang memiliki diameter yang sama, kemudian dipotong menjadi dua dan diletakkan sesuai jalur yang kamu inginkan. Umumnya, bambu digunakan pada restoran yang menjual makanan tradisional.

12. Memanfaatkan batu bata dalam pembuatan jalan setapak taman

Desain jalur setapak taman kreatif yang bisa kamu coba selanjutnya adalah menggunakan batu bata. Susun batu bata pada sisi kanan dan kiri sehingga membentuk seperti aliran sungai atau huruf S. Kamu juga bisa memadukan dengan batu alam dan tanaman lainnya. Desain lain yang bisa kamu coba adalah dengan mengisi bagian tengah jalur menggunakan batu kerikil dan bagian sisi luar menggunakan batu bata. 

13. Perpaduan antara kayu dengan batu alam

Model yang simpel, membuat desain ini banyak digunakan di kalangan masyarakat. Cukup dengan menggunakan kayu dan batu alam saja, kamu bisa menghias tamanmu agar terlihat lebih indah.

Kayu yang digunakan tidak sama dengan potongan pohon sebelumnya, melainkan berbentuk persegi panjang. Kamu bisa meletakkannya secara berjarak atau berkelok. Kemudian untuk jarak antar kayu hanya perlu kamu isi dengan batu alam.

Desain ini juga bisa kamu gunakan apabila area tamanmu tidak terlalu luas. Kamu juga bisa membuatnya melingkar atau berkelok-kelok.

Baca juga: Kenali Konsep Desain Rumah Asri di Tengah Perkotaan!

Kesimpulan

Pembuatan jalan setapak di taman dilakukan agar taman terlihat cantik dan indah. Bahan baku pembuatannya juga cukup mudah diperoleh. Desain jalan setapak taman sangat beragam mulai dari yang menggunakan batu alam, batu gunung, batu kerikil, kayu, hingga bambu bisa kamu pilih sesuai dengan seleramu.

Apabila area tamanmu tidak begitu besar, maka penataan ornamen-ornamen tersebut harus dilakukan dengan baik agar tidak menimbulkan kesan sempit. Untuk mempercantik taman, kamu juga bisa menggunakan berbagai jenis tumbuhan, flora, dan rerumputan pada sekelilingnya. Dengan begitu, kamu bisa menciptakan desain taman yang cocok dengan rumahmu.

Cek website BTN Properti untuk info lainnya mengenai rumah dan program KPR BTN. 

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua