Spinner Icon

Ini Dia Solusi Agar Ventilasi Dapur Tanpa Jendela Tetap Maksimal

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 19 Desember 2023
Table of Contents:
  • 10 Solusi Efektif Untuk Ventilasi Dapur Tanpa Jendela
  • 1. Gunakan Pintu
  • 2. Memakai Kipas Angin Plafon
  • 3. Memasang Kipas Angin Dinding
  • 4. Mengelola Sampah Dapur
  • 5. Pasang Exhaust Fan
  • 6. Coba Memakai Aromaterapi
  • 7. Menggunakan Cooker Hood
  • 8. Menggunakan Air Purifier
  • 9. Menempatkan Tanaman di Area Dapur Tanpa Jendela
  • 10. Memasang Kaca Plafon di Atas Dapur
  • Kesimpulan

Dapur memerlukan ventilasi yang baik agar sirkulasi udara berjalan dengan baik. Sirkulasi dari ventilasi udara yang baik memungkinkan dapur memiliki udara yang tetap segar dan terbebas dari pengap serta kelembaban.

Memiliki ventilasi adalah salah satu kunci untuk mencegah jamur dan spora bakteri yang dapat membuat rumah menjadi tidak sehat. Penting bagi dapur untuk memiliki ventilasi yang baik karena ruangan ini rentan akan kotoran dan bau.

Walaupun tidak setiap ruangan dapat memiliki ventilasi jendela, terutama di rumah minimalis. Kamu tidak perlu khawatir karena kamu juga dapat memperoleh ventilasi meskipun dapurmu tidak dilengkapi jendela. Simak artikel ini untuk mengetahui beberapa ide ventilasi dapur tanpa jendela.

Key Takeaways:

  • Sirkulasi dari ventilasi udara yang baik memungkinkan dapur memiliki udara yang tetap segar dan terbebas dari pengap serta kelembaban.
  • Penting bagi dapur untuk memiliki ventilasi yang baik karena ruangan ini rentan akan kotoran dan bau.
  • Ada 10 solusi yang dapat kamu terapkan untuk memaksimalkan ventilasi dapur tanpa jendela antara lain, menggunakan pintu, memakai kipas angin plafon, memasang kipas angin dinding, mengelola sampah dapur, pasang exhaust fan, memakai aromaterapi, menggunakan cooker hood, menggunakan air purifier, menempatkan tanaman di area dapur tanpa jendela, dan memasang kaca plafon di atas dapur.

10 Solusi Efektif Untuk Ventilasi Dapur Tanpa Jendela


Ingin sirkulasi udara tetap baik di dapur tanpa jendela? Berikut adalah beberapa cara efektif untuk memaksimalkan ventilasi dapur tanpa jendela.

1. Gunakan Pintu

Terkadang, sulit untuk menemukan solusi dalam mencegah bau tidak sedap berkeliaran di sekitar area memasak. Namun, jika kamu membiarkan pintu dapur terbuka, kamu dapat membantu sirkulasi udara. Pintu yang terbuka dapat membantu kamu untuk mengganti bau tidak sedap dengan udara segar.

Coba pasang pintu kasa untuk mencegah serangga masuk ke rumah. Selain itu, kamu juga dapat membuka jendela di kamar terdekat lainnya agar udara dapat langsung bergerak keluar dengan cepat.

2. Memakai Kipas Angin Plafon

Kipas angin adalah salah satu solusi alternatif ventilasi dapur tanpa jendela menjaga udara tetap segar dan tidak pengap. Ada berbagai jenis kipas angin yang dapat kamu gunakan di dapur, salah satunya adalah kipas angin plafon yang dipasang di langit-langit dapur.

Selain menjaga udara tetap segar, kipas angin plafon juga dapat menjadi alternatif untuk menambah nilai estetika ruangan. Dengan memadukan warna kipas dengan furnitur dapurmu, kamu dapat membuat dapur tanpa jendela lebih estetik dengan ventilasi yang baik.

Sebagai tambahan, kipas yang dipasang di plafon tidak memakan ruang yang terlalu besar, sehingga kamu masih bisa menggunakan dapurmu dengan leluasa. Namun, harga kipas angin plafon bisa sangat mahal. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk memastikan ukuran kipas yang tepat dengan mengukur langit-langit.

3. Memasang Kipas Angin Dinding

Tidak hanya kipas angin plafon, kipas angin dinding dapat menjadi solusi untuk ventilasi dapur tanpa jendela lainnya. Kipas angin dinding juga dapat menjadi solusi tepat untuk ventilasi karena dapat mengurangi pengap dan asap.

Kipas angin dinding juga dapat menjadi solusi yang lebih ekonomis daripada solusi lainnya yang lebih mahal. Sudah banyak tersedia kipas angin dinding dengan harga yang terjangkau.

Jika kamu menggunakan kipas angin dinding, pastikan arah angin dari kipas tidak langsung menghadap ke kompor dan ke meja potong. Hal ini agar api tidak tertiup dan proses potong memotong bahan masakan juga tidak terganggu oleh angin.

4. Mengelola Sampah Dapur

Pengelolaan sampah sangatlah penting bagi rumah, terutama di dapur tanpa jendela. Hal ini karena tanpa pengelolaan sampah dapur yang baik, bau tak sedap dapat menyebar ke seisi ruangan dapur tanpa jendela bahkan hingga ruangan lain.

Dengan mengelola sampah dapur dengan baik, kamu dapat menjaganya agar tetap higienis dan cantik, serta mengurangi pengap di ruangan dapur tanpa jendela. Buanglah sampah secara berkala agar sampah tidak menumpuk dan menciptakan bau yang tidak sedap.

Kamu dapat mengelola sampah dengan memisahkan jenis sampah, baik organik maupun anorganik, dengan teratur untuk memudahkan pembuangan. Ingatlah untuk tidak menunda pembuangan sampah agar bau sampah yang tidak sedap tidak membuat dapur menjadi bau dan pengap.

Selain itu, letak sampah sebelum dibuang juga penting. Sirkulasi dan ventilasi udara yang minim pada ventilasi dapur tanpa jendela dapat membuat bau sampah lebih cepat menyebar.

Oleh karena itu, untuk mengurangi penyebaran bau sampah di dapur tanpa jendela, kamu dapat meletakkan sampah di tempat yang tertutup dan jauh dari tengah-tengah ruangan, agar mencegah bau dan dapur yang terlihat kotor.

5. Pasang Exhaust Fan


Salah satu solusi terbaik untuk ventilasi dapur tanpa jendela adalah exhaust fan. Exhaust fan sendiri adalah ventilasi yang dapat memindahkan udara, sehingga cocok dijadikan alternatif ventilasi dapur tanpa jendela.

Sebelum memasang exhaust fan, penting bagi kamu untuk merencanakan posisi pemasangan dengan baik dan tepat. Hal ini agar exhaust fan tidak mengganggu tetangga dan membuat penghuni rumah kerepotan.

Exhaust fan akan menjadi solusi ventilasi dapur tanpa jendela yang sempurna jika dapur kamu terletak di sudut ruangan. Kamu juga dapat memasang exhaust fan di ruangan yang memerlukan ventilasi atau minim akan ventilasi.

6. Coba Memakai Aromaterapi

Bau sampah dapat menyebar dengan lebih mudah di ruangan tertutup, salah satunya di dapur tanpa jendela. Untuk mengurangi bau sampah ini, aromaterapi dapat menjadi solusi alternatif agar rumah memiliki wangi yang sedap.

Aromaterapi adalah salah satu alternatif ventilasi dapur tanpa jendela yang membuat aroma dapur lebih enak dan juga lebih segar. Wangi yang dihasilkan aromaterapi akan membuat sirkulasi udara di dapur menjadi lebih lancar, yang kemudian akan membuat udara dapur lebih bersih dan segar. Selain di area dapur, kamu juga bisa meletakkan aromaterapi di ruangan lainnya, seperti ruang makan, ruang tamu, dan lain-lain.

7. Menggunakan Cooker Hood


Cooker hood mungkin adalah alat yang sudah tidak asing bagi kamu yang senang di dapur. Dengan kemampuan cooker hood yang dapat menghisap asap dapur, cooker hood adalah solusi yang tepat untuk kamu gunakan sebagai ventilasi dapur tanpa jendela. Cooker hood akan membuat udara di dapur menjadi lebih segar dan juga mengurangi pengap di dapur.

Namun, cooker hood memiliki biaya yang cukup mahal, baik dari segi pembelian alat maupun instalasinya. Oleh karena itu, untuk memasang cooker hood, kamu harus menyiapkan tabungan yang cukup besar untuk renovasi dapur.

8. Menggunakan Air Purifier

Di masa pandemi, air purifier adalah salah satu alat yang sangat digemari karena fungsinya yang dapat membantu membersihkan udara. Air purifier juga dapat kamu gunakan di dapur sebagai salah satu alternatif ventilasi dapur tanpa jendela. Alat ini dapat menjadi solusi yang ekonomis bila kamu bandingkan dengan cooker hood karena harganya yang lebih terjangkau.

Air purifier dapat menyedot udara dan asap dapur dan mengeluarkan udara bersih yang telah disaring di dalam mesinnya. Di samping itu, kamu juga dapat menggunakan air purifier untuk membunuh bakteri yang mungkin ada di dalam partikel udara. Kamu dapat menemukan berbagai macam ukuran air purifier di pasaran, mulai dari yang berukuran kecil hingga besar.

9. Menempatkan Tanaman di Area Dapur Tanpa Jendela


Untuk membuat ventilasi dapur tanpa jendela lebih segar, kamu dapat meletakkan tanaman di dapur. Tanaman sendiri dapat membuat udara di dapur tanpa jendela menjadi lebih sejuk dan segar.

Pilihan tanaman yang tepat adalah salah satu hal yang perlu kamu perhatikan. Baiknya, kamu memilih tanaman yang menggunakan pot agar tanah tidak berceceran dan membuat rumah berantakan. Penting juga agar kamu tidak terlalu banyak menggunakan air saat menyiram tanaman untuk mencegah rembes pada bagian bawah pot.

Sebagai tambahan, tanaman tidak hanya memperbaiki sirkulasi udara, tetapi tanaman juga dapat membuat dapur tampil lebih cantik. Tanaman juga membuat ruangan dapur menjadi lebih nyaman untuk aktivitas memasak.

10. Memasang Kaca Plafon di Atas Dapur

Solusi terakhir yang dapat kamu aplikasikan untuk ventilasi dapur tanpa jendela adalah dengan memasang kaca plafon. Kaca plafon akan membuat dapur memiliki ventilasi yang lebih baik dengan memungkinkan cahaya matahari dan udara masuk ke dapur dengan lebih memadai.

Kaca plafon yang dipasang di langit-langit ruangan dapat membuat udara terasa lebih bersih. Kamu juga dapat menambah dekorasi seperti cat dinding dan perlengkapan dapur yang berwarna terang untuk membantu memantulkan cahaya dari kaca yang kemudian membuat udara terasa lebih bersih dan segar.

Baca juga: 10 Inspirasi Dapur Cantik untuk Inspirasi Rumah Impian


Kesimpulan

Demikian tips berbagai solusi alternatif ventilasi yang dapat kamu aplikasikan pada dapur tanpa jendela. Ingatlah bahwa penting bagi dapur untuk memiliki ventilasi yang baik, dan dapur tanpa jendela juga dapat memiliki ventilasi yang memadai. Ventilasi dapur tanpa jendela yang baik dapat menjadi solusi agar rumah tidak pengap, kegiatan memasak jadi lebih nyaman, dan mengurangi asap dapur hasil memasak.

Ingin memperoleh informasi bermanfaat seputar properti lainnya? Baca artikel seputar properti lainnya di website kami di mana kamu dapat memperoleh berbagai informasi bermanfaat lainnya seputar properti, mulai dari inspirasi desain rumah, tips-tips terkait properti, proses KPR, dan lain-lain.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua