Spinner Icon

12 Desain Konsep Dapur Sederhana dan Unik

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 14 Maret 2024
Table of Contents:

Apapun rumah yang kamu tinggali, besar atau kecil, tentu menjadi tidak lengkap jika tanpa dapur. Dari dapur dengan kompor kecil hingga area berkonsep terbuka dengan meja dapur kuarsa, ada banyak cara untuk menciptakan ruangan ini menjadi sesuai dengan preferensi kamu.

Tentu cara kamu menggunakan dapur dapat mencerminkan gaya hidupmu. Beberapa dekade yang lalu, dapur seringkali berukuran jauh lebih kecil dan hanya berisi area memasak yang diperlukan.

Alih-alih menjadi ruang serbaguna, ruang ini hanya digunakan untuk menyiapkan makanan dan sering kali dipisahkan dari ruang makan untuk menyembunyikan sisa memasak dan bau yang tersisa.

Kini, kamu bisa menciptakan ruangan dapur sederhana dan unik agar lebih nyaman ketika berkegiatan di dapur.


Untuk itu, berikut terdapat beberapa desain konsep dapur sederhana dan unik yang bisa digunakan sebagai inspirasi.

Key Takeaways:

  • Terdapat beberapa desain untuk membuat dapur sederhana dan unik: minimalis, kabinet warna mencolok, open ceiling, dapur hijau, dan masih banyak lagi.
  • Desain dapur penting untuk mencerminkan kepribadian pemilik rumahnya.


12 Inspirasi Desain Konsep Dapur Sederhana dan Unik


1. Dapur Sederhana Minimalis

Dapur dengan konsep minimalis umumnya menggunakan warna yang netral dan bersih seperti putih. Penggunaan backsplash tidak mencolok. Sehingga akan membuat dapur yang berukuran kecil terasa lebih luas dan terang.

Kamu juga bisa lapisi semua lemari kabinet dengan pernis putih serta gunakan cat plester putih pada backsplash agar terlihat sederhana. Berikan sentuhan pajangan seperti bunga untuk mempercantik suasana dapur kamu. 

2. Kabinet Dapur dengan Warna Mencolok

Kamu bisa meng-custom kabinet rak dapur dengan gaya dan warna yang kamu sukai. Tembok putih dengan kabinet berwarna akan membuat dapurmu indah dan unik.

Desain dapur di atas dirancang oleh desainer Cameron Schwabenton, ia menggunakan warna terang pada tembok dan meja kabinet. Sedangkan untuk rak kabinet menggunakan warna mencolok dengan gagang emas.

Selain itu, meja makan dan bangkunya juga unik dengan bangku rotan dan meja marmer. Hal ini menggabungkan berbagai tekstur dan gaya desain yang menciptakan dapur dengan nuansa fresh ciamik.

3. Dapur dengan Open Ceiling

Bagaimana jika kamu ingin menonjolkan arsitektur rumah kamu yang unik? Menggunakan atap  yang transparan pada bagian dapur akan menjadi ide baik! Hal ini dapat kamu lakukan jika rumahmu hanya 1 lantai dan menggunakan gaya ranch atau country.

Langit-langit kayu yang dihiasi bagian transparan akan membantu dapur terlihat lebih terang dan terbuka. Nilai plusnya? Kamu bisa mendapat cahaya alami, sehingga kamu tidak perlu menggunakan lampu terlalu sering.

Untuk membuat dapur tetap terlihat luas meskipun dengan langit-langit kayu gelap, kamu bisa menggunakan meja kabinet dan warna cat dinding yang terang. Hal ini akan tetap menjaga kesan airy pada dapur kamu.

4. Dapur dengan Warna yang Pop!

Bosan dengan warna dapur yang itu-itu saja? Buat dapur kamu menjadi lebih menarik dengan warna yang mencolok!

Desain dapur yang dirancang oleh desainer New York Garrow Kedigian di atas menggabungkan warna eksentrik biru pastel, dengan backsplash hitam dan furnitur biru prussian.

Gak cuma itu, ia juga menggunakan kompor stainless yang mencolok. Gabungan warna-warna berani ini membuat dapur terlihat lebih pop dan memuaskan mata secara estetika.

5. Dapur Hijau dan Asri

Memangnya area dapur bisa terlihat asri? Tentu bisa!

Gak cuma taman, kamu bisa buat dapur kamu bernuansa sejuk dan asri dengan properti dan pemilihan warna yang tepat. Gunakan warna-warna bumi seperti coklat, hijau, atau putih untuk mendesain dapur.

Furnitur kayu untuk kursi dan meja makan juga bisa jadi pilihan. Selain itu, gunakan properti seperti tanaman dan pajangan bernuansa alam. Membuat jendela juga bisa menambah kesan asri dan terang untuk dapur. Terlebih jika kamu menggunakan tanaman asli, kamu bisa meletakkannya dekat jendela agar tanaman bisa mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Agar dapur tetap fungsional, kamu bisa menanam tanaman-tanaman herbal seperti rosemary, daun mint, atau tanaman lainnya yang bisa kamu pakai untuk memasak.

6. Dapur dengan Kesan Profesional

Ingin punya dapur seperti dapur di restoran? Gak perlu sampai sesempurna itu, kamu bisa membuat dapur “terkesan” profesional. Dengan menggabungkan unsur kayu dan stainless untuk kabinet dan bagian kompor.

Lalu, kamu bisa menggunakan warna abu-abu semi industrial pada meja island di seberang kompor. Dan dilengkapi lampu dengan bentuk sederhana untuk menambahkan kesan minimalis.

7. Dapur Eklektik

Dapur karya Romanek Design Studio ini membuktikan bahwa keseimbangan adalah segalanya. Dinding ubin yang gelap, backsplash yang ramping, dan peralatan baja tahan karat menegaskan estetika glamor, sementara warna kayu dan kuningan menghiasi ruangan dan memberikan kehangatan klasik California.

Tidak ketinggalan juga, elemen tambahan yang berwarna cerah membuat dapur eklektik secara keseluruhan menjadi seimbang dan sempurna.

8. Dapur dengan Cat Plafon

Arsitektur dan detail dinding hias menjadikan dapur ini unik—dan hanya membutuhkan sedikit sentuhan dramatis. Pusaran cat lavender dengan latar belakang krem juga melengkapi lampu gantung biru yang unik. Kabinet meja island yang terbuat dari kayu juga membantu ruangan terlihat lebih homey.

9. Dapur dengan Taman Herbal

Membuat rak tanaman herbal bisa jadi ide baik untuk kamu yang tidak punya taman. Mulailah koleksi tanaman mini di dapur. Dengan cara ini, kamu dapat bercocok tanam sekaligus menghidupkan ruangan.

Terlebih menanam tanaman herbal untuk taman dalam ruangan akan jadi benar-benar berguna. Pada dapur rancangan Hecker Guthrie ini, lemari kaca menambah daya tarik tanpa membuatnya terasa berantakan. 

10. Dapur Unik dengan Aksen Fancy

Unsur Lacquer, marmer, dan keramik jadi satu! Desain dapur karya Michelle Nussbaumer di atas benar-benar definisi unik dan luar biasa. Dapur di atas cocok untuk kamu dengan kepribadian berani dan unik. Untuk tampilan serupa, pilih backsplash yang sesuai dengan kitchen island lalu gunakan ubin dengan corak di lantai.

Pemilihan meja marmer dan backsplash yang serupa akan membantu memadukan semua unsur dan corak menjadi indah. Terlebih, meja marmer memiliki nilai plus yaitu jika ada noda setelah memasak akan cenderung lebih mudah dibersihkan.

11. Dapur Hijau dan Woody

Ingin menciptakan dapur sederhana dengan kesan hijau ? Kamu bisa menggunakan ide desain dapur di atas sebagai inspirasi. Menggabungkan unsur dengan seimbang adalah kunci dari desain dapur seperti ini.

Warna hijau pastel berpadu sempurna dengan desain dapur dan ruang makan karya desainer Justina Blakeney. Apalagi, backsplash ubin tanah liat Maroko dan kursi bar makan ombre di ruang tamu menambah matching warna yang tercipta di dapur hijau ini.

12. Dapur Minimalis Unik dengan Backsplash Kaca

Keramik dengan warna-warna tanah bukan satu-satunya pilihan kamu untuk membuat desain dapur sederhana dan unik. Cobalah menggunakan kaca sebagai bahan backsplash dapur kamu.

Desainer Danielle Colding menggunakan backsplash kaca untuk sentuhan lebih berkilau, modern, dan kosmopolitan di apartemen kota ini. Cocok untuk lemari kabinet yang terbuat dari lacquer dan warna minimalis monokrom.


Pentingnya Dapur bagi Rumah


Setelah melihat beberapa ide desain dapur sederhana dan unik di atas, kamu juga perlu memahami mengapa dapur menjadi ruangan yang penting di rumah.

1. Dapur Memengaruhi Gaya Hidup

Di rumah yang lebih modern, dapur seringkali berukuran lebih besar dan memiliki banyak fungsi. Misalnya, banyak pemilik rumah yang memiliki area tempat duduk yang nyaman di dapurnya, serta lemari penyimpanan dan bahkan sudut atau ruang untuk unit kerja.

Kini kamu dapat menggunakan dapur dengan berbagai cara yang paling sesuai bagi kamu, dan dapur hadir untuk meningkatkan gaya hidup kamu.

2. Dapur adalah Ruang Berkumpul Keluarga

Dapur tidak selalu menjadi pusat utama rumah, tetapi seiring berkembangnya zaman akan bergerak seperti itu. Dapur adalah tempat yang paling mungkin bagi keluarga untuk berkumpul, tempat orang-orang berdiskusi satu sama lain, dan tempat tamu serta teman menghabiskan waktu dan berkumpul bersama orang yang mereka cintai.

3. Dapur adalah Ruang yang Berkembang

Seperti yang terlihat di atas, dapur merupakan ruang dinamis yang terus tumbuh dan berkembang mengikuti perubahan seiring dengan kebutuhan dan gaya hidup pemilik rumah modern. Ruang yang tadinya hanya sekedar renungan untuk menyiapkan makanan, kini menjadi ruang berkumpul utama bagi banyak keluarga dan teman.

Dapur juga merupakan salah satu ruang penting untuk penyimpanan, tempat duduk, dan komunikasi. Tanpa dapur, rumah mungkin akan terasa kosong dan kacau, tanpa arah.

Dapur tidak hanya berkembang dalam hal fungsionalitas, namun juga berkembang menjadi salah satu bagian rumah yang ramah lingkungan. Perangkat pintar, peralatan hemat energi, dan teknik bahan bakar alternatif berkontribusi terhadap efisiensi besar di rumah yang tidak boleh diabaikan.

Baca juga: Ini Dia Solusi Agar Ventilasi Dapur Tanpa Jendela Tetap Maksimal


Buat Dapur Sederhana dan Unik di Rumah Impian Kamu bersama BTN Properti

Setelah melihat ide-ide untuk membuat dapur sederhana dan unik, kamu dapat mulai membangun rumah impian. BTN Properti dapat membantu kamu membangun dapur di rumah impian dengan berbagai pilihan rumah yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran.

BTN Properti memiliki fitur penyedia jasa profesional yang dapat kamu manfaatkan untuk melakukan renovasi rumah, termasuk salah satunya dalam mewujudkan dapur impianmu. Tunggu apalagi? Segera kunjungi BTN Properti sekarang juga dan wujudkan hunian ideal kamu.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua