Spinner Icon

11 Inspirasi Desain Meja Dapur Cantik untuk Dapur Minimalis

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 14 April 2023
Table of Contents:

Dapur merupakan salah satu ruangan yang memegang peran paling penting di rumah. Sebagai ruang yang cukup sering digunakan selama di rumah, kamu perlu membuat dapur nyaman untuk digunakan. Untuk itu, kamu dapat membuat dapur cantik dan nyaman tanpa membatasi fungsi dari dapur itu sendiri. 

Salah satu hal yang penting di area dapur adalah meja dapur. Meja dapur sendiri berfungsi sebagai area berkumpul bagi penghuni selama berada di dapur. Namun sayangnya, masih banyak yang seringkali melupakan besarnya pengaruh meja dapur terhadap kecantikan dapur. 

Pada artikel kali ini, akan dibahas mengenai desain-desain meja dapur yang dapat kamu jadikan inspirasi untuk dapur minimalismu. Simak artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut. 

Key Takeaways:

  • Dapur yang baik adalah dapur yang cantik dan nyaman, tanpa membatasi fungsi dari dapur itu sendiri. 
  • Meja dapur merupakan salah satu komponen penting dari area dapur yang berfungsi sebagai area kerja bagi penghuni selama berada di dapur.
  • Beberapa contoh desain meja dapur yang dapat kamu terapkan untuk dapur minimalismu adalah desain gabung meja dapur dengan meja makan, meja dapur serba putih, meja dapur serba hitam, meja dapur marmer, meja dapur granit, meja dapur keramik, meja dapur kayu, meja dapur minimalis gaya Korea, meja dapur English Style, meja dapur menempel pada dinding, dan meja dapur dengan ruang penyimpanan. 

Inspirasi Desain Meja Dapur Terpopuler

Ingin mempercantik tampilan dapurmu? Berikut adalah beberapa inspirasi desain meja dapur yang populer untuk menciptakan tampilan dapur yang cantik dan minimalis. 

1. Desain Gabungan Meja Dapur dengan Meja Makan

Bingung bagaimana cara mengatur area dapurmu yang kecil agar dapat menjadi area makan sekaligus? Desain meja dapur yang satu ini adalah jawaban yang tepat untukmu. Dengan menyatukan meja dapur dan meja makan, kamu dapat menggunakan meja dapur secara efisien dan juga hemat ruang. Sebagai tambahan, menyajikan makanan pun menjadi lebih mudah karena dekatnya jarak antara area memasak dengan area makan. 

2. Desain Meja Dapur Serba Putih


Warna putih selalu memegang posisi pertama sebagai warna yang paling banyak digunakan untuk desain interior. Salah satunya untuk area dapur. Meja dapur dengan berbagai peralatan serba putih dapat memberikan kesan yang minimalis dan elegan. Selain itu, warna putih juga memberikan kesan dapur yang lebih luas. 

Di samping itu, warna putih juga memberikan kesan bersih bagi dapur. Untuk menambahkan kesan mewah pada dapur, kamu dapat menambahkan sentuhan warna silver dan hitam pada perabot lain, misalnya pada kusen jendela dan lampu gantung. Penambahan dekorasi-dekorasi ini juga akan membuat dapur tidak terlihat membosankan. 

3. Desain Meja Dapur Serba Hitam

Banyak orang yang tidak tertarik dalam mengaplikasikan warna hitam sebagai warna utama untuk desain interior rumah, terutama pada area dapur. Namun, pada masa modern ini warna hitam juga sangat terkenal akan kesan minimalis dan elegan. Hal ini karena kesan warna gelap yang dibawakan warna hitam dapat membuat dapur terlihat lebih stylish dan elegan. 

Desain meja dapur serba hitam akan memberikan tampilan dapur yang lebih chic dan modern. Untuk meminimalisir kesan gelap atau suram pada dapur, kamu dapat menambahkan sedikit aksen kayu cokelat muda pada kabinet dapur atau dinding ruangan berwarna putih, sehingga warna hitam dari desain meja dapur tetaplah yang paling menonjol. 

4. Desain Meja Dapur Material Marmer

Ingin memiliki dapur dengan kesan yang mewah? Cukup dengan menggunakan satu material ini saja, yaitu material marmer. Meja dapur dengan bahan marmer dapat meningkatkan tampilan dari dapur menjadi lebih elegan dan mewah. 

Dengan motif dan pola batu alam yang menarik ini, kamu dapat mendatangkan kesan dapur yang minimalis sekaligus mewah. Namun, jika dibandingkan dengan material lain, penggunaan marmer memang memerlukan biaya yang lebih besar. Tetapi kamu tidak perlu khawatir karena harga ini sebanding dengan cantiknya meja dapur yang akan kamu peroleh dengan penggunaan material marmer ini. 

5. Desain Meja Dapur Material Granit


Kamu ingin memiliki meja dapur yang terlihat mewah tetapi tidak ingin mengeluarkan biaya yang terlalu mahal untuk meja dapur marmer? Meja dapur dengan bahan granit adalah pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin dapur terlihat mewah dan elegan dengan harga yang lebih terjangkau daripada material marmer. 

Material granit merupakan salah satu bahan yang paling banyak digunakan untuk bahan konstruksi atau furnitur. Hal ini karena material ini memiliki kualitas yang sangat kokoh. Di samping itu, granit memiliki motif yang khas dan cantik dan sangat cocok digunakan pada meja dapur. Di samping kualitasnya yang sangat kokoh, material granit juga memiliki sifat anti lecet dan tahan panas, sehingga sangat cocok digunakan di area dapur. 

Meja dapur yang terbuat dari material granit akan memberikan kesan minimalis dan elegan. Untuk menonjolkan kesan minimalis, kamu dapat memilih granit dengan aksen putih atau cream. Kemudian, percantik lagi dapur minimalis dengan berbagai furnitur dapur dan kitchen set dengan warna senada, misalnya putih. 

6. Desain Meja Dapur Keramik

Desain meja dapur yang satu ini mungkin cukup unik karena keramik yang umumnya digunakan untuk lantai, digunakan sebagai dekorasi untuk meja dapur. Dengan menggunakan dekorasi keramik pada meja dapur, kamu dapat menciptakan tampilan dapur yang unik dan menyenangkan loh!

Seperti yang kamu telah ketahui, ada banyak jenis keramik, mulai dari keramik terrazzo, keramik vintage, keramik roman, dan lain-lain. Untuk mendekorasi meja dapur, kamu dapat memilih keramik dengan motif yang unik, misalnya keramik terrazzo yang umumnya dibuat dengan warna yang menyenangkan dan motif yang tidak membosankan. Pastikan kamu memilih motif dan warna keramik yang dapat kamu padukan dengan furnitur lainnya agar dapur terlihat rapi. 

7. Desain Meja Dapur Material Kayu


Sebagai tempat berkumpul keluarga, setiap orang pasti ingin area dapur atau area makan memiliki nuansa yang hangat. Untuk menciptakan nuansa hangat ini, kamu dapat menggunakan material kayu pada meja dapur. 

Material kayu berwarna coklat tua pada meja dapur akan memberikan suasana dapur yang lebih hangat dan homey. Material kayu akan mendatangkan kesan etnik dan tradisional yang juga dapat mendatangkan nuansa natural. Selain itu, material ini akan membuat dapur lebih segar karena kesan alami yang dibawakannya. 

8. Desain Meja Dapur Minimalis Gaya Korea

Setelah tren Korea tersebar luas ke seluruh bagian dunia, banyak orang yang juga mengaplikasikan gaya dapur mereka agar menyerupai desain dapur Korea yang minimalis dan cantik. Desain meja dapur minimalis ala Korea sangatlah populer bagi masyarakat yang memiliki hunian kecil. 

Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk membuat dapurmu bergaya Korea adalah dengan menggunakan keramik pada dinding. Selain itu, perbanyaklah penggunaan elemen kayu karena gaya Korea umumnya identik dengan material ini. Gunakan kayu jati yang kuat dan kokoh untuk lantai dan meja dapur. Untuk mempercantik dapur, gunakan peralatan dapur dengan tone warna putih, hitam, dan silver agar tetap menonjolkan kesan minimalis yang elegan dan modern, atau kamu dapat menggunakan warna pastel untuk membuat dapur terkesan lebih manis. 

9. Desain Meja Dapur English Style

Desain meja dapur yang satu ini sangat cocok bagi kamu yang dapurnya memiliki jendela yang menghadap ke bagian luar rumah. Dapur English Style merupakan model dapur yang umumnya memanfaatkan sudut rumah yang menghadap jendela, sehingga dapur mendapatkan sinar matahari secara langsung. 

Agar ruangan dapur yang minimalis tampak lebih besar, umumnya meja dapur english style dibuat dengan menyesuaikan sudut ruangan. Aplikasi kitchen set putih dan meja dapur berwarna lebih gelap kerap digunakan untuk menghindari kesan monoton. 

10. Desain Meja Dapur Menempel pada Dinding

Desain dapur minimalis selalu mengutamakan penghematan ruang dapur. Salah satu cara yang dapat kamu lakukan adalah dengan membuat desain meja dapur minimalis yang menempel di dinding. Selain menghemat tempat, desain meja dapur ini juga dapat membuat dapur terlihat lebih efisien dan juga cantik. Desain meja dapur yang menempel pada dinding sangat cocok untuk diaplikasikan pada rumah dengan dapur yang mungil. 

11. Desain Meja Dapur dengan Ruang Penyimpanan

Saat memasak, kamu tentu seringkali merasa kerepotan karena harus mengambil berbagai jenis bumbu dapur yang kamu perlukan. Hal ini kemudian dapat membuat dapur terlihat berantakan dan waktu memasak jadi kurang menyenangkan. Untuk mengantisipasi hal ini, kamu dapat menggunakan desain meja dapur dengan ruang penyimpanan. 

Kitchen table yang mencakup ruang penyimpanan di dalamnya tentu akan membuat kamu lebih mudah dalam proses memasak, karena dengan ruang penyimpanan ini kamu dapat menyimpan berbagai barang yang kamu butuhkan untuk memasak, mulai dari bumbu hingga peralatan memasak. Selain itu, dengan ruang penyimpanan yang tersembunyi di dalam meja dapur, kamu juga dapat membuat dapur terlihat lebih rapi dan minimalis, serta hemat ruang. Ruang penyimpanan di dalam meja dapur akan membuat memasak menjadi lebih nyaman dengan mudahnya mencapai kebutuhanmu saat memasak yang ada di satu area yang sama. 

Baca juga: Nyaman di Dapur dengan Desain Kitchen Set Minimalis


Kesimpulan

Semoga inspirasi-inspirasi desain di atas dapat kamu aplikasikan ke dapurmu agar tampilan dapur semakin cantik dan nyaman digunakan. Ingin memperoleh informasi seputar properti dan rumah lainnya? Kunjungi website kami, dimana kamu akan menemukan berbagai informasi bermanfaat. Klik di sini!

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua