Spinner Icon

Nyaman di Dapur dengan Desain Kitchen Set Minimalis

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 13 April 2023
Table of Contents:

Setiap orang tentunya ingin setiap ruangan di rumahnya terlihat hidup. Sebuah rumah yang lengkap terdiri dari ruang tamu, ruang tidur, ruang makan, dapur, dan ruangan lainnya. Dapur sendiri merupakan salah satu ruangan yang fungsinya sangat penting bagi sebuah rumah. Untuk membuat ruang dapur terlihat lebih hidup, kamu dapat menambahkan kitchen set di dalamnya untuk melengkapi dapur. 

Pada masa modern ini, desain kitchen set minimalis sangat digemari oleh masyarakat, terutama mereka yang memiliki ukuran dapur minimalis. Beberapa alasan pembelian desain kitchen set ini antara lain karena sifatnya yang hemat ruang dan memiliki multifungsi, serta tampilannya yang menawan. 

Pada artikel ini, akan dibahas seputar kitchen set minimalis, mulai dari definisi hingga inspirasi desain kitchen set minimalis yang dapat kamu terapkan untuk rumahmu. Yuk, kita simak bersama!

Key Takeaways:

  • Kitchen set secara umum merupakan sebuah istilah untuk bentuk dapur modern yang multifungsi.
  • Kitchen set umum ditemukan dalam bentuk kabinet. Kabinet-kabinet ini dapat digunakan untuk menyimpan seluruh perlengkapan dapur.
  • Ada banyak sekali desain-desain kitchen set yang cocok untuk dapur minimalis, antara lain: kitchen set letter L, kitchen set meja bar, kitchen set serba putih, kitchen set serba hitam, kitchen set model klasik dari kayu oak Perancis, kitchen set dengan konsep Scandinavian, kitchen set model industrial, kitchen set dengan sentuhan Jepang, dan kitchen set dengan sentuhan alam. 

Apa Itu Kitchen Set Minimalis?

Meskipun istilah kitchen set sudah sangat familiar di kalangan masyarakat, masih banyak orang yang tidak mengetahui apa definisi dari kitchen set yang sebenarnya. Kitchen set secara umum merupakan sebuah istilah untuk bentuk dapur modern yang memiliki multifungsi. Tempat ini adalah sebuah tempat di dapur yang digunakan untuk menyimpan berbagai macam peralatan dapur. Kitchen set umum ditemukan dalam bentuk kabinet. Kabinet-kabinet ini dapat digunakan untuk menyimpan seluruh perlengkapan dapur.


9 Inspirasi Desain Kitchen Set Populer

Pada masa modern kini, sudah ada banyak sekali desain-desain kitchen set yang cocok untuk dapur minimalis, mulai dari kitchen set letter L, kitchen set dengan meja bar, kitchen set serba putih, kitchen set serba hitam, kitchen set model industrial, kitchen set dengan sentuhan Jepang, dan masih banyak lagi. 

1. Kitchen Set Letter L

Khawatir akan minimnya dekorasi pada dapurmu karena ruangan dapur yang berukuran minimalis? Kamu tidak perlu khawatir karena dengan desain kitchen set berbentuk huruf L ini kamu bisa menghias dapurmu dengan cantik dan minimalis, sekaligus membuat dapur terlihat lebih rapi. 

Dengan memanfaatkan lekukan berbentuk L, kitchen set letter L terkenal memiliki fleksibilitas yang baik dan dapat disesuaikan untuk berbagai ukuran dapur, baik kecil, sedang, maupun besar. Kitchen set letter L sendiri terdiri dari dua kaki dengan satu kaki yang lebih kecil dan satu kaki yang lebih panjang, yang dibuat dari kabinet dasar yang ditutupi dengan countertop. Kamu bisa memadukan warna putih pada kitchen set ini agar dapur terlihat minimalis ataupun menambahkan ornamen bata agar dapur terlihat lebih klasik. 


2. Kitchen Set Meja Bar

Kamu senang menyajikan makanan dengan segera setelah memasaknya? Atau kamu suka memajang display minuman-minuman yang kamu miliki? Dengan ruang dapur yang terbatas sekalipun, kamu bisa menerapkan tema bar pada ruangan dapur dengan membuat sebuah kitchen set yang menyatu dengan meja bar. 

Untuk membuat tampilan dapur lebih klasik dan modern, kamu dapat memadukan material dengan warna kayu dan marmer, serta material kaca. Perpaduan antara material-material ini akan memberikan tampilan dapur yang elegan dan mewah. Di samping itu, kamu dapat menempatkan sejumlah tempat duduk tepat di depan meja bar yang ada di ruang dapur. 

3. Kitchen Set Serba Putih

Untuk menciptakan kesan minimalis, desain yang satu ini sudah pasti tidak ada tandingannya. Konsep desain serba putih sudah sangat terkenal dalam konsep desain minimalis. Kitchen set serba putih terinspirasi dari kehidupan sederhana dimana warna putih adalah warna klasik yang umum digunakan pada setiap ruangan rumah. 

Desain kitchen set serba putih akan membuat desain dapur terasa lebih homey. Selain itu, kamu tidak perlu khawatir dapur akan terlihat membosankan dengan warna serba putih saja. Kamu dapat memadukan kitchen set serba putih dengan furnitur sederhana dengan warna yang kontras, misalnya coklat tua. Di samping itu, kamu juga bisa menggunakan lantai batu imitasi berwarna gelap yang berperan sebagai kontras dengan meja dapur dan dinding yang dominan berwarna putih. 

4. Kitchen Set Serba Hitam

Takut dapurmu kotor tapi ingin memiliki dapur yang cantik layaknya kitchen set dengan dominasi warna putih? Tenang saja karena desain minimalis tidak selamanya bernuansa serba putih. Kitchen set minimalis juga sangat sering menggunakan warna hitam sebagai warna utamanya. 

Untuk menghindari kesan monoton pada dapur, kamu dapat membuat dapur terlihat kontras dengan menggunakan warna hitam pada meja dapur dan kabinet kitchen set,  dengan dinding warna putih bersih sebagai latar belakangnya. Sebagai dekorasi tambahan, kamu dapat menambahkan tanaman hias agar dapur tampak lebih hidup. Dengan desain kitchen set serba hitam, ruangan dapur akan terlihat lebih mewah dan elegan, serta minimalis. 

5. Kitchen Set Model Klasik dari Kayu Oak Perancis

Meskipun sudah ada banyak desain-desain modern, desain-desain yang berbau klasik juga masih sangat digemari oleh banyak kalangan. Desain kitchen set minimalis dengan kesan yang klasik dapat kamu peroleh dengan memanfaatkan kayu oak Perancis sebagai bahan dari kabinet-kabinet kitchen set. Percantik tampilan dapur dengan menggunakan furnitur putih tulang, mulai dari countertop, meja makan, dan kursi makan. Selain itu, kamu juga dapat memadukan dapur dengan meja makan kayu mahogani yang lebih gelap agar warna meja terlihat kontras dengan terangnya warna kayu oak yang dominan di dapur. 

6. Kitchen Set dengan Konsep Scandinavian


Desain yang satu ini sudah sangat populer digunakan sebagai ide desain rumah. Dengan konsep Scandinavian, kamu dapat menciptakan ruangan yang terkesan elegan dan bersih, serta rapi. Konsep ini sendiri cocok diaplikasikan pada seluruh ruangan yang ada di rumah, salah satunya adalah dapur. 

Dengan menggunakan warna yang netral atau putih dan memadukannya dengan material kayu, kamu dapat menciptakan nuansa dapur yang lebih lega, bersih, dan modern. Selain itu, salah satu keuntungan yang dibawakan oleh konsep Scandinavian adalah adanya pencahayaan yang maksimal pada ruangan dengan menggunakan jendela yang besar ataupun lampu yang memadai untuk menyoroti ruangan tertentu. 

7. Kitchen Set Model Industrial

Ingin memiliki kesan yang maskulin sekaligus minimalis pada dapur? Model desain yang satu ini adalah pilihan terbaik bagi kamu. Model dapur industrial terkenal akan kesan minimalisnya, serta fungsionalnya yang bernuansa maskulin dan dingin sebagai daya tarik dari desain industrial. Desain ini sendiri meskipun terlihat sederhana, namun pastinya akan memberikan kesan elegan yang tidak berlebihan bagi dapur. 

Kitchen set dengan model desain industrial umumnya memadukan warna-warna monokrom dan netral sebagai warna utamanya, serta memadukannya dengan nuansa maskulin, seperti warna hitam dan abu-abu. Selain itu, untuk mendatangkan kesan industrial kamu dapat menambahkan aksen batu bata atau rak-rak penyimpanan tanpa pintu yang kemudian akan memberikan kesan lega pada dapur. 

8. Kitchen Set dengan Sentuhan Jepang

Kesan yang hangat dan homey dapat dengan mudah kamu peroleh dengan menggunakan desain ala Jepang pada rumah. Desain ini juga sangat cocok untuk kamu terapkan di dapur minimalismu. 

Desain ala Jepang selalu mengutamakan fungsionalitas seluruh furnitur agar berfungsi secara maksimal meskipun dalam ruangan yang terbatas. Desain ini sangatlah cocok bagi kamu yang sering menggunakan dapur, karena selain mementingkan fungsi dapur, dapur juga dapat terlihat cantik dan elegan dengan desain ini. 

Baca juga: Ingin Buat Dapur Ala Jepang? Ini Dia Inspirasi Desainnya

9. Kitchen Set dengan Sentuhan Alam

Konsep dengan sentuhan alam adalah salah satu konsep yang sangat populer di kalangan masyarakat pada masa kini, salah satunya pada desain rumah ataupun interior rumah. Nuansa asri yang dibawakan oleh sentuhan alam dapat dijadikan sumber inspirasi ideal untuk kitchen set minimalis. Sentuhan alam ini dapat kamu bawakan ke dapurmu dengan menambahkan dekorasi-dekorasi alami berupa tanaman hijau pada kitchen set kamu. 

Untuk memecah kesan monoton, padukan dekorasi warna hijau ini dengan kitchen set minimalis yang dominan dengan warna putih. Warna putih akan menambahkan kesan elegan dan minimalis, sedangkan warna hijau yang didatangkan oleh dekorasi-dekorasi ini akan memberikan kesan dapur yang asri dan segar. 


Kesimpulan

Demikian inspirasi-inspirasi desain kitchen set yang populer pada saat ini yang cocok untuk kamu aplikasikan untuk mewujudkan dapur minimalis idamanmu. Namun, ingatlah untuk selalu mengutamakan kenyamanan di dapur saat memilih desain kitchen set yang kamu inginkan. 

Ingin memperoleh informasi seputar properti dan isi rumah lainnya? Yuk, kunjungi website BTN Properti, dimana kamu dapat menemukan informasi-informasi bermanfaat lainnya. 

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua